Comscore Tracker

6 Pertimbangan Memilih Masalah Penelitian Skripsi, Perlu Tahu!

Pastikan sesuai dengan kapasitas yang kamu punya!

Pemilihan topik penelitian akan menentukan mudah atau tidak, mahal atau tidaknya, lancar atau tidaknya proses penelitian. Maka, ketika proses pemilihan masalah penelitian, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Lalu, apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih masalah penelitian? Simak enam pertimbangan ketika memilih masalah penelitian skripsi berikut ini

1. Jangan memilih permasalahan yang di luar batas kemampuan

6 Pertimbangan Memilih Masalah Penelitian Skripsi, Perlu Tahu!Ilustrasi pria (Pixels.com/Tim Gouw)

Ketika kamu menentukan permasalahan penelitian yang akan diambil, kamu perlu mempertimbangkan kemampuan yang kamu punya. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuanmu, kamu perlu mengetahui passion-mu terlebih dahulu dan perlu mencari tahu di bidang apa kamu kuasai.

Pastikan kamu memilih topik permasalahan sesuai dengan yang kamu kuasai, agar dalam proses pengerjaan dapat berjalan mudah dan lancar. Proses penelitian akan menjadi lama bahkan sampai terhambat ketika kamu memilih topik permasalahan penelitian yang tidak sesuai dengan kemampuanmu.

2. Perhatikan waktu yang akan butuhkan untuk proses penelitian

6 Pertimbangan Memilih Masalah Penelitian Skripsi, Perlu Tahu!Ilustrasi wanita (pixels.com/Karolina Grabowska)

Memerhatikan waktu yang akan dihabiskan untuk proses penelitian yang akan diambil adalah sesuatu yang penting. Setiap permasalahan penelitian memiliki waktu penyelesaian yang berbeda - beda, ada yang membutuhkan waktu yang lama, ada pula yang membutuhkan waktu yang cepat.

Ketika kamu menginginkan proses penelitian yang cepat, maka perlu mengidentifikasi permasalahan yang akan kamu ambil, topik permasalahan yang berurusan dengan banyak pihak dan fokus penelitian yang kompleks akan membuat proses penelitian lama.

Tetapi, ketika kamu sudah yakin dan percaya pada dirimu sendiri  tentang permasalahan penelitian yang akan kamu ambil sekalipun memerlukan waktu penelitian yang lama, maka pilihlah apa yang kamu yakini. Pemilihan topik permasalahan sepenuhnya di tangan kamu.

3. Dana yang dibutuhkan untuk proses penelitian

6 Pertimbangan Memilih Masalah Penelitian Skripsi, Perlu Tahu!Ilustrasi uang (Pixels.com/Alexander Mils)

Proses penelitian akan memerlukan dana, dari dana transportasi, alat tulis kerja, penggandaan berkas, dan lain-lain. Maka, ketika memilih permasalahan perlu dipertimbangkan dana yang akan dibutuhkan.

Pastikan pemilihan permasalahan dipertimbangkan dengan dana penelitian yang sesuai dengan dana yang disanggupi, agar tidak menghambat proses penelitianmu.

Baca Juga: 5 Akun YouTube Buat Pejuang Skripsi, Mahasiswa Akhir Wajib Tahu!

4. Memperhatikan tersedianya data atau tidak

6 Pertimbangan Memilih Masalah Penelitian Skripsi, Perlu Tahu!Ilustrasi wanita di Perpustakaan (Pixels.com/Abby Chung)

Proses penelitian memerlukan data agar membantu mempermudah
menyelesaikan permasalahan penelitian. Tersedianya referensi seperti buku, jurnal, artikel, narasumber, dan lain-lain perlu dipertimbangkan ketika memilih permasalahan penelitian.

Dapat menjadi permasalahan ketika data yang kamu butuhkan untuk menunjang proses penelitianmu tidak ada atau kurang memadai. Maka, pastikan kamu sudah mempertimbangkan data yang relevan dengan topik permasalahanmu.

5. Tenaga yang kamu punya

6 Pertimbangan Memilih Masalah Penelitian Skripsi, Perlu Tahu!Ilustrasi wanita (Pixels.com/Christina Morillo)

Tenaga adalah faktor terpenting dalam menyelesaikan penelitian. Sebelum memilih permasalahan penelitian yang diambil, peneliti perlu mengukur tenaga yang ia miliki dan selaraskan dengan permasalahan yang akan diambil.

Apakah diri kita akan dapat meng-handle proses penelitian dengan
permasalahan yang diambil atau tidak. Jika dirasa sudah menyanggupi tenaga diri kita akan menyanggupi permasalahan penelitian tersebut. Maka, permasalahan penelitian tersebut dapat diambil.

6. Tersedianya izin dari pihak berwenang

6 Pertimbangan Memilih Masalah Penelitian Skripsi, Perlu Tahu!Ilustrasi diskusi (Pixels.com/Kindel Media)

Dalam pelaksanaan proses penelitian akan memerlukan izin dari suatu pihak dalam menyelesaikan penelitiannya. Tidak mendapatkan izin dari pihak berwenang  yang relevan dengan masalah penelitian yang kita ambil, akan cenderung kesulitan bahkan tidak terselesaikan penelitiannya.

Sehingga, sebelum memilih permasalahan perkuliahan perlu mencari tahu pihak mana saja yang akan berkaitan dengan permasalahan penelitian tersebut.

Pastikan kamu memiliki pemahaman terkait dengan masalah penelitian yang akan diambil. Karena hal tersebut akan memengaruhi kelancaran dalam penyusunan penelitian skripsimu.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres saat Masa Skripsi, Jangan Paksakan Diri

Aneu Rizky Yuliana Photo Verified Writer Aneu Rizky Yuliana

A girl without others.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya