Comscore Tracker

Kamu Bakal Mengantongi 6 Manfaat Ini Bila Ikut Ekskul Teater

Tak sekedar nilai tambah di rapor saja

Di tiap sekolah pasti menyediakan sejumlah ekstra kulikuler atau biasa disebut ekskul, yang dapat dipilih oleh para siswa sesuai dengan minat mereka masing-masing. Sebut saja, basket, voli, futsal, pramuka, paskibraka, vokal, tari, modern dance dan teater.

Di antara sejumlah cabang ekskul tersebut, teater jadi salah satu yang banyak diminati. Gimana tidak, hampir setiap acara sekolah pasti ekskul ini ambil bagian dalam pementasan. Menjadi salah satu anggota teater, gak menutup kemungkinan kamu bakal tenar di seantero sekolah, lho.

Eh tapi apakah cuma itu manfaat yang bisa diambil, dari gabung ke ekskul drama? Tentunya tidak, masih banyak kok dampak positif yang bisa kamu kantongi dari menjadi anggota teater, apa saja? Berikut enam di antaranya!

1. Meningkatkan rasa kepercayaan diri

Kamu Bakal Mengantongi 6 Manfaat Ini Bila Ikut Ekskul TeaterUnsplash/ Fatih Kılıç

Buatmu yang masih suka malu-malu dan gak percaya diri, coba deh gabung ke dalam ekskul teater. Di sana, kamu akan dilatih PD tampil di muka umum. Mula-mula dirimu akan diminta berbicara di depan cermin tanpa memalingkan tatapan mata, kemudian kamu akan mulai berlatih monolog (berdialog seorang diri) di depan teman-temanmu.

Mungkin awalnya masih ragu-ragu, tapi lama kelamaan akan menjadi biasa. Apalagi saat sudah pentas, kamu akan merasakan kepuasaan tersendiri saat ada banyak mata fokus pada penampilanmu di atas panggung. Rasa grogi yang tadinya nempel, segera deh pergi jauh-jauh dengan sendirinya.

2. Badan jadi lebih sehat

Kamu Bakal Mengantongi 6 Manfaat Ini Bila Ikut Ekskul TeaterUnsplash/ Nadim Merrikh

Dalam latihan teater sedikitnya kamu akan mengenal yang namanya olah tubuh, olah suara dan olah pikir. Olah tubuh difokuskan pada gerakan badan dan melatih kelenturan agar saat memerankan satu tokoh nanti, gestur yang kamu perlihatkan dapat memperkuat karakter yang tengah dimainkan.

Selanjutnya adalah olah suara, mayoritas pertunjukan teater masih mengandalkan suara murni alias tidak menggunakan pengeras suara. Maka dari itu,penting untuk melatih suaramu bisa terdengar jelas tanpa harus berteriak dan justru membuatmu lelah.

Terakhir ada olah pikir. Dimana kamu akan diajarkan berkonsentrasi dan meresapi karakter tokoh yang akan diperankan. Dalam latihan ini diperlukan fokus yang baik layaknya tengah bermeditasi.

Ketiga latihan dasar tadi, secara tak langsung akan memberikan efek menyegarkan pada badan serta pikiran. Jadi makin sehat sekaligus kan.

3. Melatih kemampuan menghafal

Kamu Bakal Mengantongi 6 Manfaat Ini Bila Ikut Ekskul TeaterUnsplash/Jp Valery

Di sekolah kamu dituntut bisa menghafalkan banyak materi pelajaran sekaligus. Seperti rumus matematika, fisika, kimia, atau kejadian dalam sejarah. Tak dipungkiri bahwa kegiatan menghafal bisa terasa amat sulit, apalagi jika kamu gak tahu teknik menghafal yang benar.

Nah, dalam kegiatan teater nantinya kamu akan diajarkan bagaimana menghafalkan dialog. Bukan semata-mata mengingat semuanya sama persis, mulai dari titik hingga komanya. Tetapi, bagaimana menghafal cerita secara garis besar, lalu nantinya sebagai pemain kamu harus bisa berimprovisasi dengan luwes.

Baca Juga: Intip Yuk! Ini Lho 6 Perpustakaan Sekolah Terkeren di Dunia

4. Punya lebih banyak teman

Kamu Bakal Mengantongi 6 Manfaat Ini Bila Ikut Ekskul TeaterUnsplash/ Tiago Rosado

Mengikuti salah satu ekstra kulikuler di sekolah, tentunya bakal memperluas jaringan pertemananmu. Kalau sebelumnya kamu hanya mengenal teman-teman sekelas saja, kini dirimu bisa akrab dengan kawan lintas kelas, bahkan dengan adik atau kakak kelas.

Manfaat yang satu ini, gak hanya bisa didapat dari ekskul teater saja kok. Dengan mengikuti kegiatan lain seperti basket, futsal atau modern dance, kamu juga bisa meraih kesempatan yang sama. Asyik kan, bisa punya banyak kenalan di sekolah. Jadi makin semangat dong belajarnya.

5. Membantumu menemukan jati diri

Kamu Bakal Mengantongi 6 Manfaat Ini Bila Ikut Ekskul TeaterUnsplash/ Wei-Cheng Wu

Meskipun masih berusia belia, gak ada salahnya kok kamu berusaha mencari jati diri sedini mungkin. Dengan begitu, kau gak akan mudah terbawa arus negatif dan terjerumus pada pergaulan yang salah. Di dalam kegiatan teater tentunya, kamu akan berkesempatan memainkan banyak peran. Misalnya menjadi seorang putri kerajaan, seorang yang sedang tertekan, atau bahkan memerankan lawan jenis dan harus berperilaku layaknya seorang laki-laki maupun perempuan. Dengan mengolah emosi yang berbeda-beda dari tiap karakter, lama kelamaan akan menemukan kemiripan dengan sifat aslimu.

Dengan begitu, kamu bisa mengenali diri sendiri dan menemukan jati diri. Itu juga bisa membantumu menentukan, akan menjadi apa kamu nantinya, lho. Gak bakal deh, bingung- bingung ketika ditanya cita-citanya apa. Dengan mantab pasti kamu bisa menjawabnya.

6. Waktumu tersalurkan ke hal-hal yang positif

Kamu Bakal Mengantongi 6 Manfaat Ini Bila Ikut Ekskul TeaterUnsplash/ Sam Moghadam

Apapun jenis ekstra kulikuler yang kamu ikuti di sekolah, tentunya membawa dampak yang positif. Tak terkecuali ekskul teater, ini. Salah satu manfaat yang paling nyata dirasa adalah, waktu luangmu gak akan terbuang percuma. Daripada nongkrong, bergosip atau menghabiskan uang jajan untuk sesuatu yang sebenarnya gak perlu, lebih baik mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki, kan. Dijamin deh, kedua orangtuamu, akan merasa sangat bangga.

Jadi, gimana tertarik bergabung jadi anak teater?

Baca Juga: Patut Dicontoh! Ini 6 Sistem Sekolah Unik yang Ada di Dunia

Angel Rose Photo Community Writer Angel Rose

Buat saia menulis itu, mungkin seperti rokok buat perokok atau kopi buat pecinta kopi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You