Comscore Tracker

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Baru

Siapa nih yang sempat ditaksir kakak tingkat?

Selepas lulus SMA dan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, tentu banyak pengalaman yang bakal kamu rasakan sebagai mahasiswa baru. Bahkan beberapa pengalaman tersebut sebelumnya belum pernah kamu alami di bangku sekolah. Mulai dari yang bikin ketawa ngakak, sampai merinding ketakutan. Seperti sembilan momen berikut ini nih. 

Buat para mahasiswa baru, coba dibaca satu per satu, mana saja momen yang baru kamu alami di kampus akhir-akhir ini?

1. Nyasar ke jurusan atau bahkan fakultas tetangga

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Barupexels/Stefan Lorentz

Setiap universitas pasti terdiri dari berbagai fakultas, mulai dari fakultas hukum, kedokteran, keguruan, hingga seni. Sebenarnya agak jarang sih ada mahasiswa sampai nyasar ke fakultas atau jurusan tetangga.

Tapi faktanya ada saja lho, mahasiswa baru yang salah belok ke fakultas atau jurusan lain. Mungkin karena bentuk gedungnya yang hampir mirip kali ya? Nah, kalau kamu sendiri pernah punya pengalaman serupa gak? Gak usah malu, jujur aja deh!

2. Telat masuk karena gak tahu letak kelasnya di mana

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Barupexels/Andrea Piacquadio

Kalau saat sekolah dulu mungkin ruang kelasmu hanya satu, tapi lain halnya ketika kuliah. Terkadang beda mata kuliah beda juga ruang kelasnya. Sebagai anak baru yang belum mengenal betul denah kampusnya, maklum deh kalau di minggu pertama kamu masih suka telat masuk karena muter-muter cari kelas dan gak ketemu-ketemu juga.

Tapi tenang, biasanya ini gak berlangsung lama kok. Paling tidak sebulan kamu sudah hafal di luar kepala letak ruang kelas yang ada. 

3. Satu jurusan dengan teman masa sekolah

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Barupexels/Streetwindy

Tak jarang pula saat tengah mengikuti ospek (orientasi pengenalan kampus) kamu bertemu dengan teman semasa sekolah dulu. Gak hanya teman satu SMA, bahkan ada pula teman sebangku saat SD atau SMP.

Biasanya sih kalau sudah ketemu teman zaman sekolah dulu, kamu jadi lebih percaya diri di kampus karena merasa punya banyak teman dan terlihat gaul. Eh tapi, kalau mendadak ternyata kamu satu jurusan sama mantan, gimana dong? Bakal senang atau malah kesal nih?

4. Bingung pilih baju buat kuliah sehari-hari 

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Barupexels/Anastasiya Gepp

Sewaktu masih duduk di bangku sekolah, kamu ingin cepat-cepat kuliah biar bisa lepas seragam dan pakai baju bebas setiap hari. Eh giliran keinginan itu sudah tercapai malah bingung sendiri. Karena hampir tiap hari ada mata kuliah, kamu jadi kehabisan stok outfit buat ke kampus.

Kalau tipe orang yang cuek sih, biasanya gak masalah pakai pakaian yang itu-itu saja saat berangkat kuliah. Tapi biasanya cewek-cewek nih yang suka gak percaya diri kalau gak tiap hari ganti OOTD. Iya apa gak?

Baca Juga: 6 Hal yang Dirasakan Mahasiswa Semester Akhir saat Pandemik COVID-19 

5. Mendadak jadi pintar bahasa-bahasa daerah

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Barupexels/Laura Stanley

Biasanya dalam satu angkatan ada beberapa mahasiswa yang berasal dari luar kota atau daerah. Uniknya, meskipun sehari-hari kalian berbincang dengan bahasa Indonesia, tapi terkadang mereka juga menggunakan bahasa dari derahnya masing-masing.

Lama kelamaan karena sering mendengar mereka berbahasa daerah, kamu jadi mempunyai kosa - kata baru dan mendadak jadi fasih berbahasa Sunda, Betawi, atau Bugis. Wah keren lho!

6. Cinlok sama teman seangkatan

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Barupexels/Gustavo Fring

Baik di bangku sekolah maupun kuliah pasti gak luput dari yang namanya cinlok alias cinta lokasi. Bahkan saat masih menjalani ospek, kamu sudah mulai lirik kanan-kiri siapa tahu ada teman seangkatan yang bisa didekati.

Maka gak heran nih, kalau banyak mahasiswa tahun pertama yang gak cuma dapat almamater baru, tapi juga pacar baru. Ayo, kamu sudah dapat gebetan belum nih? Mesti gercep ya, supaya gak keduluan sama yang lain. 

7. Ada juga yang jadi rebutan kakak tingkat

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Barupexels/Sharefaith

Selain terlibat cinta lokasi sama teman satu angkatan, kamu bisa juga mengalami jadi "rebutan" kakak tingkat, lho. Biasanya sih targetnya adalah adik tingkat yang cantik dan imut-imut.

Entah kenapa, sepertinya bisa pacaran dengan adik tingkat membuat kakak senior terlihat keren di antara teman-temannya. Kalau kamu pribadi, lebih suka pacaran sama teman seangkatan atau kakak tingkat nih?

8. Selain ditaksir, beberapa ada juga yang dibenci kakak tingkat tanpa sebab yang jelas

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Barupexels/Andrea Piacquadio

Kalau jadi target cinta kakak tingkat sih masih lumayan menyenangkan, ya? Apalagi kamu juga punya perasaan yang sama ke dia. Tapi kalau yang terjadi justru kamu dibenci sama senior di kampus tanpa sebab, gimana dong?

Memang senioritas di kampus kadang gak bisa dihindari. Akan tetapi, selama kamu merasa gak punya salah apa-apa, jangan takut untuk melawan ya! Jangan diam saja apalagi pasrah ketika ditindas. Ingat, niatmu dari awal untuk belajar, bukannya cari musuh apalagi jadi korban kekerasan di kampus. 

9. Mendengar cerita-cerita horor dari warga kampus senior 

Dari Horor hingga Lucu, Ini 9 Momen yang Biasa Dialami Mahasiswa Barupexels/Wilson da Vitorino

Hampir di semua sekolah dan kampus punya urban legend-nya sendiri. Tak terkecuali dengan kampus barumu ini. Pasti kamu pernah dengar dari pak satpam, ibu kantin, kakak tingkat, bahkan dosen yang bercerita tentang kisah horor di kampus.

Bahkan ada beberapa larangan tidak tertulis yang harus ditaati oleh semua warga kampus, kalau mau selamat dan tidak diganggu oleh makhluk tak kasat mata. Meskipun gak langsung percaya begitu saja, tapi pasti kamu sempat merinding juga kan mendengarnya?

Jadi, momen atau pengalaman yang mana saja nih, yang sempat kamu alami ketika menjadi mahasiswa baru? Tulis ceritamu di kolom komentar yuk!

Baca Juga: 7 Tips Anti Grogi Buat Mahasiswa Baru Saat Berhadapan dengan Dosen 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya