Comscore Tracker

5 Tips Sukses Mengikuti Ujian di Kampus dengan Sistem Close Book 

Jangan lupa belajar ya!

Jika kamu adalah mahasiswa dari perguruan tinggi, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ujian. Di kampus, ujian kerap menjadi makanan sehari-hari mahasiswa, mulai dari ujian dadakan seperti kuis, Ujian Tengah Semester (UTS), hingga Ujian Akhir Semester (UAS).

Masing-masing dosen di kampus juga memiliki berbagai macam gaya dalam menerapkan model ujian kepada mahasiswanya. Ada yang membolehkan untuk melihat buku catatan juga buku paket, dan ada juga dosen yang tidak membolehkan mahasiswanya untuk membuka buku catatan atau close book.

Bagi kamu yang kerap mendapatkan model ujian tanpa boleh melihat buku, jangan bersedih ya. Berikut ini 5 tips sukses menghadapi ujian di kampus dengan model close book. Yuk disimak!

1. Fokus mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan belajar tekun

5 Tips Sukses Mengikuti Ujian di Kampus dengan Sistem Close Book Unsplash.com/Ben Mullins

Ujian dengan model close book atau tanpa melihat buku memang menuntut mahasiswa agar bisa fokus mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan tekun belajar. Ini jauh berbeda jika dosen memberikanmu ujian dengan model buka buku atau open book, maka tidak sedikit mahasiswa yang tidak belajar karena yakin bisa menjawab soal dengan cara buka buku. Dengan model close book, kamu akan terus mengisi waktu dengan belajar sehingga nantinya mampu menjawab soal yang diberikan dosenmu.

2. Kurangi waktu bermain-main dan prioritaskan untuk persiapan ujian

5 Tips Sukses Mengikuti Ujian di Kampus dengan Sistem Close Book Unsplash.com/ Matheus Ferrero

Ketika kamu akan menghadapi ujian dengan tidak boleh buka buku, itu artinya kamu harus bisa memprioritaskan waktu untuk mengutamakan persiapan ujian. Kalau sudah begini, kamu harus bisa mengurangi waktu untuk bermain atau sekedar hang out bersama teman, sehingga kamu bisa fokus dalam menghadapi ujian.

3. Jangan bosan mengulang-ulang materi yang sudah pernah diajarkan dosen

5 Tips Sukses Mengikuti Ujian di Kampus dengan Sistem Close Book Pixabay.com/Pexels

Agar bisa sukses mengikuti ujian model tutup buku atau close book, maka kamu dituntut untuk lebih menguasai materi yang akan keluar pada saat ujian. Alhasil, kamu pun harus mengulang-ulang materi yang sudah diajarkan dosen sebelumnya sebagai persiapan menghadapi ujian. Karena itu jangan pernah bosan mengulang-ulang materi yang sudah pernah diajarkan sebelumnya sebagai bekal menjawab soal-soal ujian nanti.

Baca Juga: 7 Quotes Inspiratif yang Harus Diingat Saat Berjuang Ujian Semester

4. Rajin ke perpustakaan untuk mencari referensi tambahan menjelang ujian

5 Tips Sukses Mengikuti Ujian di Kampus dengan Sistem Close Book Unsplash.com/ Sara Kurfeß

Agar kamu bisa memperoleh nilai yang maksimal saat ujian, tentu kamu harus berupaya menguasai materi yang akan dituangkan dalam soal ujian. Salah satunya dengan cara memperkaya referensi bacaanmu menjelang ujian tiba.  Untuk itu, pergi ke perpustakaan dan mencari buku bacaan terkait mata kuliah yang kamu ambil akan sangat membantumu untuk bisa sukses mengikuti ujian.

5. Melibatkan Sang Maha Pencipta agar proses ujian berjalan lancar

5 Tips Sukses Mengikuti Ujian di Kampus dengan Sistem Close Book Unsplash.com/ Ümit Bulut

Berdoa adalah hal yang harus kamu utamakan, karena hanya pada-Nya manusia memohon kemudahan, termasuk memohon kemudahan agar proses ujian yang kamu lewati bisa berjalan lancar. Ingatlah, doa tanpa kerja keras sama saja omong kosong, begitu juga jika kerja keras tanpa doa adalah sebuah kesombongan.

Demikianlah 5 tips agar kamu bisa sukses mengikuti ujian dengan model close book. Meski kamu menghadapi ujian tanpa boleh melihat catatan, jangan sampai menciutkan dirimu untuk menyerah menghadapi ujian. Jangan khawatir ya, selagi kamu mau berusaha untuk terus belajar, maka kamu bisa melewati ujian tersebut.

Baca Juga: 7 Mental yang Harus Kamu Kuatkan Saat Hadapi Ujian Semester

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You