Comscore Tracker

Wajib Dicoba, Ini 5 Tips untuk Belajar dengan Mudah dan Efektif

Ucapkan selamat tinggal ke sistem kebut semalam!

Jika kamu seorang pelajar, kamu pasti tidak asing lagi dengan yang namanya stres saat belajar. Memang, hal itu dapat membuat kita tertekan, terutama jika kita sedang menyiapkan ujian akhir yang sangat penting! Tetapi, itu hanya karena kita tidak tahu cara belajar yang benar dan efektif.

Jika kita tidak memerhatikan cara kita belajar, maka kita akan kewalahan ketika harus mempelajari materi sehari sebelum ujian. Jadi, mempunyai cara belajar yang baik sangatlah penting jika kamu mau mendapatkan nilai-nilai yang bagus.

Penasaran caranya bagaimana? Yuk, mari kita lihat lima tips untuk belajar dengan mudah dan efektif berikut ini!

1. Kenali gaya belajar yang paling tepat untukmu

Wajib Dicoba, Ini 5 Tips untuk Belajar dengan Mudah dan EfektifPexels.com/Andrea Piacquadio

Kita semua memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Satu metode pembelajaran mungkin lebih cocok untukmu daripada orang lain. Maka, kamu harus mengenali gaya belajar yang paling tepat untukmu.

Jika kamu termasuk orang visual, maka kamu paling cocok belajar dengan melihat sesuatu seperti membaca. Melainkan, jika kamu memiliki gaya belajar auditori, kamu paling bisa belajar dengan cara mendengarkan. Jika kamu memiliki gaya belajar kinestetik, maka kamu paling cocok belajar dengan menggunakan gerakan. Selain itu, kita juga bisa mempunyai lebih dari satu gaya belajar, dan itu merupakan gabungan dari tiga gaya belajar tersebut.

Jadi, lihatlah gaya belajar yang paling cocok untukmu, dan fokuslah pada cara itu!

2. Buatlah catatan kecil setiap kali kamu belajar agar kamu tidak harus menghafalkan 1 buku penuh

Wajib Dicoba, Ini 5 Tips untuk Belajar dengan Mudah dan EfektifPexels.com/Anna Shvets

Ketika kamu menghadapi ujian yang besar seperti ujian akhir semester, terkadang materi yang harus kamu hafalkan meliputi satu buku penuh! Itu tentunya akan memberikan beban yang sangat berat, terutama ketika kamu memiliki banyak pelajaran lain juga. 

Untuk menghindari itu, kamu bisa membuat catatan kecil setiap kali kamu belajar di kelas atau belajar untuk ulangan per bab. Jadi, kamu akan memiliki rangkuman untuk setiap bab yang kamu pelajari! Kamu tidak harus menghafalkan satu buku penuh atau membuat rangkumannya dari awal karena kamu sudah mengumpulkan catatan-catatan itu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Jangan Dimulai dari Grammar

3. Jangan menunggu sehari sebelum ulangan untuk belajar, mulailah lebih awal

Wajib Dicoba, Ini 5 Tips untuk Belajar dengan Mudah dan EfektifPexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kamu menghadapi ujian, jangan menunggu sehari sebelumnya untuk belajar. Tidak ada salahnya untuk memulai lebih awal dan memastikan bahwa kamu telah mengerti semua materinya dengan baik.

Jika kamu terus menunda dan akhirnya baru bisa belajar sehari sebelum ulangan, maka hasilmu tidak akan sebagus orang-orang yang sudah belajar berminggu-minggu sebelumnya. Kamu juga akan terlalu menuntut dirimu jika harus menghafalkan 1 buku dalam waktu semalam, jadi pastikan bahwa kamu mulai lebih awal.

Jika kamu merasa bahwa belajar sehari sebelum ujian membuat penghafalanmu lebih baik, maka kamu bisa menggunakan hari itu untuk meninjau kembali, bukan untuk menghafalkan dari awal. Gunakan sehari sebelum ujian itu untuk mengerjakan latihan soal dan membaca materinya kembali. Kemudian, pastikan bahwa kamu mendapatkan tidur yang cukup agar kamu siap untuk ujian keesokan harinya.

4. Tetapkan target belajar dan rencanakan jadwalmu

Wajib Dicoba, Ini 5 Tips untuk Belajar dengan Mudah dan EfektifPexels.com/Suzy Hazelwood

Jika kamu mau memastikan bahwa jadwal belajarmu teratur, maka kamu harus menetapkan target dan mengikutinya. Ini akan mendorongmu untuk mulai belajar lebih awal dan secara terstruktur.

Pertama, tentukan kapan kamu mau mulai belajar. Jika kamu punya banyak mata pelajaran dan materi, maka kamu bisa belajar berminggu-minggu atau sebulan sebelum ulangan itu. Jadi, sesuaikan dengan banyaknya materi yang kamu harus pelajari ya!

Kemudian, tentukan pelajaran apa yang kamu mau pelajari untuk hari atau jam tertentu. Mungkin, pada hari senin kamu mau belajar matematika kemudian belajar biologi pada hari selasa. Kamu juga bisa menentukan jamnya. Mungkin pada siang hari kamu mau belajar fisika kemudian lanjut belajar kimia pada malam hari. Rencanakan jadwalmu sendiri dan ikuti target itu. Jika kamu bisa mengikuti jadwalmu, proses pembelajaranmu akan menjadi lebih teratur dan kamu pun akan menjadi lebih siap.

5. Fokus, fokus, dan fokus

Wajib Dicoba, Ini 5 Tips untuk Belajar dengan Mudah dan Efektifpexels.com/Andrea Piacquadio

Kunci untuk belajar dengan efektif ada di fokus. Kamu harus fokus ketika belajar di rumah dan juga di sekolah. Jika kamu tidak bisa fokus, maka kamu tidak bisa menggunakan waktu belajarmu dengan baik.

Ketika kamu belajar di sekolah, pastikan bahwa kamu memerhatikan materi yang disampaikan oleh guru. Itu akan membantumu belajar lebih cepat di rumah karena kamu sudah mengerti materinya. Kamu tidak harus mempelajarinya dari awal hanya karena kamu tidak mendengarkan penjelasannya di sekolah.

Kemudian, hindari hal-hal seperti media sosial dan televisi yang dapat mengalihkan perhatianmu ketika belajar di rumah. Kamu bisa menempatkan HP-mu di ruangan lain dan mematikannya. Dengan cara itu, kamu tidak akan tergiur untuk main-main 'sebentar' di media sosial dan akhirnya menghabiskan waktu berjam-jam cuman melihat HP. Kamu bisa kembali melakukan itu pada waktu istirahat asalkan kamu fokus pada saat jam belajarmu.

Itulah lima tips yang bisa kamu lakukan untuk belajar dengan mudah dan efektif. Ingat, usaha tidak akan mengkhianati hasil, jadi pertahankan kerja keras dan komitmenmu ya!

Baca Juga: 5 Tips Belajar Efektif dengan Metode Cornell, Pernah Dengar? 

Angie Hosea Photo Verified Writer Angie Hosea

Hi, I'm Angie! I'm a passionate writer who is currently living in Surabaya, Indonesia. For any inquiries, please contact me through⁣ my E-mail: angiehoseaaa@gmail.com⁣ and LinkedIn: www.linkedin.com/in/angiehosea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya