Comscore Tracker

5 Beasiswa S2 Ini Buka Kesempatan Studi Master di Inggris

Solusi kuliah S2 tanpa pusing finansial!

Menempuh studi S2 atau master di Inggris menjadi impian banyak orang. Inggris dikenal sebagai negara yang memiliki universitas berkualitas. Terhitung 13 universitas di Inggris masuk dalam jajaran 100 besar universitas terbaik di dunia, di antaranya University of Oxford, Cambridge University, University College London (UCL), University of Manchester, dan University of Warwick.

Untuk menempuh studi S2 di Inggris dibutuhkan biaya yang besar. Biaya ini mencakup biaya pendidikan di universitas serta biaya hidup selama menempuh studi. Secara umum, biaya hidup di kota London paling besar dibandingkan kota-kota lain di Inggris, yaitu sekitar £995/bulan atau setara dengan 16,7 juta rupiah. Ini belum termasuk biaya pendidikan S2 yang rata-rata berada di rentang nilai £ 15.000 /tahun atau sekitar 254 juta rupiah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena banyak lembaga swasta, universitas, maupun pemerintah Inggris yang menawarkan beasiswa untuk pelajar internasional, termasuk pelajar asal Indonesia.

Beberapa lembaga beasiswa menyediakan pembiayaan penuh atau full-funded mencakup biaya sekolah hingga lulus, biaya hidup, dan biaya transport kembali ke Indonesia. Sementara itu, lembaga lainnya ada yang memberikan keringanan biaya pendidikan alias partly funded. Oleh karena itu, penting bagi kamu mencermati biaya yang ditanggung oleh lembaga penyedia beasiswa sebelum kamu mendaftarkan diri.

Agar lebih jelas, berikut ini daftar 5 beasiswa S2 yang menyediakan bantuan pendidikan selama studi di Inggris.

1. Beasiswa Chevening Indonesia

5 Beasiswa S2 Ini Buka Kesempatan Studi Master di InggrisPixabay.com/sativis

Beasiswa Chevening Indonesia ditujukan bagi sarjana Indonesia yang telah memiliki karier profesional dalam bidang spesifik dengan pengalaman kerja di bidang terkait minimal 2 tahun. Pendaftar beasiswa Chevening harus memilih program studi dengan bidang yang sejalan dengan karier professional yang ditekuninya.

Beasiswa Chevening bekerjasama dengan 36 universitas ternama di Inggris, termasuk dengan Oxford Centre for Islamic Studies, Newcastle University, University of Warwick, University of Leeds, dan University of Cambridge. Kuota yang disediakan bagi pendaftar asal Indonesia, yaitu 60-70 orang setiap tahunnya.

Beasiswa Chevening ini menawarkan bantuan pendidikan yang lengkap, mulai dari menanggung biaya pendidikan, uang saku hidup bulanan, tiket pesawat kelas ekonomi ke Inggris, serta hibah dan tunjangan tambahan untuk menutupi pengeluaran penting penerima beasiswa.

2. Beasiswa GREAT Indonesia

5 Beasiswa S2 Ini Buka Kesempatan Studi Master di InggrisPixabay.com/nikolayhg

Bagi kamu sarjana Indonesia yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu tidak perlu khawatir. Masih ada beasiswa GREAT yang bisa kamu ikuti. Beasiswa GREAT ini disediakan oleh British Council, yaitu organisasi Inggris yang konsen dalam bidang budaya internasional dan pendidikan.

British Council bekerjasama dengan 12 universitas di Inggris, di antaranya Imperial College London, Nottingham Trent University, University of Cambridge, University of Warwick, dan University of Glasglow.

Setiap tahunnya 12 universitas tersebut menyediakan 12 beasiswa S2 untuk sarjana asal Indonesia. Ini artinya, hanya ada 1 kuota untuk sarjana Indonesia di setiap universitas! Kamu bisa memilih bidang studi yang akan kamu tekuni, antara lain hukum, bisnis, seni, bioscience, TI, dan masih banyak lagi. Setiap penerima beasiswa atau awardee akan menerima bantuan pendidikan senilai minimal £10.000 atau setara dengan 168,2 juta rupiah. Wah, besar juga ya!

Baca Juga: 5 Beasiswa Dalam Negeri yang Akan Segera Tutup Pada Bulan Juli 2020

3. Beasiswa Hornby Trust

5 Beasiswa S2 Ini Buka Kesempatan Studi Master di InggrisInstagram.com/universityofwarwick

Berbeda dengan beasiswa lainnya, beasiswa Hornby hanya diberikan kepada guru bahasa Inggris berpengalaman yang berasal dari luar Inggris. Penerima beasiswa nantinya akan menempuh studi S2 dalam program Masters in Teaching English to Speakers of Other Language (MA TESOL) selama 1 tahun di University of Warwick, Coventry, Inggris.

Ini menjadi kesempatan emas bagi guru bahasa Inggris yang ingin memperdalam ilmu bahasa inggris langsung di negara asalnya. Kesempatan yang langka, bukan? Ilmu yang didapatkan nantinya bisa menjadi bekal dalam mengajar di sekolah setelah kembali ke Indonesia. Bagaimana bapak/ibu guru tertarik mencoba?

4. Beasiswa Coventry University

5 Beasiswa S2 Ini Buka Kesempatan Studi Master di InggrisInstagram.com/covuni

Coventry University termasuk dalam daftar universitas dengan kualitas pengajaran terbaik di Inggris. Secara nasional, Coventry University berada di peringkat 13 universitas modern terbaik di Inggris versi Guardian University Guide 2019.

Beberapa program beasiswa yang disediakan Coventry University, yaitu beasiswa National Hero Award yang ditujukan bagi tenaga medis COVID-19 yang ingin melanjutkan studi, beasiswa S2 data science untuk peminat di bidang ilmu data, serta beasiswa PGT Academic Excellence atau beasiswa unggulan untuk mahasiswa Pascasarjana.

Pada kasus beasiswa PGT Academic Excellence, semua siswa yang mendaftar program pascasarjana penuh waktu, paruh waktu, maupun mendaftar program kuliah online di Universitas Coventry akan langsung dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa tanpa harus mendaftar beasiswa pascasarjana secara terpisah. Jika lolos, universitas akan mentransfer uang senilai £2.000 atau setara dengan 33,7 juta rupiah ke rekening bank Inggris awardee. Lumayan, bukan?

5. Beasiswa Clarendon University of Oxford

5 Beasiswa S2 Ini Buka Kesempatan Studi Master di InggrisPixabay.com/Meatle

Bagi kamu yang berminat kuliah S2 di University of Oxford, kamu bisa mendapatkan beasiswa Clarendon yang disediakan universitas langsung lho! Setiap tahunnya Clarendon menawarkan 130 beasiswa penuh untuk membantu siswa lokal maupun Internasional dalam program master atau S2 dan program doktor atau S3 dengan bidang studi yang bebas kandidat pilih.

Beasiswa Clarendon ini terbilang sangat kompetitif, karena hanya menerima sarjana dengan prestasi akademik yang cemerlang. Untuk mendapatkan beasiswa Clarendon, kamu perlu mendaftar kuliah S2 di University of Oxford.

Jika kamu diterima, maka secara otomatis kamu akan dipertimbangkan sebagai awardee Clarendon. Penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan pembiayaan penuh yang mencakup biaya kuliah dan biaya hidup.

Nah, itu dia 5 beasiswa yang menawarkan studi master di Inggris. Kamu tertarik mendaftar? Yuk, semangat ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Siap Kamu Korbankan saat Berburu Beasiswa Luar Negeri

Anisa Rima Fadhilah Photo Writer Anisa Rima Fadhilah

Psychology and Food Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya