Comscore Tracker

7 Fakta Unik di Balik Perbedaan Bahasa Inggris Amerika & British 

#EdFunFact Ada sejarah yang melatarbelakangi kisahnya

Sudah lama diketahui kalau bahasa Inggris Amerika/American English (AmE) dan bahasa Inggris British/British English (BrE) memiliki perbedaan dari segi aksen. Selain itu, ada pula perbedaan lainnya yang gak kalah mencengangkan.

Penasaran? Ini dia 7 fakta di balik perbedaan AmE dan BrE yang mungkin belum kamu tahu. Ada sejarah yang melatarbelakangi kisahnya, lho.

1. Bahasa Inggris Amerika lebih lama daripada bahasa Inggris British

7 Fakta Unik di Balik Perbedaan Bahasa Inggris Amerika & British Pexels/Negative Space

Jika menilik dari sudut pandang sejarah, Inggris memang yang melahirkan Amerika Serikat. Pada 1584 terbentuk koloni British di Virginia dan mulai bermukim menetap pada tahun 1607.

Melansir dari laman nationalarchives.gov.uk, ketiga belas koloni menjadi Amerika Serikat dan mendeklarasikan kemerdekaannya dari Britania Raya pada 1776. Perang Revolusi Amerika baru berakhir tahun 1783 ditandai dengan Britania Raya mengakui kemerdekaan AS.

Sedangkan dari sudut pandang bahasa, AmE bisa dibilang lebih tua dari BrE. Saat pendatang Inggris pertama mendaratkan diri di Amerika, mereka membawa serta logat umum yang disebut rhotic speech, yakni cara pelafalan suara r dalam kata.

Orang-orang Inggris dari kelas atas menginginkan cara agar mereka lebih menonjol dari orang lain. Maka mereka pun mulai mengubah rhotic speech dengan melafalkan r lebih halus. Mengucapkan kata winter sebagai "win-tuh" daripada "win-terr". Terkesan mewah, bukan?

Kini, aksen British 'mewah' yang disebut Received Pronunciation tersebut luas digunakan di Inggris bagian selatan terutama London. Meski begitu, bagian lain Inggris juga ada pula yang masih menggunakan rhotic speech sebagai bagian dari aksen daerah mereka.

2. Ejaan bahasa Inggris Amerika ditemukan sebagai bentuk pengakuan diri

7 Fakta Unik di Balik Perbedaan Bahasa Inggris Amerika & British theatlantic.com

Bila kamus Inggris disusun oleh mahasiswa (scholar) dari London, sedangkan kamus Amerika disusun oleh leksikograf bernama Noah Webster.

Webster menginginkan AmE berbeda dengan ejaan BrE dan lebih mudah dipahami. Serta sebagai cara untuk menunjukkan kemerdekaan Amerika dari bekas kekuasaan Inggris.

Maka dia pun menghilangkan huruf u dari kata-kata seperti harbour, colour, dan labour yang sebelumnya telah terinvasi bahasa Perancis dan menjadi harbor, color, dan labor. Kata berakhiran -ise juga diganti dengan berakhiran -ize, seperti socialise menjadi socialize.

3. Bahasa Inggris British lebih dipengaruhi oleh bahasa Perancis

7 Fakta Unik di Balik Perbedaan Bahasa Inggris Amerika & British Pexels/Marianna

Inggris diduduki oleh William I 'The Conqueror' (William Sang Penakhluk) pada abad ke-11. Ke Inggris dia pun membawa Norman French, yakni bahasa Romantis (Romance) yang salah satunya adalah bahasa Perancis dan digunakan oleh kelompok etnis Normans di Perancis.

William I menerapkannya di sekolah, pengadilan, universitas, dan juga pada golongan kelas atas. Seiring waktu, bahasanya pun berevolusi menjadi Middle English yakni percampuran dari semua pengaruh linguistik pada saat itu.

Pelafalan bahasa Inggris dengan gaya Perancis pun merebak di Inggris selama masa 1700-an dan pada saat itu masa dimana Amerika sudah tidak terikat oleh Inggris. Itulah kenapa BrE secara lingustik lebih mirip bahasa Perancis dibandingkan AmE.

4. Bahasa Inggris Amerika suka menghilangkan kata kerja dari kalimat

7 Fakta Unik di Balik Perbedaan Bahasa Inggris Amerika & British uk.businessinsider.com

Bagi orang Inggris, hal ini adalah sesuatu yang aneh lho. Karena kemungkinan orang Amerika ingin mengutarakan sesuatu dengan cepat maka kata kerja pun dihilangkan.

Contohnya, jika kamu bertanya pada orang Amerika untuk menulis surat, mereka akan menjawab "I'll write them" atau menjawab "I could" jika kamu menanyakan apakah mereka ingin pergi belanja.

Sedangkan orang Inggris akan menjawab "I'll write to you" atau "I could go". Kemungkinannya karena orang Inggris cenderung suka mengeja persis apa yang mereka maksud.

Baca Juga: Jadi Bahasa Bisnis, Ini 6 Alasan Belajar Mandarin Gak Bakal Sia-sia

5. Bahasa Inggris Amerika & British mengadaptasi kata dari bahasa berbeda

7 Fakta Unik di Balik Perbedaan Bahasa Inggris Amerika & British theculturetrip.com

AmE dan BrE telah berevolusi dan masing-masing dipengaruhi oleh budaya yang berbeda. Beberapa kata juga diadaptasi dari bahasa lain. Contoh umumnya adalah coriander (British, diturunkan dari bahasa Perancis) dan cilantro (Amerika, diturunkan dari bahasa Spanyol).

Serta aubergine (British, diturunkan dari bahasa Arab) dan eggplant (Amerika, karena bentuknya menyerupai telur berwarna ungu).

6. Bahasa Inggris Amerika jarang menggunakan present perfect tense

7 Fakta Unik di Balik Perbedaan Bahasa Inggris Amerika & British silversea.com

Present perfect tense cenderung kurang digunakan oleh orang Amerika dalam percakapan dan lebih sering oleh orang Inggris.

Contohnya seperti:

(Amerika) Did you do your homework yet? / I already ate

(British) Have you done your homework yet? / I've already eaten

7. Penggunaan 'have got' antara Amerika dan British

7 Fakta Unik di Balik Perbedaan Bahasa Inggris Amerika & British telegraph.co.uk

Dalam British, 'have got' seringkali digunakan untuk menandai arti kepemilikan dari 'have'. Dan 'have got to' secara informal digunakan untuk 'have to'. Penggunaan tersebut kurang umum di Amerika.

Contohnya:

(Amerika) I have two sisters / I have to go now

(British) I've got two sisters / I've got to go now

Nah, itu dia 7 fakta unik di balik perbedaan bahasa Inggris Amerika (AmE) dan bahasa Inggris British (BrE). Semoga menambah wawasanmu hari ini ya.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini Lho 8 Fakta Unik Tentang Bahasa Korea

Anna Mei Photo Community Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You