Comscore Tracker

Biar Dapat Nilai Bagus Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Ujian Akhir Semester

#EdFunFact Penting banget lho!

Setelah UNBK dan sejenisnya tentu tiba Ujian Akhir Semester. Setelah belajar materi selama satu semester penuh. Kalian tentu akan diuji, untuk mengetahui sejauh mana materi dan pelajaran telah kalian kuasai.
Tak hanya belajar, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan saat mendekati ujian.

Meski terkesan remeh, hal-hal ini sebenarnya penting dan juga mempengaruhi kesuksesan UAS nanti lho. Yuk cek apa aja hal yang harus kamu terapkan saat menjelang UAS!

1. Melakukan simulasi dan try out ujian sebelum perang UAS yang sesungguhnya

Biar Dapat Nilai Bagus Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Ujian Akhir SemesterDramabeans.com

Biasanya nih, saat mendekati ujian, kecemasan pasti muncul secara tiba-tiba. Nah untuk mengurangi grogi, gugup, dan cemas, kamu bisa mencoba dengan simulasi ujian atau try out sendiri menjelang beberapa hari ujian. Kamu bisa mengunduh soal dari internet, buku, atau bahkan soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya. Jangan lupa cek dulu kesesuaian dengan kisi-kisi ya!

Melakukan simulasi/try out membantu banget mengurangi kecemasan sekaligus membuatmu tahu sejauh mana kamu sudah siap menghadapi UAS. Semakin sering try out semakin terbiasa kamu menghadapi ujian yang sebenarnya.

2. Sayangi tubuhmu, jaga kesehatan, pola tidur, dan makan

Biar Dapat Nilai Bagus Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Ujian Akhir SemesterDramabeans.com

Kebanyakan siswa bakalan belajar dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). That's a big wrong! Jangan lakukan ini. Belajar dengan sistem SKS tentunya bakalan mempengaruhi kesehatanmu. Belajar ngebut dan begadang semalaman mempengaruhi metabolisme tubuhmu. Alih-alih faham semua materi, badanmu malah loyo dan gak optimal saat mengerjakan UAS.

Minum multivitamin, olahraga ringan serta menjaga pola makan harus kamu lakukan. Ingat jika kamu punya alergi tertentu, kamu harus sebisa mungkin menghindarinya. Gak mau kan saat ujian kamu masuk rumah sakit gara-gara malamnya makan udang, hehe.

3. Persiapkan peralatan ujian dan pernak-perniknya dengan teliti

Biar Dapat Nilai Bagus Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Ujian Akhir SemesterDramabeans.com

Gimana mau perang kalo gak punya senjata? Gimana mau menghadapi ujian kalo peralatan gak lengkap? Kamu harus mempersiap peralatanmu semalam sebelum ujian. Mulai dari alat tulis seperti pensil, pulpen, kartu peserta dll. Jangan dadakan, please guys UAS bukan tahu bulat yang bisa dadakan, hehe

4. On time, datanglah tepat waktu, jangan sampai ketiduran gengs!

Biar Dapat Nilai Bagus Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Ujian Akhir SemesterDramabeans.com

Ingat sebelum ujian kamu harus istirahat cukup semalam sebelumnya, supaya fresh dan gak bangun telat pagi harinya.  Jangan lupa pasang alarm biar bangun gak kesiangan. Buatlah estimasi waktu, mulai dari perjalanan jika rumahmu jauh dari sekolah, ban bocor, dan hal-hal tak terduga lainnya.

5. Lepaskan sejenak beban emosional saat ujian berlangsung

Biar Dapat Nilai Bagus Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Ujian Akhir SemesterDramabeans.com

Sepele sih tapi penting banget nih. Kamu gak boleh stres berlebihan saat ujian. Banyak nih siswa yang nilai semesterannya anjlok cuma gara-gara saat ujian gak konsen. Penyebab hilangnya konsentrasi ini adalah konfik, entah pacar, teman, bahkan keluarga sendiri. 

Saat menjelang ujian kamu harus konsen dan melupakan sejenak permasalahanmu. Fokus dulu dengan ujian!

6. Cari tips menjawab soal dengan efektif dan terapkan saat ujian

Biar Dapat Nilai Bagus Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Ujian Akhir SemesterDramabeans.com

Kamu bisa searching tips-tips menjawab ujian secara efektif di internet. Misalnya, mendahulukan soal-soal mudah untuk dikerjakan, tidak terpaku pada satu soal yang emang kamu gak tahu jawabannya, atau mungkin memberikan waktu tersendiri untuk meneliti jawabanmu.

Gimana udah siap buat Ujian Akhir Semester ini belum?

Annisa Marifah Photo Community Writer Annisa Marifah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You