Comscore Tracker

5 Channel YouTube untuk Kuasai Bahasa Asing, Cocok buat Pemula! 

Karena fasih satu bahasa aja itu gak cukup  

Tidak terpungkiri lagi, menguasai bahasa asing sudah menjadi salah satu skill yang diminati banyak orang pada era globalisasi seperti sekarang. Selain memperluas prospek kerja, leadwithlanguages.org mengatakan bahwa kemampuan berbahasa asing juga dapat meningkatkan daya ingat otak, konsentrasi, dan kemampuan memecahkan masalah lho!

Sayangnya, tidak semua orang memiliki akses mudah untuk belajar bahasa asing, bahkan banyak orang yang kesulitan untuk memulai belajar bahasa. Nah, apakah kamu juga salah satunya? 

Jangan khawatir, masih ada banyak cara untuk belajar hal baru dengan mudah dan hemat biaya tentunya. Berikut lima channel YouTube untuk belajar bahasa asing yang pas bagi pemula.

1. Belajar bahasa Inggris bareng si pencinta bahasa, Naila Farhana

https://www.youtube.com/embed/tlQaDFXqBYU

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari karena dapat memudahkan kamu untuk mencari informasi yang lebih luas dan beragam. Nah, untuk kamu yang kesulitan mempelajari bahasa Inggris, coba deh cek channel Naila Farhana!

Naila Farhana merupakan YouTuber asal Indonesia yang menempuh studi di luar negeri. Sebagai seorang pencinta bahasa, ia aktif membagikan tips belajar dan sharing perjuangannya dalam mempelajari bahasa Inggris di channel-nya.

Dalam video-videonya, kamu bisa memahami tantangan dalam belajar bahasa Inggris dan belajar meningkatkan kemampuan berbicaramu layaknya seorang native dengan menggunakan idiom.

2. Pengin belajar bahasa Korea bareng orang Korea? Kunjungi channel-nya Bandung Oppa!

https://www.youtube.com/embed/pCht9llEugM

Bahasa Korea pun semakin banyak diminati anak muda karena berkembang pesatnya budaya Korea di Indonesia belakangan ini. Nah, khusus untuk kamu yang hobi nonton drama Korea dan pengin belajar bahasa Korea, jangan sampai lupa buat nonton seluruh video di playlist "Kelas Bahasa Korea"-nya Bandung Oppa! 

Bandung Oppa merupakan YouTuber berkebangsaan Korea yang mahir berbahasa Indonesia. YouTuber yang bertempat tinggal di Bandung ini memiliki nama asli Han Jongdae. Ia kerap membagikan tips berbahasa Korea dan informasi singkat mengenai budaya Korea.

Han Jongdae juga membuka segmen belajar bahasa Korea dengan drama Korea, huruf hangeul, dan kalimat percakapan yang umum dipakai orang Korea.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

3. Lebih paham bahasa dan budaya Jepang di channel WaGoMu #JapaneseClass!

https://www.youtube.com/embed/icK6kVTegDA

WaGoMu #JapaneseClass adalah sebuah platform belajar bahasa Jepang yang terletak di Bandung dan aktif membuat konten edukatif terkait bahasa Jepang di channel-nya. Di sini kamu bisa belajar huruf-huruf Jepang seperti hiragana, katakana, dan kanji.

WaGoMu #JapaneseClass juga membuka segmen yang tak kalah menarik yaitu belajar bahasa Jepang dari lagu Jepang dan J-SKETSA, di mana kamu bisa menambah kosakata bahasa Jepang ditemani illustrasi sketsa yang unik dan skenario yang kocak!

Nah, untuk kamu yang pengin belajar bahasa Jepang lebih lanjut, kamu bisa coba ikuti program kursusnya di WaGoMu!

4. Belajar bahasa Thailand dengan orang Thailand di channel CatatanMita 

https://www.youtube.com/embed/7REmmZCEvtc

CatatanMita merupakan YouTuber berkebangsaan Thailand yang bisa berbahasa Indonesia. Dalam videonya, kamu bisa terbantu dalam memahami kalimat-kalimat percakapan yang umum dipakai orang Thailand, memperkenalkan diri, meminta maaf, dan angka. 

Walaupun Mita sudah lama tidak memakai bahasa Indonesia, penjelasan yang ia suguhkan dalam videonya disampaikan dengan jelas hingga mudah dipahami.

5. Penasaran sama bahasa Rusia? Kunjungi channel Belajar Bahasa Rusia Channel dengan Orang Rusia!

https://www.youtube.com/embed/HCz781R6bes

Channel yang satu ini sangat cocok bagi pemula yang tertarik belajar bahasa Rusia karena diajari oleh orang Rusia dengan bahasa Indonesia yang fasih. Di sini, ada banyak suguhan video yang membahas tentang huruf, tata bahasa, dan kalimat percakapan dalam bahasa Rusia. Kamu juga bisa mengenal Rusia lebih dekat dengan segmen belajar bahasa Rusia dari lagu Rusia!

Kelima channel YouTube di atas bisa kamu kunjungi untuk mengenal bahasa asing lebih dalam dan tentunya tanpa merogoh banyak biaya. Nah, kamu tertarik mengunjungi channel yang mana nih?

Baca Juga: 6 Hal yang Didapatkan dari Belajar Bahasa Asing, Pernah Merasakannya?

Annisa Grahita Photo Writer Annisa Grahita

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya