Comscore Tracker

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI 

Kosakata merdeka hingga tumpeng ada di KBBI, loh!

Tak terasa kita telah merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77. Berbagai acara dan kegiatan biasanya dilakukan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan ini. Mulai dari lomba hingga upacara bendera.

Beberapa kegiatan dan hal-hal yang identik dengan HUT RI ternyata punya kosakata di dalam KBBI, lho. Sering kita lakukan atau bahkan ucapkan, kadang beberapa dari kita kurang tahu akan makna kata tersebut.

Kira-kira apa saja, sih kosakata di dalam KBBI yang identik dengan HUT RI?Telusuri sama-sama, yuk!

1. Merdeka 

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi merdeka (instagram.com/ayodianuralam_)

Dalam KBBI, kosakata “merdeka” punya beberapa makna, nih. Makna pertama yakni ‘bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri’. Sedangkan makna selanjutnya ‘tidak terkena atau lepas dari tuntutan’. Lantas makna dari kosakata “merdeka” yang terakhir adalah ‘tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa’.

Jelang dan usai perayaan HUT RI biasanya kosakata ini terus digunakan. Bahkan gak hanya diucapkan jelang sebuah pidato, kadang beberapa promo (makanan, transportasi. hotel, dsb) khas 17-an juga mengimbuhkan kata “merdeka” di belakangnya.

2. Proklamasi 

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi proklamasi (commons.wikimedia.org/Frans Mendur)

Setelah berjuang begitu lama, akhirnya Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaannya. Tak hanya diumumkan pada bangsa Indonesia, tapi juga kepada dunia. Dari tadi sudah disinggung tentang proklamasi, lantas, apa sih yang dimaksud proklamasi itu sendiri?

Dalam KBBI, kosakata “proklamasi” diartikan sebagai ‘pemberitahuan resmi kepada seluruh rakyat; pemakluman; pengumuman’. Sedangkan “proklamasi kemerdekaan RI” bisa kita artikan sebagai ‘pernyataan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 yang ditandai dengan dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno didampingi Drs. Mohammad Hatta.

3. Upacara bendera

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi upacara bendera (instagram.com/budi2511)

Menurut KBBI kosakata “upacara bendera” diartikan sebagai ‘upacara resmi secara militer yang dilakukan oleh instansi pemerintah pada setiap tanggal 17 dan pada hari-hari nasional, disertai penaikan bendera Sang Merah Putih’. Namun, saat kita sekolah dulu, upacara bendera juga dilakukan setiap hari Senin.

Biasanya upacara bendera dilakukan selama kurang lebih 60 menit. Kegiatan ini umumnya ditandai dengan serangkaian kegiatan seperti pengibaran bendera, pembacaan teks Pancasila dan UUD, menyanyikan lagu wajib, pidato dan ditutup dengan doa.

4. Paskibraka 

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi paskibraka (instagram.com/defnaputra)

Kita sering menyaksikan sendiri betapa gagahnya mereka yang menjadi Paskibraka. Berdasarkan KBBI, kosakata “paskibraka” punya arti ‘pasukan pengibar bendera pusaka’. Gak hanya diseleksi ketat, mereka juga dilatih secara intensif sebelum akhirnya melakukan prosesi pengibaran bendera pada tanggal 17 Agustus

Untuk menjadi Paskibraka di tingkat nasional, seseorang harus melewati serangkaian seleksi. Mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga akhirnya terpilih untuk menjadi tim ini Paskibraka nasional. Menjadi bagian dari pasukan Paskibraka adalah sebuah kehormatan yang sangat besar, lho.

5. Karnaval 

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi karnaval (unsplash.com/Mufid Majnun)

Sebetulnya, karnaval bisa dilakukan kapan saja. Namun, dalam rangka memeriahkan HUT RI umumnya karnaval dilakukan di setiap kota atau daerah masing-masing dengan tema kemerdekaan. Karnaval ini diikuti oleh berbagai pihak dari mulai instansi hingga masyarakat.

Dalam KBBI, kosakata “karnaval” punya makna ‘pawai dalam rangka pesta perayaan (biasanya mengetengahkan bermacam corak hal yang emnarik dari yang dirayakan itu). Nah, karnaval saat 17-an memang identik dengan atribut khas kemerdekaan seperti pakaian khas pejuang, atribut merah putih hingga pakaian daerah. Hayo, kamu jadi bagian yang ikut karnaval gak tahun ini?

Baca Juga: 12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteks

6. Pahlawan 

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi pahlawan (instagram.com/favehotelmanahansolo)

Kosakata “pahlawan” di dalam KBBI dimaknai sebagai ‘orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani; hero’. Pahlawan adalah sosok pemberani yang telah berjuang dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan yang kita rasakan hari ini.

Ada banyak sekali pahlawan yang masih hidup atau bahkan gugur di medan perang, baik yang bernama atau bahkan tanpa nama. Sebagai generasi muda, sudah sepantasnya kita menghargai jerih payah mereka dalam merebut maupun mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

7. Mengheningkan cipta

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi mengheningkan cipta (instagram.com/politala)

Saat menjalani upacara, pasti akan ada satu momen di mana kita dipandu untuk berdiam sejenak, menundukkan kepala lalu terdengar lantunan dari tim paduan suara menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta. Tapi, kamu pernah penasaran gak, sih apa yang dimaksud dengan mengheningkan cipta?

Ternyata, kosakata “mengheningkan cipta” ada dalam KBBI, lho. Berdasarkan KBBI kosakata yang identik dengan HUT RI itu dimaknai sebagai ‘bertafakur; diam merenung arwah; bersemadi’. Itulah kenapa kita diminta diam sejenak untuk menghargai arah mendiang para pahlawan yang telah gugur di medan perang dulu.

8. Tirakatan 

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi triakatan (instagram.com/kodim0729bantul)

Malam hari pada tanggal 16 Agustus kita pasti akan berkumpul bersama warga untuk melakukan kegiatan malam tirakatan. Kegiatan ini gak hanya bertujuan untuk merekatkan ikatan tali persaudaraan sesama warga melainkan untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan yang telah gugur.

Menurut KBBI “tirakatan” diartikan sebagai ‘melakukan tirakat’. Sementara, kosakata “tirakat” sendiri punya makna ‘menahan hawa nafsu (seperti berpuasa atau berpantang) dan ‘mengasingkan diri ke tempat yang sunyi (di gunung dan sebagainya).

9. Dirgahayu 

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi dirgahayu (instagram.com/fasiiha_)

Kosakata ini tampaknya sering disebutkan namun, gak semua orang tahu apa makna sebenarnya. Kata “dirgahayu” berdasarkan KBBI diartikan sebagai ‘berumur panjang (biasanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadinya). Nah, sekarang sudah gak penasaran lagi, dong apa makna dari kosakata ini?

Kadang saat menulis ucapan selamat ulang tahun untuk Republik Indonesia, kita kerap mengimbuhkan kosakata “dirgahyu” di bagian depan, nih. Namun, kita sering keliru dan menulis ‘Dirgahayu HUT RI’ padahal yang benar adalah ‘Dirgahayu  Republik Indonesia’ atau cukup ditulis ‘Dirgahayu RI’ saja.

10. Tumpeng 

10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI ilustrasi tumpeng (instagram.com/kedaimerapi78new)

“Tumpeng” dalam KBBI berarti ‘nasi yang dihidangkan dalam bentuk seperti kerucut, dilengkai dengan lauk pauk (untuk selamatan dan sebagainya). Setiap 17 Agustus kita pasti gak akan luput dari hal yang satu ini. Bahkan, jelang HUT RI sekali pun, sering diadakan lomba menghias tumpeng.

Tumpeng sendiri memang identik dengan perayaan HUT RI sebab, setiap elemen yang ada pada tumpeng memiliki filosofis dan mencerminkan  Indonesia. Biasanya tumpeng yang digunakan saat 17-an adalah tumpeng yang terbuat dari nasi kuning. Pasalnya warna kuning melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Benar-benar penuh makna dan filosofi, ya?

Ada lumayan banyak juga, nih kosakata bahasa Indonesia yang identik dengan HUT RI. Kosakata di atas pastinya sering banget dipakai di momen jelang 17 Agustus atau bahkan beberapa hari setelahnya. Kira-kira dari kosakata di atas, mana nih yang baru kamu ketahui maknanya padahal sudah sering kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari?

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya