Comscore Tracker

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? 

Yuk, cek sama-sama apa nama zodiakmu!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), zodiak merupakan lingkaran khayal di cakrawala yang dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan. Pada zaman dahulu, orang menggunakan rasi bintang untuk mempelajari pola alam serta kehidupan. Bahkan hingga saat ini masih banyak orang yang kerap mencari tahu ramalan zodiak untuk mengetahui peruntungan mereka.

Aquarius, Gemini, Virgo adalah sejumlah nama zodiak yang kerap kita kenal. Namun, tahukah kamu kalau nama zodiak tersebut punya versi bahasa Indonesia? Bahkan, nama tersebut telah terdaftar di KBBI, lho.

Penasaran apa saja nama zodiak versi bahasa Indonesia? Simak sama-sama, yuk!

1. Aries (21 Maret—19 April): Hamal atau Mesa

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Aries atau dalam bahasa Indonesia bernama Hamal atau Mesa (pixabay.com/Alejandro Salas)

Aries dalam bahasa Indonesia dapat disebut sebagai Hamal atau Mesa. Zodiak yang punya lambang domba jantan ini diperuntukkan bagi mereka yang lahir pada 21 Maret hingga 19 April.

Bagi mereka yang bisa membaca karakter melalui zodiak, pemilik zodiak Aries dianggap sebagai sosok yang pemberani dan berjiwa pertualang. Sementara dari segi astronomi, rasi bintang satu ini berada di belahan langit utara khatulistiwa.

2. Taurus (20 April—20 Mei): Wrisaba atau Saur

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Taurus atau dalam bahasa Indonesia bernama Wrisaba atau Saur (pixabay.com/Alejandro Salas)

Meski bersikap keras kepala dan posesif, orang berzodiak Taurus dikenal sebagai sosok yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab dalam melakukan sesuatu. Zodiak dengan lambang sapi jantan ini bisa disebut Wrisaba atau Saur dalam bahasa Indonesia.

Zodiak Taurus diperuntukkan bagi mereka yang lahir tanggal 20 April sampai 20 Mei. Dalam segi astronomi, Taurus merupakan gugus bintang di langit utara khatulistiwa.

3. Gemini (21 Mei—20 Juni): Mintuna atau Jauza

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Gemini atau dalam bahasa Indonesia bernama Mintuna atau Jauza (pixabay.com/Alejandro Salas)

Rasi bintang Gemini tampak pada belahan langit utara khatulistiwa sekitar bulan Januari sampai Mei. Punya lambang dua orang kembar, bahasa Indonesia untuk Gemini adalah Mintuna atau Jauza.

Karakter yang paling dominan dari Gemini adalah kurang konsisten dalam suatu hal namun mudah beradaptasi dan penyayang. Mereka yang berzodiak Gemini lahir pada tanggal 21 Mei sampai 21 Juni.

4. Cancer (21 Juni—22 Juli): Karkata

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Cancer atau dalam bahasa Indonesia bernama Karkata (pixabay.com/Alejandro Salas)

Jika kamu lahir pada 21 Juni hingga 22 Juli, kamu akan memiliki zodiak Karkata. Zodiak keempat dalam astrologi ini punya lambang kepiting atau lebih dikenal dengan nama Cancer.

Sama seperti beberapa zodiak sebelumnya, Cancer berada di belahan langit utara khatulistiwa. Karakteristik yang lumayan dominan dari sosok ini adalah penyayang kepada keluarga dan sahabat, tapi memiliki perubahan mood yang sulit diprediksi.

5. Leo (23 Juli—22 Agustus): Asad atau Singha

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Leo atau dalam bahasa Indonesia bernama Asad atau Singha (pixabay.com/Alejandro Salas)

Rasi bintang yang terletak di belahan langit utara khatulistiwa ini punya nama bahasa Indonesia Asad atau Singha. Zodiak Leo diperuntukkan bagi mereka yang berulang tahun pada 23 Juli sampai 22 Agustus.

Leo dilambangkan dengan singa atau si raja hutan. Meski berjiwa pemimpin, karakteristiknya yang harus diwaspadai adalah sombong dan arogan.

Baca Juga: 10 Kata Serapan Korea yang Masuk KBBI, dari Oppa sampai Kimci

6. Virgo (23 Agustus—22 September): Kanya, Sunbulat, atau Mayang

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Virgo atau dalam bahasa Indonesia bernama Kanya, Sunbulat atau Mayang (pixabay.com/Alejandro Salas)

Istilah bahasa Indonesia untuk Virgo adalah Kanya, Sunbulat, atau Mayang. Rasi bintang Virgo terletak di antara Leo dan Libra pada deklinasi 0 derajat dari sisi astronomi.

Pemilik zodiak ini adalah mereka yang lahir pada tanggal 23 Agustus hingga 22 September. Sosoknya yang dilambangkan dengan simbol seorang perempuan itu memang dikenal pekerja keras tapi gampang overthinking.

7. Libra (23 September—22 Oktober): Tula atau Mizan

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Libra atau dalam bahasa Indonesia bernama Tula atau Mizan (pixabay.com/Alejandro Salas)

Apakah kamu lahir pada tanggal 23 September sampai 22 Oktober? Kalau iya, kamu  berarti punya zodiak Libra. Nama Libra dalam bahasa Indonesia adalah Tula atau Mizan.

Orang berzodiak Libra dikenal sebagai sosok yang suka membantu orang lain. Sementara, rasi bintangnya berada di belahan selatan langit khatulistiwa dan dilambangkan dengan timbangan.

8. Scorpio (23 Oktober—21 November): Kricika atau Kala

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Scorpio atau dalam bahasa Indonesia bernama Kricika atau Kala (pixabay.com/Alejandro Salas)

Berada di sisi belahan selatan langit khatulistiwa, zodiak Scorpio dilambangkan oleh kalajengking. Zodiak ini dimiliki oleh mereka yang lahir pada 23 Oktober hingga 21 November.

Namun tahukah kamu apa nama zodiak ini dalam bahasa Indonesia? Di KBBI, Scorpio disebut sebagai Kricika atau Kala. Sifat yang paling dominan dari zodiak ini adalah cerdas, berani, dan sangat bersemangat.

9. Sagitarius (22 November—21 Desember): Danuh atau Kaus

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Sagittarius atau dalam bahasa Indonesia bernama Danuh atau Kausatau (pixabay.com/Alejandro Salas)

Punya lambang panah, nama zodiak Sagitarius versi bahasa Indonesia adalah Danuh atau Kaus. Rasi bintangnya berada di belahan langit selatan khatulistiwa dan akan tampak dengan jelas di malam hari pada bulan April sampai Oktober.

Zodiak ini dikenal dengan sifat yang suka kebebasan dan suka dengan hal yang baru. Namun, orang yang lahir tanggal 22 November sampai 21 Desember ini dikenal cenderung kurang sabar.

10. Capricorn (22 Desember—19 Januari): Jadi atau Makara

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Capricorn atau dalam bahasa Indonesia bernama Jadi atau Makara (pixabay.com/Alejandro Salas)

Nama bahasa Indonesia untuk Capricorn adalah Jadi atau Makara. Zodiak ini diperuntukkan bagi mereka yang lahir tanggal 22 Desember hingga 19 Januari.

Meski keras kepala, pemilik zodiak dengan lambang domba jantan ini adalah seseorang yang tangguh dan pekerja kerasa, lho. Dari sisi astronomi, Capricorn berada di langit belahan selatan khatulistiwa.

11. Aquarius (20 Januari—18 Februari): Delu atau Kumba

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Aquarius atau dalam bahasa Indonesia bernama Delu atau Kumba (pixabay.com/Alejandro Salas)

Mereka yang ulang tahun pada tanggal 20 Januari sampai 18 Februari sudah bisa dipastikan akan memiliki zodiak Aquarius. Namun, dalam bahasa Indonesia, zodiak ini dikenal dengan sebutan Delu atau Kumba.

Punya lambang orang yang sedang menuangkan air, Aquarius berada di rasi bintang belahan langit selatan khatulistiwa. Sifat paling menonjolnya antara lain ramah dan mandiri.

12. Pisces (19 Februari—20 Maret): Mina atau Hut

12 Nama Zodiak Versi Bahasa Indonesia yang Ada di KBBI, Sudah Tahu? ilustrasi zodiak Pisces atau dalam bahasa Indonesia bernama Mina atau Hut (pixabay.com/Alejandro Salas)

Dalam KBBI, Pisces dikenal dengan nama Mina atau Hut. Zodiak ini diperuntukkan bagi mereka yang lahir pada 19 Februari hingga 20 Maret. Dilambangkan dengan ikan, Pisces adalah zodiak terakhir dalam deretan astrologi.

Rasi bintang Pisces akan nampak pada malam hari pada bulan September dan Oktober tepatnya di belahan langit utara khatulistiwa. Sifat yang menonjol bagi pemilik zodiak ini adalah sosoknya yang penuh akan ketenangan.

Gak disangka banget, ternyata ada nama versi Indonesia untuk 12 zodiak yang kita kenal selama ini. Cukup unik dan beberapa di antaranya cocok untuk dijadikan sebagai nama anak. Nah, apa nama Indonesia untuk zodiak kamu? Komen di bawah, ya!

Baca Juga: 12 Kosakata Bahasa Indonesia yang Sering Dijadikan Nama Orang

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya