Comscore Tracker

Antibuyar, 5 Tips Jitu Jaga Konsentrasi saat Kerjakan Soal Tes CPNS

Pejuang CPNS gak boleh skip info ini #IDNTimesLife

Bagi kamu yang mendaftar seleksi CPNS sebentar lagi akan segera menghadapi tes SKD, nih. Tes ini juga akan menentukan nasibmu selanjutnya. Sehingga gak boleh kamu sepelekan begitu saja. Namun, masalah baru akan menghampiri saat kamu sudah berada di ruang tes.

Apalagi kalau bukan buyarnya konsentrasi. Nah, supaya tetap fokus mengerjakan soal tes dan mendapatkan skor maksimal ada sederet tips jitu, nih yang bisa kamu praktikkan. Kira-kira apa saja, ya tips jitu yang dimaksud? Cari tahu sama-sama, yuk!

1. Latihan dari jauh-jauh hari

Antibuyar, 5 Tips Jitu Jaga Konsentrasi saat Kerjakan Soal Tes CPNSIlustrasi seorang wanita sedang mengerjakan latihan soal (Unsplash.com/Jason Coudriet)

Hampir setiap tahunnya selalu ada kebijakan baru mengenai materi tes CPNS yang diujikan. Kalau kamu benar-benar ingin jadi calon ASN sudah sepantasnya untuk mempersiapkan ini dari jauh-jauh hari.

Kamu bisa ikut les, membeli buku latihan soal, ikut grup yang rutin bedah soal CPNS, belajar dari YouTube, aktif mengulas kembali materi, maupun belajar secara online melalui soal-soal latian yang ada di internet.

Kamu juga bisa, lho ikut try out terutama pada instansi atau pihak-pihak yang menyediakan try out menggunakan sistem CAT. Sehingga kamu gak perlu panik dan gugup karena sudah terbiasa dengan sistem ini. 

2. Jangan begadang sebelum tes

Antibuyar, 5 Tips Jitu Jaga Konsentrasi saat Kerjakan Soal Tes CPNSIlustrasi seorang wanita bermain ponsel di malam hari (Pexels.com/mikoto.raw)

Cemas, tegang dan takut adalah respons wajar yang dirasakan setiap orang terutama apabila mereka akan menghadapi hari besar dan bersejarah bagi mereka.

Sama halnya saat kamu akan ikut tes seleksi CPNS perasaan tersebut gak terhindarkan lagi, deh. Meskipun begitu tetap istirahat yang cukup, lho ya jangan sampai begadang sebelum tes.

Kamu harus menjaga stamina supaya tetap fit. Kurang tidur juga akan membuat tubuhmu lesu dan mudah mengantuk. Kamu pasti gak mau dong malah tertidur di ruang ujian?

Baca Juga: 5 Alasan Tidak Perlu Minder karena Gak Ikutan Seleksi Tes CPNS 

3. Makan dan minum yang cukup

Antibuyar, 5 Tips Jitu Jaga Konsentrasi saat Kerjakan Soal Tes CPNSIlustrasi seorang pria sedang makan (Pexels.com/Michael Burrows)

Pukul berapapun tesmu diadakan kamu tetap harus makan dan minum dalam jumlah yang cukup. Supaya kamu tetap terhidrasi. Makan dan minum yang cukup juga akan membantumu dalam meningkatkan konsentrasi.

Tapi jangan sampai terlalu banyak makan atau minum, ya bisa-bisa waktumu malah habis untuk ke kamar mandi dibanding mengerjakan tes.

Usahakan juga buat gak mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat diuretik misalnya cokelat, minuman bersoda atau yang mengandung kafein. Kekurangan asupan yang cukup juga berpotensi membuatmu sakit ataupun hilangnya kesadaran.

4. Hindari belajar dengan sistem kebut semalam

Antibuyar, 5 Tips Jitu Jaga Konsentrasi saat Kerjakan Soal Tes CPNSIlustrasi seseorang sedang belajar di malam hari (Pexels.com/Ron Lach)

Tes CPNS gak bisa kamu sepelekan begitu saja. Orang-orang yang bahkan sudah belajar dari jauh-jauh hari saja belum tentu punya jaminan lolos apalagi mereka yang hanya mengandalkan sistem kebut semalam.

Segenius apa pun kamu tetap kamu gak bisa menerapkan metide belajar yang satu ini. Sainganmu bukan hanya sesama alumni sekolah atau kampusmu, lho melainkan jutaan orang se-Indonesia.

Kamu pasti tahu sendiri berapa perbandingan jumlah pelamar dengan kuota yang dibutuhkan. Belajar dengan metode ini justru malah membuatmu kelelahan dan hanya akan menimbun informasi yang sia-sia. Pasalnya informasi yang kamu berika pada otakmu gak akan bertahan di memorimu dalam jangka waktu yang lama.

Apalagi mengingat perubahan sistem penilaian terbaru dimana skor tiap jawaban benar 5 dan gak menjawab 0 sayang banget, kan kalau informasi di otakmu bertumpuk dan malah gak bisa menjawab dengan maksimal saat hari H. 

5. Kuasai diri dan jangan panik

Antibuyar, 5 Tips Jitu Jaga Konsentrasi saat Kerjakan Soal Tes CPNSIlustrasi berdoa (Pexels.com/Monstera)

Melihat ribuan orang yang bahkan belum pernah kamu temui sebelumnya jelas sudah bikin nyalimu ciut terlebih dahulu. Di lokasi tes kamu akan mendengar banyak sekali cerita dari orang-orang yang sedang berjuang serta mencoba peruntungan untuk jadi abdi negara. 

Memasuki ruang tes pasti kamu gak kalah paniknya lagi. Untuk itu tetap tenang dan kuasi diri kamu dengan baik. Coba latihlah dirimu untuk melakukan teknik pernafasam sederhana untuk membuang rasa panik.

Begitu pula saat tanda mengerjakan di mulai usahakan untuk tenang dan mengerjakan soal yang kamu kuasai terlebih dahulu. Ada bocoran, nih karena soal tes TKP punya skor paling tinggi usahakan kerjakan soal-soalnya terlebih dulu, ya baru beralih mengerjakan dua tes lainnya. 

Kalau masih sisa waktunya jangan keluar dulu manfaatkan sisa waktu untuk mengoreksi. Gak perlu panik soal tiap peserta beda-beda, kok gak mungkin teman sebelahmu akan menyontek. 

Wah, gampang banget buat dipraktikkan, ya. Terakhir, jangan lupa berdoa. Selamat berjuang kawan. Ingat selalu, Guys: do your best and let god do the rest. Semoga berhasil, ya! 

Baca Juga: 5 Tips untuk Meningkatkan Skor IELTS Reading-mu, Harus Teliti!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya