Comscore Tracker

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salah

Ada berapa kosakata yang kamu tulis benar selama ini?

Para umat muslim di seluruh dunia menyambut meriah bulan suci Ramadan. Di bulan yang penuh berkah ini, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan umat muslim agar dapat menambah pahala atau sekadar ngabuburit.

Salah satu kegiatan yang tak kalah seru untuk dilakukan ialah mempelajari kosakata-kosakata yang berkaitan dengan bulan Ramadan.

Hal tersebut tak lepas dari seringnya beberapa kosakata yang berkaitan dengan bulan Ramadan ini sering ditulis salah. Berikut 10 kosakata tersebut, apa saja?

1. Idulfitri vs Idul Fitri

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salahfutuready.com

Bagaimana kamu menulis kosakata ini? Kebanyakan orang akan menulis 'Idul Fitri'. Padahal, kamu akan lebih tepat jika menulis 'Idulfitri'

2. Sholat vs Salat

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salahpopbela.com

Kosakata ini juga kerap ditulis salah. Kebanyakan orang sudah terbiasa menulis dengan 'sholat'. Padahal, menurut KBBI, kata yang tepat ialah 'salat'. ya. 

3. Alquran vs Al Qur'an

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis SalahUnsplash/Dancing Rain in the Autumn

Kosakata ini juga sering ditulis salah oleh kebanyakan orang. Bukan 'Al-qur'an', banyak yang tak tahu bahwa 'Alquran' merupakan kosakata yang benar menurut KBBI. 

4. Bedug vs Beduk

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salahbatiktv.pekalongankota.go.id

Bagaimana kamu menulis alat musik yang khas untuk memanggil orang agar segera bergegas menuju masjid untuk menunaikan salat ini? Bentuk baku dari kosakata ini adalah 'beduk' ya, bukan 'bedug'. 

5. Saur vs Sahur

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salahindonesiadermawan.id

Bagi kamu yang akan berpuasa, pastinya kamu sangat disarankan untuk melakukan aktivitas sahur, ya. Memang, kata 'sahur' merupakan kata baku dari 'saur' yang tak sedikit orang mengucapkan kosakata itu. 

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Sama Persis dengan Bahasa Indonesia

6. Terawih vs Tarawih

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salahbkpp.demakkab.go.id

Kata ini juga sering ditulis salah oleh banyak orang. Kebanyakan orang akan mengucapkan 'terawih'. Padahal, kosakata yang baku menurut KBBI ialah tarawih

7. Mushola vs Musala

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salahvymaps.com

Bagaimana selama ini kamu menulis tempat untuk beribadah umat muslim berikut? Mushola? Padahal, kamu lebih tepat jika menulisnya dengan kata "musala"

8. Takjil vs Ta'jil

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salahtokopedia.com

Kata 'takjil' merupakan bentuk baku dari kata 'ta'jil' yang kerap ditulis banyak orang. Kata takjil sendiri memiliki arti 'mempercepat dalam berbuka puasa'.

9. Halahbihalal vs Halal bi halal

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salahislamnyamuslim.com

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan setelah bulan Ramadan ialah 'halalbihalal'. Jadi, penulisan 'halal bi halal' bukan merupakan tulisan yang baku, ya. 

10. Maghrib vs Magrib

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salahtebuireng.online

Waktu magrib merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi orang yang berpuasa. Untuk penulisannya kamu dapat menulis 'magrib' ya, bukan 'maghrib'.

 

Nah, itu dia 10 kosakata yang berkaitan dengan bulan Ramadan yang sering ditulis salah. Memang, banyak sekali orang yang menulsinya dengan kurang tepat. Kalau kamu sendiri ada berapa kosakata yang kamu tulis dengan benar sebelumnya?

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggris

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya