6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliah

Jangan sia-siakan waktumu

Kelulusan merupakan mimpi semua pelajar sebagai bukti dari keberhasilan dalam pendidikannya. Setelah lumayan lama fokus pada pendidikan yang ditempuh, akhirnya kamu menyandang status fresh graduate setelah lulus kuliah.

Tapi, menjadi fresh graduate ada suka dan dukanya. Sukanya karena akhirnya kamu bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik dan bisa mulai fokus pada karier impianmu. Dukanya kamu harus keluar dari zona nyaman untuk bersiap menghadapi sebuah babak baru dalam hidup.

Memang terkadang banyak yang masih bingung dengan apa yang harus dilakukan setelah menyandang status ini. Sehingga banyak para fresh graduate yang lontang-lantung tak tahu arah setelah kelulusan.

Tapi, kamu gak perlu khawatir. Beberapa hal berikut ini wajib kamu coba sebagai solusi agar tetap produktif setelah lulus kuliah.

1. Relaksasikan kembali dirimu

6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliahunsplash.com/STIL

Untuk mencapai kelulusan, kamu banyak menghabiskan waktu dengan belajar ataupun melakukan penelitian. Karena terlalu fokus untuk mencapai kelulusan, kamu merasa tidak ada waktu untuk  bersantai, kan? Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu lakukan setelah lulus adalah merelaksasikan kembali jiwa dan pikiranmu.

Relaksasi perlu banget kamu lakukan sebelum memasuki fase selanjutnya dalam hidupmu. Ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti pergi berlibur keluar kota, hangout dengan teman atau keluarga, atau bisa juga bermain dengan hobi kamu. Yang penting kamu bisa melepas rasa penat setelah berbulan–bulan fokus pada pendidikan.

2. Daftarkan dirimu pada situs lowongan kerja

6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliahrawpixel.com/Pexels

Dengan teknologi yang semakin maju, mencari pekerjaan juga kian mudah. Untuk kamu yang ingin terjun ke dunia kerja, kamu bisa mendaftarkan diri pada situs-situs penyedia lowongan kerja. Misalnya saja seperti linked.id atau jobstreet.com.

Hanya dengan membuat akun pada situs lowongan kerja tersebut, kamu dapat dengan mudah mencari pekerjaan impianmu. Biasanya pada halaman situs sudah disertai informasi yang sangat jelas mengenai deskripsi posisi, syarat melamar, bahkan gaji yang didapat.

Untuk melamar pekerjaan, kamu cukup mengirimkan berkas yang diminta langsung pada situs tersebut atau melalui email. Jadi, kamu tidak perlu susah payah mencetak banyak berkas atau panas-panasan datang ke setiap perusahaan hanya untuk menanyakan ketersediaan lowongan pekerjaan.

Baca Juga: Buat Fresh Graduate, Terapkan 6 Hal Ini Agar Betah di Tempat Kerja

3. Ikuti kursus yang sesuai dengan passion-mu

6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliahpexels.com/Startup Stock Photos

Sembari menunggu panggilan kerja, kamu bisa nih menyibukkan diri dengan mengambil kelas kursus. Dalam memilih kelas, pastikan yang kamu ambil harus sesuai dengan kebutuhan atau passionmu agar ilmu yang didapat benar-benar bermanfaat.

Manfaat yang kamu dapat dari mengikuti kursus itu banyak seperti untuk mengasah ketrampilanmu atau dapat menjadi bahan pertimbangan ketika melamar kerja. Selain itu, bermanfaat juga untuk menambah pengalaman yang dapat menjadi modalmu untuk memulai suatu usaha.

4. Mengikuti pelatihan kerja dan sertifikasi

6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliahpixabay.com/geralt

Selain mengikuti kursus, kegiatan lain yang bisa kamu lakukan yaitu mengikuti pelatihan kerja dan sertifikasi. Pelatihan kerja ini bermanfaat banget bagi kamu yang merasa kurang memiliki kemampuan atau pengalaman kerja. Sedangkan sertifikasi bermanfaat untuk menguji kemampuan yang kamu miliki sehingga dapat diakui melalui sertifikat.

Nah, dua hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam surat lamaran pekerjaanmu. Untuk informasi mengenai pelatihan kerja maupun sertifikasi kamu bisa dapatkan melalui internet atau datang pada setiap instansi Dinas Pemerintahan terkait.

5. Mulai usaha sampingan

6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliahpexels.com/Liam Anderson

Nah, buat kamu yang ingin menambah uang jajan sekaligus memanfaatkan waktu luang, kamu bisa mulai usaha kecil-kecilan seperti online shop. Kalau merasa malas untuk menghasilkan sendiri produkmu, kamu bisa coba untuk menjual kembali produk orang lain dengan menjadi reseller atau dropshipper. Dengan begitu kamu tidak perlu modal yang terlalu besar dan takut merugi karena barang tidak laku.

6. Manfaatkan program internship

6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliahunsplash.com/Annie Spratt

Program internship atau magang bisa menjadi alternatif untuk meraih karir impiamu. Manfaatkan Program magang sebagai modalmu agar lebih berkompeten di dalam dunia kerja. Anggap saja hal ini sebagai sesi latihan sebelum kamu benar-benar terjun dalam dunia kerja.

Selain itu, internship juga dapat menjadi batu loncatanmu untuk dapat bekerja pada perusahaan impianmu. Jika kinerjamu baik selama melakukan magang, maka perusahaan bisa saja melirikmu untuk dijadikan sebagai pegawai tetap mereka.

Hal di atas memiliki banyak sekali manfaat jika diterapkan. Disamping membuat kamu menjadi lebih produktif juga dapat menambah relasi pertemananmu dan lebih mantap dalam memasuki getirnya dunia kerja. Jadi, jangan lagi khawatir setelah menjadi fresh graduate ya, guys!

Baca Juga: Sebelum Lulus Kuliah, Pastikan Kamu Sudah Persiapkan 7 Hal Ini

Antonia Kinan Photo Community Writer Antonia Kinan

https://twitter.com/antoniaasari

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You