Comscore Tracker

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022

Bikin kamu makin gaul, gak ketinggalan jaman

Slang merupakan ragam bahasa yang diungkapkan secara informal, yang juga dapat disebut dengan bahasa gaul. Istilah slang sudah populer sejak dulu dan sering berubah seiring perkembangan jaman.

Di tahun 2022 ini, sudah banyak kata slang yang populer dan viral di kalangan anak muda. Karena itu, banyak kata slang yang muncul di berbagai media sosial. Kira-kira apa saja, ya?

1. Slebew

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022Ilustrasi teman-teman kos (unsplash/@designecologist)

Kata 'slebew' ini paling viral di tahun 2022. Slebew memiliki arti pengganti kata 'senggol'. Berawal dari slogan 'senggol dong' dipelesetkan menjadi 'slebew dong'. Kata ini juga semakin tenar saat Jeje, seorang remaja viral di era Citayam Fashion Week, mengucapkan kata tersebut.

Namun, slebew juga merupakan pelesetan kata-kata yang berbau vulgar. Jadi, sebaiknya hati-hatilah saat menggunakan kata ini ya!

Contoh:

"Slebew dong!"

"Kamu cakep banget sih, slebew!"

2. Cringe

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022Pexels/Polina Zimmerman

Kata 'cringe' sudah cukup terkenal di kalangan anak muda dan viral di 2022. Cringe digunakan untuk mengungkapkan keadaan di mana kita merasa malu atau jijik ketika melihat sesuatu yang dilakukan orang.

Ungkapan tersebut muncul di saat kamu sedang melihat kelakuan orang yang mungkin menurutmu sangat konyol. Lalu, membuatmu merasa ilfeel atau jijik, entah itu secara langsung atau melalui beranda media sosialmu hingga muncullah kata cringe.

Contoh:

"Jangan gitu dong, cringe abis!"

"Kelakuannya cringe banget sih!"

3. Savage

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022Ilustrasi cowo keren (unsplash.com/Mohamad Khosravi)

Savage adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat keren dan hebat. Kata lain yang memiliki arti yang sama dengan savage adalah badass. Savage biasanya diungkapkan sebagai kata pujian.

Istilah atau kata savage dalam bahasa gaul muncul ketika melihat sesuatu yang dilakukan seseorang dan kamu menganggap hal itu sangat keren. Namun, secara bahasa, savage memiliki arti ganas, kejam, dan liar.

Contoh dalam percakapan:

A: "Kamu lama banget sih jomblo, gak laku?"

B: "Bukannya gak laku, tapi aku berkelas aja."

C: "Wah, savage!"

4. YGY

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022ilustrasi teman-teman sedang tertawa (pexels.com/Elle Hughes)

YGY sangat sering ditemukan di media sosial belakangan ini karena viral dan sering digunakan oleh netizen. YGY merupakan kepanjangan dari 'ya guys ya', seperti penegasan dari kalimat sebelumnya.

Dalam media sosial, kata ini digunakan untuk keterangan konten yang dibuat para pengunggahnya. Ini untuk menambahkan ketegasan dan keyakinan sebuah unggahan.

Contoh:

"Hujan gini makan soto enak banget ygy."

"Walau pusing, tapi tetap santai ygy."

5. Meleyot

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022ilustrasi senang (freepik.com/wayhomestudio)

Kata meleyot ini juga sering ditemukan di media sosial dengan singkatan MLYT. Kata ini merupakan bahasa gaul yang memiliki arti terlalu menyukai sampai lemas hingga meleleh, tidak bisa berkata-kata.

Meleyot kebanyakan digunakan para anak muda untuk mengungkapkan rasa kagum. Namun, rasa kagum tersebut diungkapkan secara berlebihan seolah-olah lemas hingga tak mampu berkata-kata lagi. Biasanya, hal ini digunakan saat pacar atau artis idolanya melakukan hal yang romantis.

Contoh:

"Mlyt banget ditatap kayak gitu."

"AAA meleyot banget liatnya."

6. Bestie

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022Ilustrasi teman curhat. (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bestie atau besti merupakan kosakata slang bahasa internasional untuk menyebut teman dekat atau sahabat. Kata bestie ini berawal dari kata best yang dalam hubungan pertemanan ialah best friend atau teman terbaik.

Biasanya, kata ini muncul saat sedang berkumpul bersama-sama teman di suatu tongkrongan. Kata bestie lebih banyak digunakan untuk menyapa teman.

Contoh:

"Hai, bestie!"

"Lagi ngapain, bestie?"

Baca Juga: 6 Kata Bahasa Gaul ini Ada di KBBI Loh, Kamu Wajib Tahu!

7. Salty

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022ilustrasi kesal (pexels.com/Andre Piacquadio)

Dalam bahasa inggris, salty memiliki arti asin atau keasinan. Namun, jika dalam bahasa gaul, salty memiliki arti geram atau kesal yang biasanya bisa digunakan untuk sindiran halus untuk seseorang ketika merasa kesal. Terkadang, salty juga dapat dianggap sebagai kata celaan atau ungkapan rasa kesal.

Biasanya kata 'salty' sering ditemukan di unggahan media sosial, yang mana paling sering ditemukan adalah Twitter. Di Twitter, terdapat banyak akun menfess yang berisi curhatan orang-orang dengan keterangan "no salty", yang berarti jangan mencela.

Contoh:

"Kenapa ya masih banyak orang yang salty sama anak pinter?"

"Gue mau cerita, tapi no salty ya."

8. TBL

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022Ilustrasi takut ( Pexels.com/MIXU)

Kata TBL merupakan sebutan dari kata slang yang memiliki kepanjangan Takut Banget Loh. TBL ini sering ditemukan di media sosial manapun di sepanjang tahun 2022 ini. TBL digunakan sebagai ungkapan rasa ketakutan yang terkesan palsu atau pura-pura takut.

Singkatan TBL ini mulai viral di aplikasi TikTok. Salah satu konten kreator TikTok dengan username @bondol_jpg mengunggah videonya mengucapkan TBL dengan sangat lucu.

Contoh:

"Duh TBL, dosen killer mau dateng!"

"Ih ujian bentar lagi, Takut Banged Loh!"

9. NT

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022ilustrasi teman-teman bermain (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

NT merupakan singkatan dari Nice Try yang sedang populer di 2022. Ungkapan NT ini banyak ditemui di media sosial, terutama Twitter.

NT atau nice try memiliki maksud untuk mengapresiasi suatu usaha. Namun, terkadang netizen menggunakan NT untuk tujuan sarkasme atau ejekan.

Contoh:

"Cie ditolak gebetan, NT lah!"

"Gapapa gagal masuk SBMPTN, NT." 

 

10. Nolep

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022ilustrasi malas (unsplash.com/Adrian Swancar)

Kata 'nolep' adalah kata slang atau bahasa gaul yang merupakan hasil pelesetan dari 'no life'. Penggunaannya bermaksud untuk mengatakan bahwa tidak memiliki kehidupan, yakni lebih ke arah tidak ingin melakukan apa pun.

Nolep juga biasanya digunakan sebagai kata yang menggambarkan orang yang suka bermalas-malasan. Selain itu, nolep juga digambarkan untuk orang yang tidak memiliki aktivitas apa pun, baik di dunia nyata maupun maya.

Contoh:

"Nolep banget sih"

"Main yuk, jangan nolep!"

11. Ngebadut

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022Ilustrasi teman wanita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ngebadut termasuk kata slang yang viral juga di sepanjang 2022. Kata ngebadut biasanya digunakan untuk seseorang yang melakukan hal konyol demi mendapatkan perhatian. Hal itu dianggap membuat seseorang dikatakan sebagai 'badut' karena dianggap sedang membuat lelucon.

Namun terkadang 'ngebadut' memiliki arti lain, yakni ditujukan kepada orang-orang yang menjadi korban harapan palsu atas ekspektasi mereka. Biasanya, orang-orang yang terlihat ceria namun hatinya terasa hancur.

Contoh:

"Ngebadut banget gue"

"Jangan ngarepin dia, lo tuh cuma ngebadut"

12. Bengek

Dari Slebew hingga Bengek, Ini 12 Kata Slang Viral 2022Ilustrasi tertawa (pexels.com/@savannah-dematteo-1235087)

Dalam KBBI, 'bengek' diartikan sebagai 'sesak nafas'. Namun dalam bahasa gaul, arti 'bengek' berubah menuju ke arah yang membuat orang tertawa terbahak-bahak akan sesuatu hal yang dianggap lucu.

Jadi, bengek juga dapat dikatakan saat orang tersebut tertawa terbahak-bahak sampai sesak nafas. Saking lucunya peristiwa tersebut, seseorang dapat tertawa hingga bengek dan mengeluarkan air mata.

Contoh:

"Hahahaha bengek banget!"

"Kelakuannya bikin bengek."

Itulah 12 kata slang atau bahasa gaul yang viral di 2022. Kamu suka pakai yang mana?

Baca Juga: Bahasa Gaul Cepu dan Artinya, Viral di Media Sosial!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya