Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud dengan Pola Irama? Ini Penjelasan dan Jenisnya

Pelajaran SBDP untuk anak SD, nih  

Saat duduk di bangku sekolah dasar, khususnya siswa kelas tiga terdapat mata pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) yang mempelajari tentang beberapa hal yang berhubungan dengan seni musik. Beberapa pengetahuan yang dipelajari seperti pengertian tentang lagu, nada, irama, pola irama, dan sejenisnya.

Nah, salah satu yang dibahas dalam artikel ini adalah tentang pola irama yang erat kaitannya dengan lagu. Apa itu pola irama?

Baca Juga: 7 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh, Bikin Sehat dan Bahagia!

Pengertian pola irama dan jenis-jenisnya

Apa yang Dimaksud dengan Pola Irama? Ini Penjelasan dan Jenisnyafoto hanya ilustrasi (unsplash.com/Luke Thornton)

Sebelum membahas pengertian pola irama, ada baiknya membahas mengenai pengertian irama terlebih dahulu. Jika kita melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), irama memiliki arti naik- turunnya lagu secara berturut- turut seperti bunyi dan nada yang dilakukan secara beraturan. Irama ini sangat erat kaitannya dengan tempo atau cepat lambatnya suatu lagu dinyanyikan.

Irama ini akan membuat suatu musik menjadi indah dan enak untuk didengarkan. Lalu apa itu pola irama? Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang- ulang dan teratur dalam sebuah lagu. Selain itu, pola irama juga dikenal sebagai panjang pendeknya bunyi dalam sebuah lagu.
Pola irama juga bisa digunakan untuk menentukan genre suatu lagu. Hal ini karena pola irama bisa memberikan ciri dan membedakan susunan dari suatu lagu.

Terdapat 7 jenis pola irama yaitu:

  • Pola irama rata merupakan pola irama yang memiliki pembagian pola yang rata. Jenis pola ini dapat dilihat pada lagu "Topi Saya Bundar".
  • Pola irama tidak rata adalah pembagian nada berulang yang memiliki pola tidak sama rata. Jenis pola ini dapat dilihat pada lagu "Ruri Abangku".
  • Pola sincope terjadi jika pulsa yang seharusnya tidak mendapatkan tekanan berpindah dari aksen yang kuat dari pulsa yang seharusnya mendapat tekanan. Jenis pola ini dapat dilihat pada musik orkestra.
  • Pola suku bangsa adalah pola musik yang berkaitan dengan ciri khas yang dipakai oleh suatu daerah, suku, atau bangsa. Jenis pola ini dapat dilihat pada lagu dengan irama Melayu, Arab, India, Latin, dan lain sebagainya.
  • Pola ostinato adalah pola irama yang dinyanyikan secara berulang- ulang. Namun jika mempunyai lebih dari satu variasi nada disebut dengan ostinanti. Jenis pola ini dapat dilihat pada lagu- lagu klasik seperti lagu dengan judul "Bitter Sweet Symphony".
  • Pola polirotmik menggunakan beberapa jenis pola yang menghasilkan nada yang mempunyai tekanan kuat dan rendah yang serentak. Jenis pola ini dapat dilihat pada gamelan Jawa atau Bali.
  • Pola polimerik adalah pola irama yang menggunakan irama yang berbeda- beda antara satu instrumen dengan lainnya.

Pola irama adalah salah satu unsur penting dalam suatu lagu atau musik. Dengan membaca penjelasan di atas, semoga bisa untuk menambah pengetahuan yang kamu miliki.

Baca Juga: Asal Mula Munculnya Irama Nada Gamelan Bali Menurut Lontar

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya