Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud dengan Unisono? Berhubungan dengan Seni Musik

Unisono dilakukan secara berkelompok

Dalam seni musik terdapat berbagai macam istilah yang perlu diketahui. Istilah-istilah ini sangat perlu diketahui terutama jika kamu menggeluti dunia seni musik ini.

Salah satu istilah yang masih asing atau jarang didengar adalah unisono. Unisono ini adalah salah satu teknik yang digunakan saat bernyanyi.

Baca Juga: Curi Perhatian, 9 Solois Perempuan Korea Ini Punya Vokal yang Khas

Pengertian teknik bernyanyi unisono 

https://www.youtube.com/embed/0H-_F5uoWdE

Bernyanyi adalah aktivitas yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Agar suara yang dihasilkan bagus, kamu harus menggunakan teknik saat bernyanyi. Salah satu teknik bernyanyi adalah unisono.

Unisono berasal dari kata 'uni' dan 'sono'. Uni memiliki makna satu dan sono memiliki maknya suara. Jadi unisono adalah teknik bernyanyi dimana satu suara atau nada dinyanyikan oleh beberapa orang.

Teknik unisono biasanya dapat dilihat dalam paduan suara. Namun, dalam paduan suara biasanya menggunakan teknik unisono saat menyanyikan bagian melodi pokoknya saja. Sedangkan untuk bagian lainnya tetap menggunakan perbedaan nada atau suara seperti suara 1, suara 2, dan seterusnya.

Teknik unisono tidak bisa dilakukan perseorangan atau sendiri, melainkan harus dilakukan secara berkelompok. Saat bernyanyi dengan teknik unisono sangat diperlukan kerja sama dan saling peduli sehingga suara yang ditimbulkan menjadi harmoni.

Yang menjadi ciri khas dalam teknik unisono adanya perbedaan bentuk suara, karena setiap manusia memiliki bentuk suara yang berbeda-beda. Dengan menggunakan teknik ini, bentuk-bentuk suara yang berbeda-beda akan terlihat bagus dan harmonis sehingga lagu menjadi enak di dengar.

Agar saat bernyanyi dengan teknik unisono menjadi bagus, kamu harus mempelajari beberapa hal yaitu teknik vokal dan teknik pernafasan. Teknik pernafasan diperlukan agar bisa mengatur napas yang baik dan benar. Teknk ini terdiri dari pernafasan diafragma, dada, dan bahu.

Sedangkan teknik vokal diperlukan agar mengetahui cara untuk memproduksi suara yang baik dan efisien sehingga suara yang keluar terdengar jelas, merdu, nyaring, dan indah. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam teknik vokal adalah:

Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu ada yang harus dijangkau dengan tepat.

Artikulasi adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.

Phrasering adalah aturan pemenggalan kata atau kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti.

Unisono ini adalah salah satu mata pelajaran bagi siswa yang duduk di kelas 7. Walaupun kamu belum kelas 7, kamu juga harus mengenal teknik yang satu ini. Gimana, udah siap untuk mengajak teman-temanmu bernyanyi secara unisono? Langsung dipraktikkan aja ya guys!

Baca Juga: Pengertian Vokal Grup, Ciri-Ciri, Bentuk, Syarat, dan Tekniknya

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya