Comscore Tracker

Ius Soli Ius Sanguinis, Asas Kewarganegaraan yang Berlaku di RI 

Sesuai dengan UU No. 12 2006 tentang Kewarganegaraan RI 

Pernahkah kamu mendengar istilah ius soli atau ius sanguinis? Kedua istilah ini masih terasa asing bagi kebanyakan orang. Ius soli atau ius sanguinis adalah dua asas kewarganegaraan yang sah di Indonesia saat ini.

Berbicara asas kewarganegaraan, perlu sekiranya mengetahui mengenai undang-undang (UU) yang mengaturnya. Dikutip dari laman Kemlu.go.id, pada tanggal 1 Agustus 2006, Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah mengesahkan UU No. 12 tentang Kewarganegaraan RI. Otomatis, UU No. 62 tahun 1958 dinyatakan sudah tidak berlaku lagi hal ini karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan masyarakat dan ketatanegaraan RI. Lalu apa saja asas-asas kewarganegaraan yang ada dalam UU No. 12 tahun 2006 ini?

Baca Juga: Hak Tanggungan: Pengertian, Asas dan Cirinya

Asas-asas kewarganegaraan RI 

Ius Soli Ius Sanguinis, Asas Kewarganegaraan yang Berlaku di RI foto hanya ilustrasi (unsplash.com/Anggit Rizkianto)

Dalam UU No. 12 tahun 2006 terdapat asas-asas kewarganegaraan umum dan khusus. Yang akan dijelaskan di sini adalah asas-asas kewarganegaraan umum, antara lain :

  1. Asas ius sanguinis atau law of the blood adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang bukan berdasarkan tempat kelahiran, melainkan berdasarkan garis keturunan.
  2. Asas ius soli atau law of the soil adalah asas yang secara terbatas menentukan kewarganegaraan berdasarkan tempat kelahiran. Hal ini diberlakukan terbatas bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU No. 12 tahun 2006 ini.
  3. Asas kewarganegaraan tunggal menentukan satu kewarganeraaan bagi setiap orang.
  4. Asas kewarganegaraan ganda terbatas adalah asas yang menentukan kewarganegaraan ganda bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU No. 12 tahun 2006 ini.

UU No. 12 tahun 2006 ini pada dasarnya tidak mengenal apartide atau tanpa kewarganegaraan dan bipartide atau kewarganegaraan ganda. Namun, ada pengecualian untuk kewarganegaraan ganda yang diberikan kepada anak dalam UU ini.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 7 Poin Penting Dalam Undang-undang IKN Nusantara 

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya