Comscore Tracker

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Berpeluang Besar Lolos Beasiswa!

Pejuang beasiswa harus tahu, nih

Beasiswa merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh banyak mahasiswa. Banyak mahasiswa yang antusias ketika pendaftaran beasiswa dibuka. Hal ini pun menyebabkan persaingan untuk mendapatkan beasiswa sangatlah ketat. 

Dikarenakan hal tersebut, para calon penerima beasiswa dituntut untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar sukses mendapat beasiswa.

Berikut enam hal yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftar beasiswa. Yuk, coba terapkan!

1. Pastikan nilai akademikmu sudah mencukupi standar beasiswa

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Berpeluang Besar Lolos Beasiswa!unsplash.com/Nguyen Dang Hoang Nhu

Hal utama yang harus dipersiapkan sebelum melamar beasiswa adalah nilai akademik. Setiap instansi memiliki standar nilai akademik masing-masing sebagai syarat pendaftaran beasiswa. 

Usahakan nilai akademikmu sudah di atas standar nilai yang ditetukan oleh pihak instansi terkait. Hal ini bertujuan, agar peluangmu untuk mendapat beasiswa semakin terbuka lebar. 

2. Jadilah mahasiswa aktif 

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Berpeluang Besar Lolos Beasiswa!unsplash.com/Zainul Yasni

Menjadi seorang aktifis, baik di luar maupun di dalam kampus menjadi salah satu kriteria penilaian dari beberapa instansi penerima beasiswa. Sebagai mahasiswa, kamu harus rajin mencari informasi mengenai organisasi maupun komunitas yang ada di area maupun di luar kampus.

Organisasi atau komunitas yang kamu jalani akan membantu juga dalam memperluas relasimu. Semakin banyak organisasi maupun komunitas yang diikuti, maka itu akan menunjukan tingkat keaktifanmu sebagai mahasiswa.  

3. Galilah informasi mendalam mengenai beasiswa yang ingin kamu tuju 

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Berpeluang Besar Lolos Beasiswa!unsplash.com/Christin Hume

Beberapa beasiswa ternama memiliki syarat pengajuan yang cukup rumit. Kamu bisa meminta informasi dan tips melamar beasiswa dari penerima tahun-tahun sebelumnya. Ini dimaksudkan agar jalanmu saat melamar beasiswa semakin lancar. 

Para mahasiswa yang diterima beasiswa biasanya akan membentuk sebuah komunitas. Mereka dengan senang hati akan membantu para pejuang beasiswa, agar lolos dan mejadi penerima beasiswa. Kamu bisa mencari  informasi mengenai komunitas-komunitas tersebut diberbagai sosial media.

Baca Juga: 5 Beasiswa Akan Segera Tutup Bulan Februari 2021 Ini, Siapkan Berkasmu

4. Siapkan berbagai sertifikat yang kamu miliki

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Berpeluang Besar Lolos Beasiswa!unsplash.com/Liam Truong

Sertifikat yang kamu miliki juga sangat berguna untuk menunjang beasiswamu. Hal ini karena sertifikat-sertifikat tersebut akan menggambarkan prestasi dan pengalaman yang kamu miliki. 

Tidak hanya sertifikat prestasi, kamu juga bisa melampirkan sertifikat bahasa seperti TOEFL, dan IELTS. Selain itu, sertifikat seminar, sertifikat kepanitiaan, dan sertifikat lomba juga bisa kamu lampirkan. 

5. Mantapkan visi dan misi mu untuk dunia pendidikan

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Berpeluang Besar Lolos Beasiswa!unsplash.com/ Marcos Paulo Prado

Visi dan mis mu dalam dunia pendidikan sering menjadi penilaian beberapa instansi penerima beasiswa. Tidak hanya sekadar menerima beasiswa, setelah diterima kamu juga harus memberikan pengabdian yang baik dalam masyarakat, terutama dalam dunia pendidikan. 

Pertanyaan-pertanyaan terkait tentang visi dan misi dalam dunia pendidikan biasanya akan ditanyakan saat wawancara. Namun, ada beberapa instansi beasiswa yang memberikan pertanyaan terkait bersamaan dengan pengumpulan berkas. 

6. Kuatkan doa

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Berpeluang Besar Lolos Beasiswa!muslimobsession.com

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berdoa. Berbagai upaya dan usaha sudah kamu lakukan secara maksimal untuk mejadi seorang penerima beasiswa. Bagaimana hasilnya nanti, kamu serahkan kepada Tuhan.

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini selama kita mau berusaha dan terus berdoa. Suatu hari usahamu akan membuahkan hasil dari jerih payahmu. 

Nah, itulah enam hal yang harus kamu persiapkan sebelum melamar beasiswa. Semoga, pengajuan beasiswamu sukses, ya. Semangat!

Baca Juga: Pejuang Beasiswa, 5 Hal Ini akan Menggagalkanmu di Tahap Wawancara

fadhila luqyana Photo Writer fadhila luqyana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya