Comscore Tracker

Gak Hanya Organisasi Kampus, 5 Kegiatan Ini Bisa Tambah Relasimu

Berguna banget nih buat kehidupan pasca kampus! 

Sebagai seorang mahasiswa tentunya akan sangat berbeda dengan ketika masih menjadi seorang siswa. Menjadi seorang mahasiswa tentunya kalian mulai dibebaskan dengan kegiatan yang akan kalian lakukan, salah satunya yaitu dengan berorganisasi. Organisasi merupakan suatu tempat yang dapat membantumu berkembang di dunia perkuliahan. 

Di kampus terdapat berbagai macam organisasi yang bisa kalian ikuti, dari tingkat fakultas hingga tingkat universitas. Akan tetapi, tak semua orang berniat atau ingin bergabung dengan organisasi kampus. Banyak alasan yang melatarbelakangi hal itu.

Meski begitu, membangun relasi saat masih menjadi mahasiswa amatlah penting. Nah selain organisasi kampus, berikut adalah 5 kegiatan yang dapat kalian lakukan untuk membangun relasi. Yuk, simak!

1. Bekerja sebagai freelancer

Gak Hanya Organisasi Kampus, 5 Kegiatan Ini Bisa Tambah Relasimupexels/pixabay

Tak jarang kita merasa kesepian dan bingung untuk melakukan kegiatan apa yang sekiranya cocok dan bermanfaat. Nah, mungkin selain organisasi kampus, menjadi seorang freelancer adalah pilihan yang tepat. Tak hanya bisa menambah relasimu, menjadi seorang freelancer juga bisa menambah pundi-pundi uang jajanmu. 

Saat ini, terdapat berbagai macam situs-situs internet yang menawarkan pekerjaan sebagai freelancer, dimulai dari bidang menulis, desain, hingga bidang-bidang yang membutuhkan keahlian tertentu.

Tak hanya itu, untuk kalian yang gemar mengajar, menjadi seorang guru les privat juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Gaji seorang freelancer pun beragam, dari rupiah hingga dolar. Patut dipertimbangkan, bukan?

2. Kamu juga bisa daftar menjadi volunteer

Gak Hanya Organisasi Kampus, 5 Kegiatan Ini Bisa Tambah RelasimuSpunOut.it

Aktivitas lain yang dapat kalian lakukan jika tak ingin bergabung dengan organisasi kampus yaitu menjadi seorang volunteer. Terdapat banyak sekali manfaat yang kalian dapatkan ketika menjadi sukarelawan. Apalagi, ketika kegiatan yang kalian ikuti berkaitan dengan kualifikasi kalian. Bisa untuk mempercantik dan menambah CV kalian, lho. 

Tak hanya itu, bertemu dan membantu orang lain bisa membuat kalian lebih terinspirasi dan lebih semangat dalam menjalani dunia kampus. Mencoba menemukan solusi-solusi yang tepat dari permasalahan yang kalian temui juga menentukan arah setelah lulus nanti. Tak jarang, kalian juga bisa menemukan sosok inspirator dalam hidup kalian. 

Baca Juga: 7 Kampus dengan Prodi Kesehatan Masyarakat Terbaik Tahun 2019

3. Join komunitas sesuai dengan minatmu

Gak Hanya Organisasi Kampus, 5 Kegiatan Ini Bisa Tambah Relasimupexels/fauxels

Salah satu pilihan yang tepat untuk membangun relasimu adalah dengan bergabung dengan komunitas. Terdapat banyak sekali manfaat yang akan kalian dapatkan ketika bergabung dengan sebuah komunitas. Apalagi, ketika komunitas yang kalian ikuti berkaitan dengan kesenangan atau bidang ilmu yang kalian pelajari. 

Saat ini terdapat bermacam-ragam komunitas yang telah didirikan. Baik untuk kepentingan sosial maupun untuk berbagi kesenangan bersama. Tentunya, apa pun komunitasnya kalian bisa membangun relasi dengan bertemu orang-orang baru di luar lingkaran pertemanan kalian.

4. Menghadiri seminar tentu akan menambah wawasanmu

Gak Hanya Organisasi Kampus, 5 Kegiatan Ini Bisa Tambah Relasimupexels/Christina Morillo

Untuk kalian yang lebih menyukai kegiatan dalam ruangan, kalian dapat membangun relasi melalui seminar-seminar yang diadakan. Saat ini, terdapat banyak lembaga-lembaga swasta maupun pemerintahan yang mengadakan seminar. Tentunya dengan pembicara-pembicara yang tak kalah seru dan inspiratifnya. 

Tak hanya itu, mengikuti seminar juga bisa membuat kalian bertemu orang-orang baru dari luar kampus kalian dan juga bisa juga bisa menambah daftar kemampuan yang kalian miliki.

Gak harus berbayar kok, banyak seminar yang diadakan dengan syarat memiliki kartu mahasiswa yang masih aktif. Jadi, selagi masih mahasiswa manfaatkan ya. Banyak manfaatnya, lho! 

5. Meski belum waktunya, tapi kamu juga bisa kerja magang untuk latihan

Gak Hanya Organisasi Kampus, 5 Kegiatan Ini Bisa Tambah Relasimupexels/CoWomen

Untuk kalian yang sudah ingin mencicipi dunia kerja, magang bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat kalian lakukan. Dengan mengikuti magang, akan banyak manfaat yang akan kamu peroleh. 

Tak hanya relasi yang bisa mengantarkanmu untuk memperoleh pekerjaan dengan segera, magang juga bisa untuk kamu gunakan sebagai tempat mencoba mempraktikkan ilmu yang telah kamu peroleh. Tentunya magang juga bisa memperkuat CV ataupun resume yang kalian punya, sehingga akan lebih mudah saat mencari kerja. Menantang bukan? 

Itulah lima kegiatan selain organisasi kampus yang dapat kalian lakukan untuk membangun relasi. Nah, di antara lima kegiatan di atas, mana nih yang sudah kamu ikuti? 

Baca Juga: 5 Alasan Part Time di Kampus Itu Meningkatkan Kualitas Hidupmu

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya