Comscore Tracker

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A 

Mau jadi perawat? Yuk, merapat! 

Salah satu profesi yang menjadi impian banyak orang adalah perawat. Untuk menjadi perawat yang berkualitas tentunya dimulai dengan mencari ilmu di institusi pendidikan yang berkualitas pula.

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi perawat namun masih bingung universitas yang akan kamu daftar, kamu bisa menjadikan acuan akreditasi dari BAN-PT sebagai bahan pertimbangan untuk memilih.

Institusi yang paling baik akan mendapatkan akreditasi A. Berbagai institusi negeri maupun swasta telah meraih akreditasi A tersebut. Namun, ada beberapa orang yang cenderung mengedepankan pilihan ke universitas negeri terlebih dahulu.

Jika kamu termasuk orang-orang tersebut kamu dapat memilih universitas-universitas negeri di bawah ini dengan jurusan S1 keperawatan yang terakreditasi A di Indonesia. Yuk, simak!

1. Universitas Riau (Unri) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A Keperawatan.unri.ac.id

Dilansir dari laman resmi keperawatan.unri, pertama kali berdiri Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Riau berada dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Namun mulai tahun 2017 program studi ini telah berdiri sendiri dalam Fakultas Keperawatan. Perintisan PSIK Universitas Riau dimulai dari tahun 2001 dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2004/2005. Sesuai namanya, Fakultas Keperawatan Universitas Riau berada di Pekan Baru, ibu kota Provinsi Riau.

2. Universitas Brawijaya (UB) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A psik.fk.ub.ac.id

Universitas negeri kali ini terletak di kota yang sejuk dan sangat terkenal dengan pariwisatanya, Malang. PSIK Universitas Brawijaya berada di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB). Dikutip dari laman psik.fk.ub, bahwa pada tahun 2007 Program Studi Ilmu Keperawatan berubah menjadi Jurusan Keperawatan berdasarkan SK Rektor FK UB.

UB pertama kali menerima mahasiswa keperawatan pada tahun 1999 dimulai dengan program B atau mahasiswa lulusan DIII/DIV Keperawatan. Setelah itu pada tahun ajaran 2000/2001 mulai menerima mahasiswa reguler atau lulusan SMA.

Mulai tahun ajaran 2011/2012, Jurusan Keperawatan UB tidak hanya menyelenggarakan S1 dan Ners saja melainkan juga S2 atau Program Magister Keperawatan. Adapun kekhususan yang dapat dipilih dari Magister Keperawatan UB adalah Kekhususan Keperawatan Gawat Darurat dan Kekhususan Keperawatan Jiwa.

3. Universitas Jember (Unej) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A fkep.unej.ac.id

Sesuai namanya, keperawatan Universitas Jember terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dilansir dari laman fkep.unej, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Unej resmi berdiri pada tahun 2005.

Kemudian pada tahun 2017, berdirilah Fakultas Keperawatan Universitas Jember (FKep Unej) yang terdiri dari Program Studi Sarjana Keperawatan dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners. FKep Unej turut aktif menyelenggerakan bidang penelitian yang dibuktikan dengan secara rutin menerbitkan jurnal ilmiah yang bernama NurseLine Journal.

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keperawatan, Gak Harus di Rumah Sakit

4. Universitas Hasanuddin (Unhas) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A unhas.ac.id

Dari sekian jurusan sarjana keperawatan terakreditasi A yang ada, Unhas merupakan satu-satunya yang berada di wilayah Indonesia Timur. Program Studi Ilmu Keperawatan Unhas awalnya berdiri di bawah Fakultas Kedokteran pada tahun 2000, kemudian resmi berdiri sebagai Fakultas Keperawatan pada tahun 2017 lalu.

Dikutip dari laman profil Fakultas Keperawatan Unhas, selain terakreditasi A oleh BAN-PT, Fakultas Keperawatan Unhas juga berhasil mendapatkan akreditasi International ASIIN yang merupakan sebuah lembaga akreditasi dari Jerman. Fakultas Keperawatan Unhas juga telah menyelenggarakan Program Magister Keperawatan.

5. Universitas Andalas (Unand) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A fkep.Unand.ac.id

PSIK Unand berdiri sejak tahun 1999. Kampus dari PSIK Unand ini terletak di ibu kota Provinsi Sumatra Barat, Padang. Tidak hanya Program S1 dan Program Profesi Ners, Keperawatan Unand juga telah membuka Program Magister Keperawatan.

Peminatan yang ditawarkan di Program Magister Keperawatan adalah Manajemen Keperawatan,  Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak, Keperawatan Medikal Bedah, dan Keperawatan Komunitas.

6. Universitas Gadjah Mada (UGM) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A instagram.com/syf.gisela

PSIK UGM merupakan salah satu program studi di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM.  Hampir setiap tahun PSIK UGM selalu meraih peringkat 1 dalam Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI), dimana UKNI sendiri ini diikuti oleh hampir seluruh institusi pendidikan keperawatan di Indonesia.

Pada tahun 2017, PSIK UGM lolos sertifikasi AUN (Asean University Network) – QA. Dilansir dari laman keperawatan.ugm.ac.id, AUN Quality Assurance (AUN-QA) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN.

Singkatnya sertifikasi ini dapat menjadi jaminan bahwa PSIK UGM adalah program studi yang berkualitas di tingkat ASEAN.

7. Universitas Indonesia (UI) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A Instagram.com/nursing_universitasindonesia

UI merupakan perintis pertama adanya sarjana keperawatan di Indonesia yaitu pada tahun 1985. FIK UI menjadi perguruan tinggi pertama pula yang memiliki profesor atau guru besar di bidang keperawatan. Sampai hari ini di FIK UI terdapat 7 profesor keperawatan dan merupakan jumlah profesor keperawatan terbanyak di antara institusi keperawatan lainnya di Indonesia.

FIK UI memang layak disebut sebagai pelopor ilmu keperawatan di Indonesia. Selain sebagai pendiri pertama jurusan sarjana keperawatan, FIK UI juga yang pertama kali membuka kelas spesialis keperawatan. Pendidikan spesialis keperawatan dapat diperoleh oleh seorang perawat yang telah lulus sarjana, profesi, magister.

Program spesialis keperawatan yang diselenggarakan FIK UI yaitu Spesialis Keperawatan Medikal Bedah (Sp.Kep.MB), Spesialis Keperawatan Jiwa (Sp.Kep.J), Spesialis Keperawatan Komunitas (Sp.Kep.Kom), Spesialis Keperawatan Maternitas (Sp.Kep.Mat), dan Spesialis Keperawatan Anak (Sp.Kep.A).

8. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta  

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A instagram.com/fikesuinjktofficial

PSIK merupakan satu dari empat program studi yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UIN Syarif Hidayatullah. Kampus PSIK UIN Syarif Hidayatullah terletak di Ciputat, Tangerang Selatan. Dalam melakukan praktik pendidikannya, program studi ini bekerja sama dengan berbagai institusi pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang, Rumah Sakit Pangkalan Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Rumah Sakit Dharma Graha, Rumah Sakit Marzoeki Mahdi Bogor, Puskesmas Pisangan, Puskesmas Ciputat Timur, dan lain sebagainya.

PSIKUIN Syarif Hidayatullah Jakarta aktif dalam berbagai kegiatan yang memajukan dunia keperawatan baik tingkat wilayah maupun nasional salah satunya dengan selalu aktif bekerja sama dengan PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) dan ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan).

9. Universitas Sriwijaya (Unsri) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A instagram.com/perawatunsri2018

PSIK Unsri terletak di Palembang, Sumatra Selatan. Sama seperti sebagian besar PSIK diatas bahwa PSIK Unsri ini juga menyelenggarakan jurusan keperawatan tingkat sarjana dan profesi Ners.

Berada di bawah nama besar Universitas Sriwijaya, membuat program studi ini menjadi salah satu program studi favorit di kalangan masyarakat Palembang. Salah satu keunggulan program studi ini adalah keaktifan mahasiswanya dalam berorganisasi yang terbentuk dalam BEM KM PSIK FK Unsri.

Lembaga mahasiswa ini selalu aktif berpartisipasi dalam organisasi wilayah maupun nasional bersama ILMIKI.

10. Universitas Sumatera Utara (USU) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A fkep.usu.ac.id

Perjalanan PSIK USU bisa dibilang cukup menantang. Pasalnya, PSIK USU yang awalnya berdiri pada tahun 1995 ini sempat diberhentikan operasionalnya disebabkan belum adanya tenaga pengajar yang berlatar belakang Sarjana Keperawatan. Padahal saat itu pembelajaran sudah berjalan selama 2 semester. Akhirnya, pada tahun 1999, dengan memenuhi berbagai persyaratan, PSIK USU dibuka kembali.

Terlepas dari sejarah yang cukup menantang tersebut, PSIK USU merupakan salah satu PSIK yang berprestasi di Indonesia. Berbagai kompetesi tingkat lokal maupun nasional diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa PSIK USU dan pulang dengan kemenangan seperti Juara 1 Lomba Poster Nasional di Nursing Scientific Festival 2019 Universitas Brawijaya Malang, Juara 1 Video Edukasi Scientific of Jember Nursing College (Sci-JNC) Universitas Jember 2019, dan masih banyak lagi.

11. Universitas Padjadjaran (Unpad) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A instagram.com/yulialatifah

Kampus Fakultas Keperawatan Unpad terletak di Jl. Raya Bandung-Sumedang, Jatinangor, Jawa Barat. Fakultas Keperawatan Unpad menyelenggarakan Program Studi Sarjana Keperawatan, Program Profesi Ners, dan Program Studi Magister Keperawatan.  Dikutip dari laman fkep.unpad.ac.id, keunggulan Fakultas Keperawatan Unpad terletak pada adanya penyelenggaraan mata kuliah pilihan untuk program studi sarjana keperawatan.

Adapun mata kuliah pilihan tersebut adalah Bahasa Arab, Bahasa Jepang, entrepreneurship, dan terapi komplementer (hypnotherapy, acrupressure, massage therapy, dan aroma therapy).

12. Universitas Diponegoro (Undip) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A instagram.com/ dyatmaputra

Dilansir ners.fk.undip.ac.id awal mula berdirinya Program Sarjana Keperawatan Undip didahului dengan dibukanya Program D4 Keperawatan. Program D4 tersebut pertama kali dibuka tahun 1998 berlanjut hingga tahun 2000.

Namun setelah melalui berbagai proses dan adanya SK dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), dibukalah Program Sarjana Keperawatan secara resmi pada tahun 1999. Dimana selama satu tahun setelah itu program D4 masih berjalan, dan ditutup pada tahun 2000.

Dalam rangka melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Departemen Ilmu Keperawatan FK Undip turut aktif menyelenggerakan berbagai bentuk pengabdian masyarakat serta penelitian. Pengabdian masyarakat keperawatan Undip memiliki program-program unggulan seperti perawat pendidik bagi penderita diabetic, kesehatan sekolah dan home health care.

13. Universitas Airlangga (Unair) 

13 Universitas Negeri dengan Jurusan S1 Keperawatan Terakreditasi A ners.unair.ac.id

Selain menyelenggarakan program studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Keperawatan (FKP) Unair juga menyelenggerakan tiga program studi lainnya yaitu Magister Keperawatan, Spesialis Keperawatan Medikal Bedah, dan Program Doktor Keperawatan. 

Sebagai salah satu institusi pendidikan keperawatan terbaik di Indonesia, FKP Unair terus mengembangkan kerja sama internasional di antaranya kerja sama dengan King Abdul Aziz University dan menerima kunjungan mahasiswa Japanese Red Cross Kyushu International College of Nursing (JRCKICN).

FKP Unair juga turut aktif dalam kegiatan lokal dengan perawat-perawat di Jawa Timur salah satunya berpartisipasi melalui pemecahan rekor MURI bersama perawat Jawa Timur dalam memberikan edukasi Bantuan Hidup Dasar kepada masyarakat dengan jumlah peserta terbanyak.

Nah itu tadi 13 universitas negeri yang memiliki program sarjana keperawatan dengan akreditasi A di Indonesia versi BAN-PT. Perlu diketahui, bahwa urutan nomor diatas bukan urutan peringkat ya. Semuanya disamaratakan dengan gelar akreditasi A yang diperoleh dari BAN-PT. Jadi sekarang kamu pilih daftar di mana?

Baca Juga: Hari Perawat, 5 Hal yang Harus Diketahui tentang Jurusan Keperawatan

Astuti Utik Photo Writer Astuti Utik

INFJ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya