Comscore Tracker

5 Kampus Swasta Indonesia Terbaik QS Asia University Ranking 2020

Adakah universitas impian kamu?

Buat kamu anak kelas 12 SMA mungkin sekarang ini sedang bingung mencari informasi mau kuliah di mana.  Salah satu cara mengetahui kualitas suatu perguruan tinggi adalah dengan melihat QS World University Ranking.

Sistem peringkat tersebut diperbaharui setiap tahun dan merupakan salah satu peringkat universitas yang bergengsi di internasional. Untuk peringkat di area Asia sendiri dinamakan QS Asia University Ranking.

Sampai saat ini universitas-universitas negeri di Indonesia lebih mendominasi peringkat tertinggi di antara universitas swasta. Eits, tapi jangan patah semangat! Universitas swasta Indonesia pun ada yang masuk ranking 500 besar QS Asia University Ranking 2020 lho, apa sajakah universitas-universitasnya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Universitas Bina Nusantara (UBINUS)

5 Kampus Swasta Indonesia Terbaik QS Asia University Ranking 2020instagram.com/binusuniversityofficial

UBINUS berada di peringkat 234, menjadi universitas swasta di Indonesia dengan peringkat tertinggi QS Asia University Ranking 2020. Universitas ini juga satu-satunya universitas swasta yang meraih bintang 4.

Menurut QS Writer, pemberian kategori bintang (QS Stars University Ratings) ini didasarkan pada penilaian secara mendetail terkait program-program pendidikan, fasilitas, riwayat kerja alumni, tanggung jawab sosial, inklusivitas, dan lainnya. Selain masuk 500 besar peringkat Asia, UBINUS juga masuk dalam 600 besar QS WUR by Subject Ranking for Computer Science 2020, lho!

Kampus pusat UBINUS terletak di Jakarta Barat. Awalnya, UBINUS merupakan sebuah lembaga kursus komputer modern yang dibangun pada tahun 1974. Seiring berjalannya waktu, lembaga tersebut berkembang menjadi sebuah Akademi Teknik Komputer kemudian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) hingga saat ini telah menjadi universitas.

Berbagai program studi dapat dipilih di universitas ini mulai dari ekonomi dan keuangan, seni dan desain, bisnis, komunikasi, komputer, humaniora, dan teknik. UBINUS menawarkan berbagai program yaitu S1, S1 Internasional, Double Degree, Online Program, dan Master Track Program.

Master Track Program menjadi salah satu program unggulan UBINUS di mana mahasiswa di beberapa program studi dapat menyelesaikan S1 dan S2 secara langsung berkesinambungan hanya dalam waktu 4,5 tahun.

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya)

5 Kampus Swasta Indonesia Terbaik QS Asia University Ranking 2020instagram.com/unikaatmajaya

Universitas yang mempunyai motto “Terpercaya Kualitas Lulusannya, Kristiani, Unggul, Profesional, Peduli” ini berada di peringkat 451-500 QS Asia University Ranking dengan QS Stars University Ratings 3. QS Stars Unika Atma Jaya pada poin kemampuan kerja dan tanggung jawab sosial mendapatkan bintang 5.

Unika Atma Jaya menawarkan program pendidikan sarjana, magister, hingga doktoral. Universitas ini adalah salah satu universitas dengan fakultas terlengkap dengan adanya Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Teknik, dan lain-lain.

Kampus utama terletak di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan. Dua kampus lainnya berada di Pluit, Jakarta Utara dan BSD, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Daftar 5 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020, Cek Kampusmu

3. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

5 Kampus Swasta Indonesia Terbaik QS Asia University Ranking 2020Instagram.com/unparofficial

Universitas yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini berada pada peringkat 451-500 QS Asia University Ranking 2020 dengan QS Stars 3. Universitas Katolik Parahyangan atau yang dikenal dengan nama UNPAR berdiri pada tahun 1955 oleh Keuskupan Bandung.

Awal mula berdirinya belum terbentuk sebagai universitas, akan tetapi dimulai dengan Akademi Perniagaan. Baru pada tahun 1961, resmi menjadi sebuah universitas dengan 4 fakultas ekonomi, hukum, teknik, dan sosial politik. Hingga saat ini, UNPAR telah memiliki 7 fakultas dengan program dimulai dari diploma 3, sarjana, pasca sarjana, dan doktoral.

4. Telkom University

5 Kampus Swasta Indonesia Terbaik QS Asia University Ranking 2020Instagram.com/telkomuniversity

Sama dengan dua universitas sebelumnya, Unika Atma Jaya dan UNPAR, Telkom University berada pada ranking 451-500 QS Asia University Ranking 2020. Secara keseluruhan, QS Stars University Ratings mendapatkan peringkat bintang 3. Namun, pada poin-poin tertentu, mendapatkan peringkat bintang 5 yaitu poin kemampuan kerja, inklusivitas, inovasi, dan metode pengajaran.

Telkom University berdiri di atas tanah seluas 55 hektar di Bandung, Jawa Barat. Universitas ini diresmikan pada tahun 2013 yang merupakan gabungan dari empat Perguruan Tinggi Swasta yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). IM Telkom, IT Telkom, dan STISI Telkom sendiri berdiri pada tahun 1990. Saat ini, Telkom University telah memiliki 7 fakultas dengan 32 program studi.

5. Universitas Islam Indonesia (UII)

5 Kampus Swasta Indonesia Terbaik QS Asia University Ranking 2020Instagram.com/uiistory

UII meraih QS Stars 3 dengan 4 poin diantaranya meraih bintang 5 yaitu poin fasilitas, tanggung jawab sosial, kemampuan kerja, dan inklusivitas. Dilihat dari peringkat QS Asia University Ranking, kampus yang berpusat di Yogyakarta ini berada pada ranking 451-500.

Sekolah Tinggi Islam (STI) merupakan nama awal saat UII berdiri. Universitas ini merupakan universitas swasta pertama di Indonesia yang berdiri pada 8 Juli 1945. Pada awalnya, STI atau UII berdiri di Jakarta, kemudian pada tahun 1946 resmi dibuka di Yogyakarta, hingga kini tetap berada di Yogyakarta.

UII memiliki 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi. Adapun berbagai disiplin ilmu mulai dari kedokteran, teknik, keagamaan, dan masih banyak lagi diselenggarakan di universitas ini.

Nah, itu tadi 5 universitas swasta di Indonesia yang bisa kamu pilih. Beragam disiplin ilmu ditawarkan di universitas-universitas tersebut dan tentunya kualitasnya sudah tidak diragukan lagi, kan? Masih bingung mau pilih yang mana?

Baca Juga: 7 Fakta The University of Sydney, Mantan Kampus Sherina Munaf

Astuti . Photo Writer Astuti .

menulis, air putih, dan sendiri menjadi pelengkap kepercayaan diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya