Comscore Tracker

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Korea

Ryouri memiliki pelafalan yang mirip dengan yori

Terletak di wilayah Asia Timur, Jepang dan Korea memiliki banyak kesamaan. Misalnya budaya membungkuk, kebiasaan makan menggunakan sumpit, hingga penguasaan teknologi yang canggih. 

Tidak hanya itu, kedua negara maju itu juga memiliki kosakata bermakna sama yang pelafalannya tidak jauh berbeda, lho! Apa saja, ya? Keep reading!

1. Waktu

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreaalmanac.com

Waktu atau jam menjadi kosakata penting yang harus kamu kuasai sebelum melancong ke Jepang maupun Korea. Dalam bahasa Jepang, waktu disebut jikan (時間・じかん). Cuma beda huruf awal, orang Korea menyebut waktu dengan sigan (시간).

2. Membaca

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreaoxfordlearning.com

Siapa yang hobi membaca buku, artikel, atau majalah? Dalam bahasa Jepang, kamu bisa menyebutkan dokusho (読書・どくしょ) saat memperkenalkan kegiatan favoritmu. Kalau dalam bahasa Korea, hobi ini bisa diucapkan sebagai doekseo (덕서). Mirip ya?

3. Era

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreawikipedia.org

Kaya akan berbagai budaya lintas zaman, Jepang dan Korea banyak menyuguhkan wisata kuno yang menarik. Saat mengunjungi bangunan lama di Jepang, kamu akan banyak mendengar jidai (時代・じだい) yang berarti zaman. Sedangkan di Korea, zaman disebut sidae (시대).

Baca Juga: 10 Kosakata Peralatan Makeup yang Sering Muncul di Drama Korea

4. Makanan

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreakorea.net

Selain kental akan budaya, Jepang dan Korea juga dikenal karena makanannya yang lezat. Kamu dapat mengatakan ryouri (料理・りょうり) untuk menyebutkan makanan dalam bahasa Jepang. Gak jauh beda, yori (요리) berarti makanan dalam bahasa Korea.

5. Tahun

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreafreepik.com/pvproductions

Untuk menyebutkan tahun, kamu bisa menyebut nen (年・ねん) dalam bahasa Jepang dan nyeon (년) dalam bahasa Korea. Kedua kata tersebut menempel di belakang tahun yang kamu sebutkan. Misalnya untuk menyebutkan tahun 2021, kamu dapat melafalkan ni sen ni juu ichi nen (二千二十一年・にせんにじゅういち年) dalam bahasa Jepang. Sementara dalam bahasa Korea, tahun 2021 disebut i cheon i ship il nyeon (이천이십일년). 

6. Foto atau gambar

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreabusinessinsider.in

Saat pergi jalan-jalan baik ke dalam ataupun luar negeri, banyak orang mengabadikan momen dengan berfoto. Dalam bahasa Jepang, foto disebut shashin (写真・しゃしん). Kalau di bahasa Korea, gunakan sajin (사진) untuk menyebut foto atau gambar. Simpel banget, ya?

7. Alasan

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreamentalfloss.com

Penggemar drama Korea pasti akrab sama kata iyu (이유) yang berarti alasan atau sebab. Dalam bahasa Jepang, ada kata riyuu (理由・りゆう) yang berarti sama. Pelafalannya mirip banget, kan? Coba deh, dibaca berulang-ulang!

8. Dokter

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreadnaindia.com5

Dokter merupakan salah satu profesi penting di bidang kesehatan. Nah, untuk menyebutkan profesi ini dalam bahasa Jepang, kamu bisa menggunakan kata isha (医者・いしゃ). Sementara dalam bahasa Korea, dokter disebut euisa (의사). Simpel banget, ya?

9. Rumah sakit

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreainudgeyou.com

Masih berkaitan dengan dokter dan kesehatan, rumah sakit menjadi fasilitas yang penting dan wajib kamu ingat. Gak jauh beda, dalam bahasa Jepang rumah sakit disebut byouin (病院・びょういん), sedangkan dalam bahasa Korea kamu bisa menyebut byeongwon (병원).

10. Janji

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreainc.com

Kamu pasti sering mendengar ungkapan janji adalah hutang, kan? Dalam bahasa Jepang, kamu bisa menyebutkan yakusoku (約束・やくそく) untuk mengganti kata sakral tersebut. Ternyata pelafalan yakusoku mirip sama pelafalan yaksog (약속) dalam bahasa Korea, lho!

11. Keluarga

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreaplaces.branipick.com

Gak jauh beda sama yakusoku dan yaksog, kosakata yang berarti keluarga dalam bahasa Jepang dan Korea juga memiliki kesamaan pelafalan. Kamu dapat menggunakan kazoku (家族・かぞく) untuk menyebut keluarga dalam bahasa Jepang dan gajok (가족) dalam bahasa Korea. Mudah diingat, kan?

12. Sejujurnya

Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Koreathejakartapost.com

Kata shoujiki (正直・しょうじき) dan soljiki (솔직히) pasti sering kamu dengar dalam anime dan drama. Dalam serial romantis, biasanya kedua kata ini muncul saat seseorang mengungkapkan perasaan kepada lawan jenis.

Nah, itu tadi sederet kosakata bahasa Jepang yang mirip dengan bahasa Korea. Bermakna sama dan memiliki pelafalan tidak jauh berbeda, kedua bahasa tersebut mudah dipelajari, ya?

Baca Juga: 12 Makna Kosakata Bahasa Korea yang Sering Muncul di Drakor

Aurora Jang Photo Verified Writer Aurora Jang

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya