Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Karya Penulis Lokal

Rupanya karya penulis lokal tidak kalah keren

Kita seringkali melihat pada deretan buku-buku bestseller di toko buku dipenuhi oleh penulis luar negeri, terutama pada tema pengembangan diri. Tapi jangan salah, ada juga penulis-penulis lokal yang berhasil menerbitkan buku-buku pengembangan diri yang berkualitas juga lho. Dan bahkan ada yang masuk dalam kategori ringan bacaan namun tetap mudah dimengerti.

Untuk kamu yang sedang mencari-cari rekomendasi buku pengembangan diri, barangkali salah satu dari lima buku ini bisa dijadikan wish list dahulu. 

1. This Is Me! Whatever You Say - Muhajjah Saratini

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Karya Penulis Lokalilustrasi buku this is me! whatever you say (instagram.com/klikmedia)

Buku ini menitikberatkan pesan agar supaya mengutamakan diri sendiri. Di sini juga terselip pesan kepada pembaca untuk terus mengasah diri dalam hal kreativitas dan terus berupaya menggali kemampuan agar tidak tertinggal dan sanggup mencapai tujuan.

Penulis juga memaklumkan segala salah atau gagal bagi diri kita. Karena kapasitas manusia berbeda beda, dengan kemudahan dan kesulitan masing-masing. Maka dari itu, kita tidak boleh memaksa diri untuk sama dengan pencapaian orang lain.

2. Duduk Dulu - Syahid Muhammad

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Karya Penulis Lokalilustrasi buku Duduk Dulu (instagram.com/astyseptianingsih)

Buku yang mengemas dengan apik mengenai arti-arti kehidupan ini memang sangat pas dibaca manakala kita sedang rehat dan duduk dari kesibukan. Dalam buku ini, penulis mengingatkan kita sebagai manusia yang mana sikap-sikap buruk akan senantiasa menempel dalam diri, sebagaimana kodrat manusia umumnya.

Dengan bahasa yang sederhana maka buku ini terbilang ringan serta mudah dipahami oleh pembaca tanpa mengurangi khidmat ketika membacanya.

3. Insecurity - Alvi Syahrin

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Karya Penulis Lokalilustrasi buku Insecurity (instagram.com/alvisyhrn)

Membaca buku ini akan serasa seolah merelaksasikan diri. Meskipun dalam kategori yang ringan dibaca, pembaca akan mudah memahami maksud penulis mengenai cara mengendalikan sikap insecure yang menjadi momok bagi isi kepala. 

Penulis juga mengajak pembaca berdiskusi agar kita sama-sama menjadi bermanfaat dengan menjadi diri sendiri. Serta juga menghargai dan mengapresiasi diri yang telah berjuang sampai sejauh ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Bersampul Hitam, Menarik Hati!

4. Banyak yang Nggak Betah Jadi Manusia - Indra Sepraneldi

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Karya Penulis Lokalilustrasi buku banyak yang nggak betah jadi manusia (instagram.com/pastirindu)

Dengan mengedepankan kompleksnya peristiwa dalam kehidupan manusia tentu pembaca akan merasa sama-sama pernah menjadi yang penulis rasakan. Mulai dari keresahan, kegagalan, bahkan dunia asmara pun dirangkum dengan diksi sederhana dan indah dalam buku ini.

Penulis juga mengisyaratkan kepada pembaca bahwa rasa nggak betahan ini sementara saja, selagi masih ada keinginan menyanggupi keadaan kemudian menyikapinya tentu semua akan baik-baik saja.

5. Self Love - Janeera Amba

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Karya Penulis Lokalilustrasi buku Self Love (instagram.com/klikmedia)

Sudah sepatutnya kita mencintai diri sendiri tanpa syarat, barangkali begitulah inti pokoknya dalam buku ini. Adapun bagian yang mengingatkan kita tidak boleh mencemaskan masa depan, karena itulah bagian dari misteri kehidupan. Kita hanya boleh fokus terhadap suatu hal yang sedang kita kerjakan.

Nah, dari lima buku di atas sudahkan ada yang sesuai dengan kriteria yang kamu baca? Atau malah bingung karena karya-karya penulis lokal pun berkualitas. Tetapi intinya, buku tersebut akan mengingatkan kita untuk mencintai diri sendiri.

Baca Juga: Mau Memperbaiki Diri? Intip 6 Rekomendasi Buku Bertema Habits

Bagus Riyantiarno Photo Writer Bagus Riyantiarno

Penulis buku, penikmat puisi dan prosa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya