Comscore Tracker

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Adanya Pembelajaran Online

Yuk, lihat sisi positifnya!

Ketika berada di kondisi saat ini, seluruh pelajar dari tingkatan PAUD hingga perguruan tinggi dituntut oleh pemerintah untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara online. Pembelajaran online dianggap membosankan dan menyusahkan oleh para pelajar. Namun, dibalik pembelajaran online ini, kamu bisa mendapat pelajaran yang sangat berharga, lho!

Berikut akan ada ulasan mengenai 5 pelajaran berharga yang bisa kamu petik dari adanya pembelajaran online. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Mengumpulkan tugas tepat waktu  

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Adanya Pembelajaran OnlinePexels/Ekaterina Bolovtsova

Pelajaran pertama yang bisa kamu petik dengan adanya belajar online adalah mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Terkadang saat pembelajaran secara manual, dirimu akan sepele untuk mengerjakan tugas, sebab adanya dispensasi yang biasanya diberikan oleh gurumu.

Namun, bila sudah belajar online, maka kamu harus mengikuti deadline yang diberikan oleh guru mu untuk mengumpulkan tugas. Sebab, bila kamu terlambat semenit saja mengumpulkan tugas, dari waktu yang telah ditetapkan, maka akan langsung tercatat dan otomatis nilaimu pun akan dikurangi.

2. Belajar untuk fokus mengikuti kegiatan pembelajaran  

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Adanya Pembelajaran OnlinePexels/Julia M Cameron

Saat mengikuti pelajaran secara online di rumah, kamu dituntut untuk bisa fokus mengikuti pembelajaran. Sebab, adanya keterbatasan untuk bertanya mengenai materi yang diajarkan oleh gurumu dan dirimu tidak dapat berdiskusi secara leluasa dengan teman sekelas.

Berbeda saat pembelajaran secara manual, yang memungkinkan dirimu untuk bertanya berulang-ulang kepada guru ataupun bisa berdiskusi bersama teman mengenai materi pembelajaran yang diajarkan. Sehingga, dengan adanya keterbatasan ini, dirimu dituntut untuk dapat fokus kepada pembelajaran yang diajarkan.

Baca Juga: 5 Platform Belajar Online yang Bisa Kamu Ikuti Secara Gratis di Rumah

3. Mandiri untuk mengerjakan tugas 

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Adanya Pembelajaran OnlinePexels/Julia M Cameron

Adanya pembelajaran secara online ini, juga mendorong dirimu untuk bisa belajar mandiri dalam mengerjakan tugas. Sebab, saat pembelajaran manual, kamu dapat mengerjakan tugas bersama dengan teman-temanmu atau bahkan menyontek tugas temanmu. Namun, jika pembelajaran dilakukan secara online, maka dirimu akan terbatas untuk menyontek ataupun bekerja sama dengan teman mu dalam mengerjakan tugas.

4. Belajar untuk berhemat  

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Adanya Pembelajaran OnlinePexels/Joslyn Pickens

Ketika dirimu harus belajar di rumah secara online, maka hal itu mengajarkan dirimu untuk belajar berhemat. Pasalnya, jika dirimu bersekolah seperti biasa, maka akan ada banyak pengeluaran yang harus kamu keluarkan. Mulai dari uang saku, ongkos transportasi ke sekolah hingga uang percetakan tugas.

Dengan adanya pembelajaran online, pengeluaran-pengeluaran yang disebutkan tadi, tidaklah perlu kamu keluarkan. Sehingga, dengan begitu kamu dapat belajar berhemat dan menyimpan uangnya untuk hal yang lebih berguna.

5. Mengenal lebih lagi tentang teknologi  

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Adanya Pembelajaran OnlinePexels/Julia M Cameron

Pelajaran terakhir yang bisa kamu petik dari adanya pembelajaran secara online adalah dirimu mengenal lebih lagi tentang teknologi. Pembelajaran secara online ini juga menuntut dirimu untuk bisa semakin melek terhadap adanya teknologi.

Sebab, mulai dari proses pembelajaran hingga pengumpulan tugas akan dilakukan secara online dan membutuhkan keahlian yang mumpuni dalam menggunakan teknologi.

Intinya, tidak selamanya bahwa pembelajaran online itu berdampak buruk bagi kamu, tetapi ada banyak dampak positif yang boleh kamu petik dari adanya pembelajaran online ini.

Baca Juga: Curhat Ibu soal Belajar Online, Tak Efektif hingga Harus Ekstra Sabar

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya