4 Hal Simple yang Mendukung Pendidikan Karaktermu di Sekolah

Mulai dari dirimu sendiri #4GPlusKuat #MakinKuatInternetan

Perkembangan zaman yang semakin modern membuat pendidikan karakter semakin diremehkan. Nilai-nilai etika serta nilai luhur yang dulunya dijunjung tinggi, kini kurang diperhatikan oleh para pelajar. Tak jarang banyak kasus memprihatinkan di sekolah yang akhir-akhir ini terjadi. Para pelajar seolah berani dan tak takut menantang guru atau pegawai di sekolahnya.

Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa pendidikan karakter sangat perlu untuk ditekan sehingga pendidikan bangsa ini dapat melahirkan generasi dengan berkepribadian luhur. Dalam mendukung pendidikan karakter, kamu tidak saja hanya berharap serta berpatokan pada guru ataupun orang tua. Kamu juga bisa melibatkan dirimu pada hal-hal yang terkesan sederhana dan simpel, namun sangat bermanfaat. Berikut 4 hal yang dapat kamu lakukan!

1. Rajin mengikuti kegiatan keagamaan

4 Hal Simple yang Mendukung Pendidikan Karaktermu di Sekolahunsplash.com/Ben White

Salah satu nilai yang penting dalam pendidikan karakter adalah nilai religius. Nilai ini akan makin berkembang seiring rajinnya kamu mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah maupun di luar sekolah. Kegiatan keagamaan tentu saja dapat meningkatkan sikapmu ke arah yang lebih baik dalam hal relasimu dengan Tuhan maupun relasimu dengan sesama.

2. Menekuni kegiatan pramuka

4 Hal Simple yang Mendukung Pendidikan Karaktermu di Sekolahunsplash.com/irvin Macfarland

Pramuka merupakan salah satu kegiatan di sekolah yang mampu membentuk karaktermu agar semakin kuat. Pramuka dapat menanamkan banyak nilai-nilai penting seperti kebersamaan, disiplin, kepedulian serta kepemimpinan. Nilai-nilai tersebut tentu saja akan mencegahmu untuk bersikap individualistik, namun mendukungmu untuk bekerja sama dan menghormati sesama.

Baca Juga: 6 Tips Pendidikan Karakter Sederhana dari Sekolah di Jepang

3. Melakukan diskusi kecil dengan teman-teman disekelilingmu

4 Hal Simple yang Mendukung Pendidikan Karaktermu di Sekolahunsplash.com/Boxed Water Is Better

Hal sederhana lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan diskusi kecil dengan teman-temanmu. Dalam diskusi itu kalian dapat membahas tentang nilai-nilai karakter yang umum serta sederhana seperti sopan santun maupun kejujuran. Tak perlu luas, kamu dapat mendukung pendidikan karakter dengan mempengaruhi teman-teman disekelilingmu.

4. Membaca, menonton serta membagikan konten-konten positif di medsos

4 Hal Simple yang Mendukung Pendidikan Karaktermu di Sekolahunsplash.com/Tinh Khuong

Media sosial menjadi hal yang paling banyak diminati oleh generasi millennials masa kini. Kamu dapat memanfaatkan hal tersebut dengan menonton konton-konten positif di YouTube atau membaca tulisan-tulisan yang bersifat motivasi dan membangun. Semua ilmu itu dapat kamu bagikan ke media sosialmu dan secara tidak langsung kamu menanamkan nilai-nilai karakter dalam pribadi teman-temanmu yang ikut membaca atau menonton konten yang kamu share.

Namun tak bisa dihindari dalam bersosial media, kamu membutuhkan koneksi internet yang cepat dan juga luas. Tak usah khawatir, kini IM3 Ooredoo menghadirkan produk yang cocok buatmu. Dengan jaringan #4GPlusKuat, koneksi internetmu dijamin stabil dan lancar serta #MakinKuatInternetan sehingga kamu dapat dengan mudah berselancar di media sosial sambil mendukung pendidikan berkarakter di sekolah tanpa khawatir adanya gangguan jaringan internet. Info lengkap soal jaringan 4G Plus IM3 Ooredoo, kamu bisa akses disini indosatooredoo.com/4gplus.

Nah, itulah 4 hal simple nan sederhana namun bisa memberi pengaruh positif dalam mendukung pendidikan berkarakter bagi generasi millennials di Indonesia. Yuk terapkan 4 hal sederhana ini dan dukunglah pendidikan karakter mulai dari pribadimu sendiri dan orang-orang disekitarmu.

Baca Juga: Cerita Seputar Internet Dapat 15 Juta Rupiah? Simak Caranya di Sini!

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You