Comscore Tracker

Waspada Aplikasi Perbankan Kamu Diretas, Ini 5 Tipsnya Biar Aman

Please kenali modus jahatnya guys!

Kamu yang menggunakan aplikasi perbankan, khususnya BCA, perlu mengetahui betapa pentingnya user ID dan password untuk dapat menikmati layanan seperti BCA mobile, myBCA, dan lain sebagainya. Penting juga bagi kamu saat membuat user ID dan password harus dilakukan sendiri karena sifatnya rahasia dan juga yang tidak mudah ditebak.  

Kalau mudah ditebak, para fraudster yang melakukan kejahatan cyber akan mudah membobol aplikasi perbankanmu. Modus para penipu itu meretas secara acak dengan menebak user ID dan password yang punya kombinasi lemah. 

Setelah berhasil meretas, penipu akan menghubungimu melalui telepon, chat, atau apapun dan mengaku dari BCA. Setelah itu penipu akan melakukan segala hal untuk dapatkan data pribadimu lainnya agar dapat akses finansial dan uang kamu bisa jadi raib tak bersisa. 

Ada banyak kejadian tersebut yang terjadi. IDN Times juga pernah mengulasnya, modus penipuan mengatasnamakan BCA dari nomor palsu seperti +6221-1500888/021-500888 dan sebagainya. Lalu meminta OTP, BCA ID, dan sebagainya.  

Nah, kamu gak ingin ini terjadi, ‘kan? IDN Times ingin kasih tips untuk buat user ID dan password yang aman nih. Simak lengkapnya di bawah ya dan jangan di-skip!

1. Buat user ID dengan kombinasi yang kompleks

Waspada Aplikasi Perbankan Kamu Diretas, Ini 5 Tipsnya Biar AmanSalah satu layanan BCA yaitu BCA mobile (Shutterstock/Shalstock)

Hal yang utama agar tak diretas adalah buatlah username atau user ID yang tidak mudah ditebak. Tingkatkan kompleksitasnya dengan menggunakan kombinasi angka dan huruf. Untuk BCA ID dibutuhkan 6 sampai 21 karakter. 

Hindari menggunakan nama seperti: Kasino01, Indro08, Dono04, dan lain-lain. Buatlah yang lebih kompleks dan tak mudah ditebak, tapi mudah kamu ingat. Misalnya saja menggunakan kalimat seperti ini: HidupDiDepok2, Tiap2MingguPergi, Just4You, dan lain-lain. 

Baca Juga: 4 Jenis Penipuan Kripto dan Cara Menghindarinya

2. Buat password dengan berbagai kombinasi

Waspada Aplikasi Perbankan Kamu Diretas, Ini 5 Tipsnya Biar AmanIlustrasi seseorang membuat kombinasi password (Shutterstock/Song_about_summer)

Pastikan password kamu juga harus kompleks ya guys. Gunakan kombinasi angkat, huruf kecil, huruf kapital dan/atau karakter spesial (untuk BCA ID: 8 - 24 karakter). Gunakan yang lebih sulit tetapi masih mudah untuk kamu ingat. 

Misalnya seperti Sama2Pemalas!, Jalan2Solo&Jogja, I<3You!, dan sebagainya. Kamu juga bisa menggunakan huruf pertama dari sebuah kalimat misalnya Bpssa-12E (Binatang Peliharaan Saya Semuanya Ada 12 Ekor). Hindari ya contoh password tidak aman seperti Password111. Big no!

3. Pastikan kombinasi angka PIN juga sulit ditebak

Waspada Aplikasi Perbankan Kamu Diretas, Ini 5 Tipsnya Biar AmanIlustrasi keamanan dalam dunia perbankan (Shutterstock/Tero Vesalainen)

Selanjutnya, kamu perlu membuat enam digit angka untuk PIN transaksi yang sulit ditebak orang lain tetapi kamu bisa ingat. Bebas saja, pokoknya yang penting hindari penggunaan atau pembuatan PIN dengan kombinasi yang mudah ditebak dan lemah seperti tanggal lahir contohnya 260790, urutan angka seperti 123456, atau pengulangan misalnya 111222.

Semakin mudah angka yang kamu pilih, justru itu secara tidak sadar membuat celah untuk diretas lho. Jadi, jangan deh. Bisa menyesal nantinya lho!

4. Jangan mudah percaya oknum yang mengaku dari BCA

Waspada Aplikasi Perbankan Kamu Diretas, Ini 5 Tipsnya Biar AmanIlustrasi aksi penipuan melalui sambungan telepon (Shutterstock/dly13)

Pastikan kamu tidak mudah percaya dengan oknum yang menghubungi atau mengaku dari BCA lalu menawarkan bantuan, menawarkan pembebasan admin fee, memandu membantu pembuatan BCA ID, atau apapun alasannya. 

Apalagi kalau oknum tersebut meminta data-data pribadi seperti BCA ID, password, PIN, dan hal rahasia lainnya. Bisa dipastikan itu adalah para penipu. Jadi, harus berhati-hati ya guys. Kalau ketemu seperti itu langsung matikan saja. Oke?

5. Jangan sebarkan kepada siapapun data rahasiamu

Waspada Aplikasi Perbankan Kamu Diretas, Ini 5 Tipsnya Biar AmanIlustrasi keamanan password pada laptop (Shutterstock/Rawpixel.com)

Ada berbagai data rahasia yang harus selalu kamu ingat dan tidak di-share ke siapapun. Seperti nomor kartu, kode OTP (one time password), kode CVV/CVC yang lokasi kodenya terletak di belakang kartu debit card kamu, PIN, user ID, password, dan lain sebagainya. 

Apabila kamu memerlukan bantuan atau informasi seputar pembuatan user ID dan password aplikasi BCA, bisa langsung menghubungi kontak resmi Halo BCA di 1500888. 

Yuk, jadi generasi anti modus yang selalu menjaga kerahasiaan data pribadi. Ikut perkembangan modus-modus penipuan lainnya di www.bca.co.id/awasmodus atau bisa klik di sini! (WEB)

Baca Juga: Tips Terhindar dari Penipuan via Telepon yang Catut Nama BCA

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya