Comscore Tracker

5 Negara dengan Konsep Ospek Kampus Terunik, Ada Indonesia Gak Ya? 

Indonesia ada diurutan ke berapa ya?

Beda negara, beda tradisi. Nggak hanya dalam segi bahasa, budaya, dan aspek lainnya, tapi ternyata konsep orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) pun berbeda lho. Kira-kira, di negara lain konsep ospeknya seperti apa ya? IDN Times sudah rangkum lima negara dengan konsep ospek terunik. Apakah Indonesia juga termasuk?

1. Jepang: senior ‘melayani’ junior sebagai pendamping

5 Negara dengan Konsep Ospek Kampus Terunik, Ada Indonesia Gak Ya? Shutterstock/OneStockPhoto

Kegiatan ospek di Jepang lebih mengutamakan hubungan antara senior dan junior. Makanya dalam acara ini, para senior justru diharuskan ‘melayani’ para juniornya. Para senior pun menjadi pendamping junior selama para junior beradaptasi dengan lingkungan kampus. Jadi bisa dibilang acara ini bermanfaat banget nih buat para junior yang baru masuk dunia universitas.

2. Skotlandia: junior menginap di rumah senior selama beberapa hari

5 Negara dengan Konsep Ospek Kampus Terunik, Ada Indonesia Gak Ya? Shutterstock/cornfield

Tradisi ospek di Skotlandia ini bisa dibilang cukup unik. Ospek di Skotlandia lebih dikenal dengan sebutan bagpipe. Saat ospek ini, para junior akan diajak untuk menginap di rumah senior sebagai bentuk mempererat persaudaraan. Lalu pada siang harinya, senior akan mengajak juniornya untuk berkeliling kampus. 

Nggak kalah seru saat malam hari nih. Junior yang menginap di rumah seniornya akan diajak melakukan kegiatan seru seperti nonton film bareng, sampai pesta kebun.

3. Indonesia: ospek online saat pandemik, unik!

5 Negara dengan Konsep Ospek Kampus Terunik, Ada Indonesia Gak Ya? Shutterstock/Syanti Ekasari

Di Indonesia sendiri, momen ospek nggak kalah unik. Di tengah pandemik, orientasi atau ospek tetap diselenggarakan. Caranya gimana? Tentunya via daring alias secara online. Nggak heran, para siswa dan mahasiswa harus mempersiapkan kuota untuk mengikuti ospek online ini. Tapi kamu nggak usah khawatir mikirin kuotanya gimana, karena sekarang by.U menggandeng institusi pendidikan untuk pembelajaran online

Buat kamu yang belum tahu. Jadi, provider by.U memberikan kuota belajar 10GB hanya Rp10,- yang dapat dibeli di aplikasi by.U. Kuota belajar 10GB dapat digunakan untuk mengakses platform conference call, seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, CloudX, dll, Selain itu kuota juga bisa digunakan untuk mengakses platform belajar, seperti Google Classroom, Zenius, Udemy, dll. Menarik banget ‘kan?

Kamu juga bisa mendaftarkan sekolah atau kampus kamu untuk bekerja sama dengan by.U. Caranya mudah, kamu dapat mengisinya di sini ya!

4. Belanda: tur budaya dan tempat bersejarah sekitar kampus

5 Negara dengan Konsep Ospek Kampus Terunik, Ada Indonesia Gak Ya? Shutterstock/Rawpixel.com

Ospek di Belanda lebih dikenal sebagai introduction week atau minggu pengenalan. Biasanya kegiatan lebih kental dengan wisata budaya. Jadi, mahasiswa baru akan didampingi senior untuk sekedar berjalan-jalan ke tempat bersejarah di area kampus. Bahkan di acara ospek ini, para junior diajak makan malam di rumah senior mereka agar hubungan antar senior dan junior tak berjarak dan makin akrab. Mantap!

5. Jerman: acara permainan seru hingga welcoming party

5 Negara dengan Konsep Ospek Kampus Terunik, Ada Indonesia Gak Ya? Shutterstock/Matyas Rehak

Kalau di Indonesia, kegiatan ospek bisa sampai seminggu, di Jerman berbeda nih. Ospek di Jerman berlangsung selama tiga hari saja. Selama tiga hari ini bakal diisi dengan pengarahan akademis secara umum, bahkan touring mengenal fasilitas kampus juga. Keseruan ospek nggak hanya sampai di situ saja. Bakal ada acara permainan seru dan juga welcoming party yang diselenggarakan oleh para senior di kampus.

Mana nih ospek kampus yang kamu impikan? Komen di bawah ya!

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya