Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Ospek Mahasiswa Baru ITB Unik, Kampusmu Gimana? 

Bukan perpeloncoan, ITB punya cara unik menyambut maba

Setelah wisuda online, kini dunia pendidikan kembali dihadapkan tantangan lainnya akibat pandemik. Kuliah online pun terus diperpanjang hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Apakah orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) juga ikut diurungkan? Ternyata Institut Teknologi Bandung  (ITB) melakukan hal yang berbeda lho, kampus kamu begini juga nggak?

1. Dilakukan secara online dari awal hingga akhir

5 Hal yang Bikin Ospek Mahasiswa Baru ITB Unik, Kampusmu Gimana? Shutterstock/Toyting

Sebelum resmi menjadi mahasiswa baru biasanya kampus menerapkan kegiatan ospek. Kegiatan ini digelar bukan tanpa maksud dan tujuan lho, ya. Melalui ospek, mahasiswa baru diajak mengenal dan memahami lingkungan kampus serta mekanisme yang berlaku di dalamnya.

Namun, karena situasi saat ini masih belum memungkinkan untuk melakukan kegiatan tatap muka langsung, OSKM atau Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa ITB dilaksanakan dari awal hingga akhir secara online

Salah satu kegiatannya sempat dikutip di akun Twitter @oskmitb yakni “Bincang Santuy OSKM - 101 to become super MABA”. Acara ini digelar melalui Instagram Live, di mana para mahasiswa baru ITB tahun 2020 akan dikenalkan dengan beberapa mahasiswa senior dari jurusan Teknik Mesin, Sains & Teknologi Informasi, Teknik Geologi, dan Kewirausahaan.

2. Punya visi ospek berbeda

5 Hal yang Bikin Ospek Mahasiswa Baru ITB Unik, Kampusmu Gimana? Antara News/Humas ITB

Pada OSKM ITB tahun 2020, ITB mengangkat visi: ‘Terciptanya mahasiswa dengan keunikannya masing-masing yang senantiasa mendefinisikan perannya dan bertanggung jawab akan peran tersebut, serta diharapkan mahasiswa dapat meningkatan kualitas diri serta wawasan dalam menghadapi Indonesia Emas 2045’. 

Jadi, secara tidak langsung, OSKM ITB ini akan lebih fokus mencetak lulusan yang siap menghadapi Indonesia Emas 2045. Wahai mahasiswa baru, kalian tentu semakin nggak sabar ya untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya selama masa perkuliahan.

3. Berkolaborasi dengan provider digital

5 Hal yang Bikin Ospek Mahasiswa Baru ITB Unik, Kampusmu Gimana? Shutterstock/Art_Photo

OSKM yang digelar secara daring ini ternyata membuahkan kejutan untuk para mahasiswa baru ITB tahun 2020. Pasalnya, pihak ITB menggandeng provider digital pertama di Indonesia yaitu by.U yang hadir dalam rangka mendukung ITB mempersiapkan generasi Indonesia Emas 2045 dan tidak ingin pandemik COVID-19 menjadi halangannya. Apa ya bentuk kolaborasi yang terjalin antara ITB dan by.U?

“by.U memberikan kuota belajar 10 GB hanya Rp10 yang dapat dibeli di aplikasi by.U. Kuota tersebut dapat digunakan untuk mengakses platform conference call, seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, CloudX, dan lain-lain. Selain itu, kuota juga bisa digunakan untuk mengakses platform belajar, seperti Google Classroom, Zenius, Udemy, dan lain-lain,”  ujar perwakilan by.U.

5 Hal yang Bikin Ospek Mahasiswa Baru ITB Unik, Kampusmu Gimana? IDN Times/by.U

Selain ITB, by.U juga memberikan dukungan kepada kegiatan kampus lainnya, yaitu Politeknik Negeri Bali, Universitas Negeri Surabaya (Fakultas Ekonomi), Universitas Dr. Soetomo, dan Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi. Ternyata sudah banyak ya, perguruan tinggi yang bekerja sama dengan by.U. Sekolah atau kampusmu juga mau bekerja sama dengan by.U? Caranya mudah, kamu dapat mengisinya di sini ya!

4. Mengadakan digital movement melalui postcard

5 Hal yang Bikin Ospek Mahasiswa Baru ITB Unik, Kampusmu Gimana? IDN Times/by.U

Selain support berupa kuota belajar, by.U bersama ITB juga membuat digital movement bertajuk “Aku untuk Indonesia Emas 2045 bersama by.U”. Digital movement ini berbentuk postcard yang dapat ditulis mengenai mimpi Mahasiswa Baru ITB 2020 dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Nantinya, postcard tersebut akan di-posting ke feeds masing-masing mahasiswa baru dan ini akan menjadi pengingat mahasiswa mengenai kontribusi mereka untuk Indonesia Emas 2045. Peran by.U turut serta dalam kegiatan OSKM ini mendapat respon positif dari Ketua OSKM ITB 2020, Jen Megah Sembiring.

5 Hal yang Bikin Ospek Mahasiswa Baru ITB Unik, Kampusmu Gimana? IDN Times/by.U

“OSKM ITB 2020 sangat mengapresiasi atas support yang diberikan by.U, karena kuota internet merupakan salah satu kendala bagi mahasiswa di masa pandemik seperti saat ini. Selain itu, harapan kami digital movement yang dilakukan dapat menginspirasi Indonesia pada umumnya dan Keluarga Mahasiswa ITB pada khususnya, Semangat untuk kita semua ”, ujar Jen.

5. Panitia OSKM ITB bagi-bagi informasi seputar cafe di sekitaran Bandung beserta rating-nya

5 Hal yang Bikin Ospek Mahasiswa Baru ITB Unik, Kampusmu Gimana? Twitter/oskmitb

Wah, panitia OSKM ITB 2020 nggak kehabisan kreativitasnya menyambut mahasiswa baru nih. Di samping mengedukasi mahasiswa baru, mereka pun niat memberikan informasi seputar cafe di sekitaran Bandung yang recommended dikunjungi. Lewat akun Twitter @oskmitb, adminnya menuliskan “Pasti kangen dong pergi ke cafe sama teman-teman, tapi kalau sekarang virtual dulu ya main sama temennya! Jangan lupa selalu terapin social distancing! Nanti kalau keadaan sudah kembali normal, boleh banget nyobain cafe-cafe ini!”.

Bagi kamu yang akan memulai kehidupan baru sebagai mahasiswa, IDN Times ucapkan good luck ya, semoga cita-citamu kian tercapai!

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya