Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Rasa Malas saat Belajar, Dijamin Mempan!

Waktu belajarmu akan jauh lebih efektif

Aktivitas belajar bukan lagi sebuah kebutuhan, tapi rutinitas yang harus dilakukan. Setiap orang pasti butuh belajar, karena ilmu pengetahuan selalu berkembang setiap saatnya.  Banyak cara belajar yang bisa dilakukan.

Hampir setiap orang punya cara masing-masing untuk hal tersebut. Namun, sudahkah mereka berhasil melawan rasa malas yang seringkali datang begitu saja? Atau masih suka terjebak dengan rasa malas sehingga belajar kurang maksimal?

Berikut adalah lima cara untuk mengatasi rasa malas dalam belajar yang bisa kamu terapkan. Siapa tahu, setelah ini ketika kamu belajar bisa jadi lebih efektif lagi dan rasa malas bisa dengan mudah pergi.

1. Membuat jadwal belajar

5 Cara Mengatasi Rasa Malas saat Belajar, Dijamin Mempan!ilustrasi membuat list (pexels.com/armin-rimoldi)

Cara pertama dalam mengatasi rasa malas saat belajar adalah membuat list jadwal belajar. Kamu bisa menentukan ingin belajar apa saja di hari itu. Begitu juga untuk hari-hari selanjutnya. 

Apabila ingin lebih efektif, kamu harus sudah menyiapkan jadwalnya di akhir pekan. Jadi, untuk hari berikutnya kamu sudah bisa menjalankan jadwal belajar yang telah kamu susun. Dengan begitu, kamu pun lebih menghemat waktu.

2. Hindari belajar dengan sistem kebut semalam

5 Cara Mengatasi Rasa Malas saat Belajar, Dijamin Mempan!ilustrasi belajar sampai mengantuk (pexels.com/George Milton)

Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam proses belajar adalah menggunakan sistem kebut semalam atau sering disebut SKS. Ketika kita tidak belajar maksimal di hari sebelumnya, bisa saja kita pakai cara ini dengan terpaksa.

Cara ini sering digunakan saat ada ulangan harian, sampai ujian akhir semester sekalipun. Mungkin saja banyak yang bilang cara ini efektif, namun nyatanya tidak benar. Justru cara ini bisa membuatmu semakin jenuh.

Ketika kita menggunakan sistem kebut semalam, maka mau tidak mau kita telah memaksa diri untuk memahami banyak materi sekaligus. Apalagi kalau sebelumnya tidak paham sama sekali.

3. Jauhkan ponsel saat belajar

5 Cara Mengatasi Rasa Malas saat Belajar, Dijamin Mempan!ilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Era yang serba teknologi membuat siapapun akan memiliki ponsel dan tak bisa jauh dengan benda satu ini. Cukup banyak manfaat yang didapat, namun selalu ada ketergantungan yang akan timbul jika penggunaannya secara berlebihan.

Menjauhkan ponsel bisa jadi alternatif pilihan untuk menghilangkan rasa malas belajar. Sudah pasti kita akan lebih fokus terhadap apa yang telah kita tatap. Kalau kita berhasil melakukannya, maka kegiatan belajar akan jauh lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Tanda Sifat Santaimu Sudah Terkontaminasi Rasa Malas, Yuk Waspada!

4. Gunakan tempat yang nyaman saat belajar

5 Cara Mengatasi Rasa Malas saat Belajar, Dijamin Mempan!ilustrasi belajar di tempat nyaman (pexels.com/Armin Rimoldi)

Cara keempat ini juga wajib kamu terapkan. Ketika kamu belajar di tempat yang nyaman, pasti semua yang kamu pelajari akan mudah dan cepat dipahami. Adapun yang perlu kamu lakukan supaya tempat belajarmu nyaman yaitu, buatlah sekeliling tempat belajarmu enak dipandang.

Hal ini bisa berkaitan dengan kerapian dan juga benda-benda di sekitar. Kalau kamu nyaman belajar sambil menikmati makanan ringan, itu juga bisa disiapkan. Tapi, jangan sampai berlebihan. Kalau kamu suka dengan musik, bisa juga diputar untuk menemani belajarmu.

5. Belajar juga perlu istirahat

5 Cara Mengatasi Rasa Malas saat Belajar, Dijamin Mempan!ilustrasi mencari ide menulis (pexels.com/Monstera)

Kalau yang terakhir ini sudah pasti harus kamu terapkan. Seberapa besar usahamu dalam belajar, kalau sudah merasa kelelahan maka istirahat lebih dulu. Ini penting, karena kamu memerlukan banyak energi lagi setelah belajar.

Meskipun hanya duduk sambil membaca atau mengulas kembali, pikiran juga butuh hiburan. Sebaik-baiknya aktivitas belajar adalah ketika kita bisa mengatur waktu istirahat dengan tepat. Kamu bisa pergi jalan-jalan, makan, juga tidur. Setelah semua energi mulai terisi kembali, barulah melanjutkan aktivitas belajar lagi.

Itulah kelima cara yang bisa kamu terapkan dalam mengatasi rasa malas dalam belajar. Kesimpulannya, semua itu kembali ke pribadi masing-masing. Pastinya, semua hal akan ada konsekuensinya tersendiri. Jadi, cara mana yang akan kamu terapkan lebih dulu, nih?

Baca Juga: 5 Sikap Positif yang Bantu Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad: @Latteaz, Channel Youtube: Catatan Bungsu, dan Tiktok: @Latteaz18

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya