Comscore Tracker

5 Jurusan Kuliah untuk Kamu Si Introvert, Gak Perlu Minder!

Pilih jurusan yang sesuai kemampuan

Memilih jurusan untuk perkuliahan memang tak bisa dianggap mudah. Ada banyak pertimbangan yang bisa dijadikan referensi dan acuan. Selain itu, jurusan perkuliahan sering dikaitkan dengan kepribadian seseorang. 

Apakah seseorang itu berkepribadian Introvert, extrovert, bahkan ambivert. Sering kali seorang introvert merasa tidak yakin akan jurusan yang ingin dipilih. Daripada cemas dan khawatir, coba baca lima rekomendasi jurusan berikut. Siapa tahu salah satunya cocok untuk kamu si introvert.

1. Jurusan akuntansi

5 Jurusan Kuliah untuk Kamu Si Introvert, Gak Perlu Minder!ilustrasi akuntan (unsplash.com/JESHOOTS.COM)

Berkutat dengan beragam data keuangan, tentu tidak lepas dengan perhitungan matematis. Ada banyak laporan yang harus dikerjakan, sangat membutuhkan ketelitian dan ketenangan dalam mengerjakannya. 

Rekomendasi jurusan akuntansi sangat cocok untuk kamu yang lebih sering mengerjakan hal dengan penuh ketenangan. Menjadi seorang akuntan profesional, juga harus bisa bertanggung jawab atas laporan keuangan yang telah dibuatnya.

2. Jurusan design grafis

5 Jurusan Kuliah untuk Kamu Si Introvert, Gak Perlu Minder!ilustrasi mendesain (unsplash.com/Cristofer Maximilian)

Kalau kamu termasuk seorang introvert yang mencintai seni, jurusan ini bisa jadi solusi. Ketika kamu lebih memilih berdiam diri untuk menyelesaikan beragam karya, tentu butuh tenaga dalam keadaan damai. 

Nah, jurusan ini bisa kamu pilih untuk menuangkan hobi sekaligus mengembangkannya. Apalagi jurusan design grafis saat ini sedang ramai menjadi incaran. Selain membutuhkan ketelitian, jurusan ini juga membutuhkan kesabaran.

Baca Juga: 13 Artis Korea Kuliah di Jurusan Tak Terduga, Ada Pilih Jurusan Agama

3. Jurusan sastra

5 Jurusan Kuliah untuk Kamu Si Introvert, Gak Perlu Minder!ilustrasi teliti (unsplash.com/Beth Macdonald)

Memilih jurusan sastra juga tidak ada salahnya kalau kamu punya kepribadian introvert. Pada jurusan ini, kamu membutuhkan ketenangan dan kesendirian untuk bisa memfokuskan pikiran. Supaya apa yang kamu kerjakan lebih maksimal. 

Prospek kerja jurusan ini sangat beragam, mulai dari editor sampai penerjemah. Selain itu, pilihan jurusan sastra juga sangat bervariasi. Mulai dari sastra Indonesia, sastra asing, hingga sastra daerah. Silahkan pilih saja sastra apa yang menjadi kegemaran kamu!

4. Jurusan farmasi

5 Jurusan Kuliah untuk Kamu Si Introvert, Gak Perlu Minder!ilustrasi farmasi (unsplash.com/National Cancer Institute)

Selanjutnya adalah jurusan yang lebih banyak menghabiskan waktu di laboratorium. Jurusan farmasi membutuhkan kesabaran dan keuletan dalam meracik berbagai formula untuk sebuah produk tertentu. 

Kalau kamu menyukai bidang ini, tidak ada salahnya untuk memasukkan ke dalam list. Di Indonesia sendiri, lulusan dari jurusan farmasi juga sangat dibutuhkan. Beberapa prospek kerja jurusan ini adalah apoteker, peracik obat, hingga peracik produk kosmetik!

5. Jurusan ilmu komputer

5 Jurusan Kuliah untuk Kamu Si Introvert, Gak Perlu Minder!ilustrasi sedang mengetik (unsplash.com/NeONBRAND)

Bisa dibilang jurusan untuk si introver yang kelima ini sedang naik daun. Jurusan ini dipilih oleh para calon mahasiswa karena dianggap sangat menjanjikan di masa depan. Mengingat bahwa perkembangan di dunia teknologi semakin maju. 

Namun, alangkah lebih baik kalau kamu benar-benar berminat, ya! Jurusan kuliah untuk mereka si introver memang terkesan sangat serius. Namun, tidak ada salahnya memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan. 

Kesimpulannya, jangan hanya mengikuti gengsi atau bahkan sekadar prospek bagus di masa depan. Namun, jenjang perkuliahan juga membutuhkan kemampuan untuk berjuang dengan kesungguhan. Kira-kira, jurusan mana yang akan kamu jadikan sebagai tujuan? 

Baca Juga: Menurut Survey, 9 Jurusan Kuliah Ini Bikin Bahagia!

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya