Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Nyaman dengan Jurusan Perkuliahan

Jangan sampai salah jurusan

Pendidikan di jenjang perkuliahan memang tidak selalu menyenangkan. Ada saatnya seorang mahasiswa akan merasa jenuh dan mulai bosan. Ada beragam faktor yang menyebabkan mahasiswa mulai merasa tidak yakin dan menganggap dirinya salah jurusan.

Padahal, tidak semua rasa ragu itu benar-benar sebuah kesalahan. Nah, supaya kamu bisa lebih memahami apakah dirimu benar-benar salah jurusan, atau hanya sedang melakukan penyesuaian. Berikut adalah lima tanda yang membuktikan bahwa kamu sudah nyaman dengan jurusan perkuliahan!

1. Selalu semangat dalam berangkat ke kampus

5 Tanda Kamu Sudah Nyaman dengan Jurusan Perkuliahanilustrasi belajar (unsplash.com/Annie Spratt)

Ketika kamu merasa nyaman dengan jurusan perkuliahan. Maka tidak mustahil jika selalu berangkat lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Meskipun ada saatnya kamu berangkat sedikit terlambat, itu bukan sebuah masalah besar.

Karena sebuah siklus yang terkadang menjadikanmu semangat, bisa juga kamu merasa kelelahan. Paling penting, kamu selalu menyempatkan diri dan memprioritaskan bahwa perkuliahan itu penting. Kamu beranggapan bahwa waktu terlalu berharga untuk terbuang percuma.

2. Berusaha untuk memahami materi sekalipun dirasa sulit

5 Tanda Kamu Sudah Nyaman dengan Jurusan Perkuliahanilustrasi belajar (unsplash.com/Thomas Park)

Pendidikan di jenjang perkuliahan memang tidak selamanya bisa dipahami dengan cepat. Kamu mungkin akan merasa kesulitan di beberapa mata kuliah tertentu, atau bisa juga di tugas khusus lainnya. Namun, ketika kamu sudah merasa nyaman, tentu saja akan berusaha mengikuti dan memahami materi.

Meskipun seringkali tertinggal cukup jauh dengan teman sekelas, kamu tetap yakin dan bersungguh-sungguh untuk sebisa mungkin menjalaninya. Karena perkuliahan sudah kamu anggap sebagai kewajiban yang harus diselesaikan. Bukan terus menerus menghindari dari kesulitan yang ada. 

Baca Juga: 5 Waktu Terbaik untuk Menulis Artikel buat Kamu yang Masih Kuliah

3. Senang berdiskusi dengan teman satu kelas

5 Tanda Kamu Sudah Nyaman dengan Jurusan Perkuliahanilustrasi berdiskusi (unsplash.com/Brooke Cagle)

Rasa nyaman memang tidak bisa didefinisikan dengan kata-kata saja. Kamu akan merasakan kenyamanan di jurusan tersebut, ketika menemukan orang-orang yang satu frekuensi. Kemudian kamu berdiskusi dan berbagi seputar dunia perkuliahan yang sedang diperjuangkan.

Berdiskusi dengan teman adalah salah satu alternatif pilihan yang wajib kamu lakukan. Tentu saja akan menambah relasi dan pengetahuan baru. Selain itu, berdiskusi juga bisa membuatmu lebih akrab dengan orang-orang di sekeliling. Supaya kamu tidak jenuh, bisa juga membuat agenda berkumpul bersama di tempat favorit.

4. Bangga jika ditanya terkait jurusan yang ditekuni

5 Tanda Kamu Sudah Nyaman dengan Jurusan Perkuliahanilustrasi berdiskusi (unsplash.com/Windows)

Tidak bisa dipungkiri lagi, ketika seseorang masih menjalani perkuliahan akan sering ditanya terkait jurusan dan masa depan. Jika kamu menikmati masa-masa perkuliahan itu, tentu kamu akan bangga dan percaya diri dalam menjawabnya.

Nah, jika kamu merasakan hal ini ada pada dirimu, itu berarti kamu sudah nyaman dan berada di jurusan yang tepat. Kalau masih sering menghindar dari pertanyaan mereka, sepertinya kamu harus menata ulang niat awal dan memperbaikinya secara perlahan.

5. Tidak merasa terbebani dengan tugas yang diberikan

5 Tanda Kamu Sudah Nyaman dengan Jurusan Perkuliahanilustrasi kuliah daring (unsplash.com/Stanley Dai)

Perkuliahan memang tidak pernah lepas dengan tugas yang terbilang cukup banyak. Kalau kamu sering mengeluh dan kebingungan tanpa mau berusaha, ini bisa jadi kamu sedang tidak nyaman. Tapi, kalau kamu merasa tenang dan mengerjakan setiap tugas yang ada meski perlahan, berarti kamu sudah mulai menikmatinya. 

Karena tugas adalah bagian dari kewajiban yang harus kamu laksanakan sebagai mahasiswa. Tugas di perkuliahan juga sangat bermanfaat untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman kamu di suatu materi. Jadi, jangan merasa terbebani lagi!

Meskipun dunia perkuliahan menyimpan banyak tanda tanya. Tidak ada salahnya untuk menjalani setiap proses yang ada. Karena ketika nanti kamu sudah berhasil menuntaskan segalanya, tentu saja akan menjadi kebahagiaan dan semangat baru bagi orang-orang di sekitarmu.

Baca Juga: 6 Tipe Orang yang Suka Menunda Pekerjaan, Kamu Tipe Mana?

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya