Comscore Tracker

6 Tips Belajar Matematika agar Lebih Menyenangkan, Awas Kecanduan!

Jangan takut belajar matematika

Matematika masih sering dijadikan pelajaran yang ditakuti oleh sebagian besar siswa. Padahal, dalam kaitannya kedalam kehidupan sehari-hari kita pasti membutuhkan ilmu matematika itu sendiri. 

Berdasarkan permasalahan tersebut, tentu sangat penting dan diperlukan bermacam cara supaya kegiatan belajar matematika bisa lebih menyenangkan. Bukan hanya itu, tapi juga menghilangkan rasa takut dalam belajar matematika. 

Artikel ini akan membahas beberapa cara yang bisa membantumu. Siapa tahu, setelah ini kamu bisa lebih semangat lagi dalam belajar. Terutama, belajar mata pelajaran matematika dan semua yang berkaitan tentang angka. 

1. Tanamkan pemikiran bahwa matematika tidak rumit

6 Tips Belajar Matematika agar Lebih Menyenangkan, Awas Kecanduan!ilustrasi berpikir (pexels.com/Michael Burrows)

Tips pertama ini penting dan sangat utama. Banyak para siswa yang menganggap kalau matematika ini sangat rumit dan sulit. Pemikiran seperti itulah yang menjadikan mereka semakin tidak yakin, bahkan membenci matematika. 

Padahal, masih banyak cara dalam mempelajari matematika itu sendiri. Mereka hanya perlu pemikiran positif dan yakin, kalau semua bisa dilakukan asalkan mau berusaha. Nah, mulai setelah ini cobalah anggap kalau matematika itu menyenangkan sebelum mempelajarinya. 

2. Buatlah suasana belajar matematika menjadi menyenangkan

6 Tips Belajar Matematika agar Lebih Menyenangkan, Awas Kecanduan!ilustrasi mahasiswa sedang diskusi (pexels.com/ Gustavo Fring)

Rasa semangat dalam belajar akan semakin besar ketika rasa nyaman itu hadir. Membuat suasana sekitar menjadi menyenangkan, tentu akan menjadikan kita semangat kembali. 

Cobalah mendesain tempat belajar atau bahkan menulis catatan matematika dengan lebih rapi. Dengan begitu, rasa ingin belajar dan memahami matematika akan lebih baik lagi. 

Sesekali kamu juga boleh pergi ke suatu tempat untuk belajar. Pergi ke taman atau bahkan belajar di luar ruangan. Alangkah baiknya belajar dengan ditemani pemandangan indah juga udara segar. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Matematika di Smartphone yang Bisa Membantumu

3. Belajar matematika dengan mulai memahami rumus, bukan sekadar menghafalnya

6 Tips Belajar Matematika agar Lebih Menyenangkan, Awas Kecanduan!ilustrasi belajar bersama (pexels.com/Helena Lopes)

Tips yang ketiga, yaitu cobalah untuk berusaha memahami setiap rumus. Bukan hanya tau penggunanya saja, tapi juga tau asal usulnya. Cara ini cukup ampuh dan bisa menjadi alternatif solusi ketika kamu lupa dengan suatu rumus. 

Jika kamu paham rumusnya, maka kamu akan lebih mudah dan fleksibel dalam mengerjakan soalnya. Apalagi jika soal yang kamu hadapi berupa pilihan ganda yang tidak memerlukan langkah pengerjaan. Asalkan jawaban akhir kamu tepat, maka cara dalam menemukannya bukan jadi masalah. 

4. Temukan trik dalam mengerjakan beragam jenis soal

6 Tips Belajar Matematika agar Lebih Menyenangkan, Awas Kecanduan!ilustrasi laki-laki sedang menulis (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Belajar matematika tidak perlu takut, karena sekarang ini banyak bimbingan belajar ataupun tutorial yang menjelaskan langkah-langkah mengerjakan suatu soal dengan berbagai trik. Apalagi kamu bisa mengaksesnya secara gratis, asalkan terhubung dengan jaringan internet. 

Terkadang, siswa hanya diajari cara yang runtut dan terkesan panjang. Itulah yang membuat kita jadi mudah bosan. Kalau kamu mau mencari trik, cukup kamu gunakan saat soal pilihan ganda saja, ya.

Perlu diperhatikan kalau beberapa guru bisa saja tidak suka dengan cara yang instan. Itu memang benar, karena belajar matematika mengajari kita pentingnya sebuah proses bukan hanya hasil. Jadi, tetap perlu diperhatikan. 

5. Rutin mengerjakan latihan soal, jangan belajar ketika mau ujian saja

6 Tips Belajar Matematika agar Lebih Menyenangkan, Awas Kecanduan!ilustrasi orang belajar (pexels.com/Karolina Grabowska)

Cara yang kelima ini juga perlu kamu lakukan. Banyak dari mereka yang belajar matematika hanya saat akan ujian. Padahal, ini bukan metode yang efektif. Mulai saat ini, kamu harus berusaha belajat secara rutin. 

Memperbanyak latihan soal juga bisa kamu lakukan. Matematika adalah ilmu Pasti, semakin sering kamu berlatih, maka semakin banyak pula variasi soal yang kamu tahu.

6. Sering berdiskusi dengan teman dan bertanya ke guru jika kurang paham

6 Tips Belajar Matematika agar Lebih Menyenangkan, Awas Kecanduan!ilustrasi belajar di tempat nyaman (pexels.com/Armin Rimoldi)

Langkah yang terakhir adalah seringlah berdiskusi dengan teman. Kamu juga bisa bertanya langsung ke guru yang jauh lebih paham. Apalagi, kamu membuat agenda khusus untuk jadwal konsultasi ini. 

Namun, sebelum itu pastikan guru yang kamu ajak konsultasi mau dan sanggup, ya. Jangan sampai memaksa apalagi mengganggu jam istirahatnya. Namun, kalau memang kurang yakin, bisa juga untuk mengikuti bimbingan belajar di tempat kursus. 

Itulah enam tips untuk kamu supaya belajar matematika lebih semangat lagi. Jangan pernah takut belajar matematika. Sebab sejatinya matematika itu penting dan tidaklah rumit. Selamat belajar!

Baca Juga: 5 Mitos tentang Alam Ini Akhirnya Dijelaskan oleh Sains, Apa Saja?

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad: @Latteaz, Channel Youtube: Catatan Bungsu, dan Tiktok: @Latteaz18

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya