Comscore Tracker

Dianggap Sulit, Ini 5 Fakta Menarik Bahasa Rusia yang Harus Kamu Tahu

#Rusiana Gak sulit kok asalkan kamu mau belajar!

"Bahasa Rusia? Gak pernah dengar tuh" pasti itu yang akan muncul di pikiran kalian, bukan? Mungkin kita lebih familiar dengan bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Tapi tahukah kamu bahasa Rusia adalah bahasa terbesar kelima dari segi jumlah penuturnya setelah bahasa Mandarin, Inggris, Spanyol, dan Hindi.

Tidak hanya itu, bahasa yang dituturkan oleh 278 juta jiwa ini juga merupakan salah satu bahasa resmi PBB, setelah bahasa Arab, Perancis, Mandarin, Inggris, dan Spanyol. Oleh karena itu, yuk kita simak apa saja fakta-fakta unik mengenai bahasa Rusia!

1. Ternyata Bahasa Rusia digunakan di luar angkasa lho!

Dianggap Sulit, Ini 5 Fakta Menarik Bahasa Rusia yang Harus Kamu Tahuunplash.com/kidscampfiretakenbyannasamoylova

Jika bahasa Inggris adalah bahasa internasional sehingga harus dipelajari oleh semua orang. Berbeda dengan bahasa Rusia yang disebut "bahasa internasional di luar angkasa". Buat kamu yang mau jadi astronot wajib mempelajarinya bahasa ini saat pelatihan, karena komputer sistem di stasiun luar angkasa (ISS) ternyata menggunakan bahasa Rusia juga.

2. Kata aneh untuk "Jerman"

Dianggap Sulit, Ini 5 Fakta Menarik Bahasa Rusia yang Harus Kamu Tahupixabay.com/musicheadsetslisteningtomusic

Jerman dalam bahasa Rusia adalah “немецкий” (nemetski), yang juga berarti "yang tidak bisa berbicara". Akar katanya berasal dari "bisu". Awalnya, kata nemetski ini digunakan untuk orang asing yang tidak bisa berbahasa Rusia, dan pada saat itu kebanyakan orang asing adalah orang Jerman. Sehingga tak ayal, kalau mereka mendapatkan julukan itu.

3. Selain Bahasa Inggris, Bahasa Rusia juga bahasa yang berkembang dengan pesat

Dianggap Sulit, Ini 5 Fakta Menarik Bahasa Rusia yang Harus Kamu Tahupixabay.com/honorguardrussians

Bahasa yang dituturkan oleh 278 juta jiwa ini, menjadi bahasa resmi di beberapa negara seperti di Kazakhstan, Kirgizstan, dan Belarus. Selain itu, bahasa ini juga sering digunakan oleh bekas negara Uni Soviet juga lho.

Bahasa Rusia juga dipelajari di beberapa negara seperti Finlandia, Polandia, Albania, dan Ceko. Serta beberapa komunitas di benua Amerika.

4. Tidak menggunakan alfabet umum, Bahasa Rusia punya alfabet sendiri

Dianggap Sulit, Ini 5 Fakta Menarik Bahasa Rusia yang Harus Kamu Tahupixabay.com/locomotivedieselrussiatrain

Kalau bahasa Inggris atau Indonesia kita mengenal alfabet "ABC", bahasa negara yang menjadi tuan rumah piala dunia 2018 ini punya lafabet sendiri lho. Bahasa Rusia ditulis menggunakan Alfabet Sirilik (кириллица, kirillitsa), yaitu alfabet untuk menulis 6 bahasa Slavia asli.

Jumlah alfabet sirilik yang terdiri dari sebelas huruf vokal, dua puluh konsonan, serta dua penanda keras dan lunak sehingga seluruhnya ada 33 huruf.

5. Dianggap sebagai bahasa yang paling sulit dipelajari

Dianggap Sulit, Ini 5 Fakta Menarik Bahasa Rusia yang Harus Kamu Tahupixabay.com/russiaworldcup

Menurut Wikipedia.org, Institut Pelindung Bahasa di Monterey menyebutkan, Bahasa Rusia digolongkan sebagai bahasa tingkat III, yaitu bahasa yang cukup sulit dipelajari oleh orang berbahasa ibu Inggris asli, dan membutuhkan waktu 780 jam intensif atau sekitar 33 hari untuk bisa berbicara bahasa Rusia dengan cukup lancar.

Meskipun sulit, bukan berarti tidak bisa ya. Asalkan kita mau, pasti bisa menguasai bahasa Rusia. Apalagi kini Rusia adalah salah satu negara yang berpengaruh, baik dari segi ekonomi maupun politik.

Chandra Sentosa Photo Community Writer Chandra Sentosa

Si penulis kecil kecilan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You