Comscore Tracker

5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Menyukai Sains

Sains itu universal dan bisa diterima oleh semua orang

Sains atau science adalah ilmu pengetahuan yang secara luas sudah dipelajari oleh manusia sejak zaman purba. Pada dasarnya, sains merujuk pada seluruh keilmuan ilmiah yang bersinggungan dengan alam semesta dan seluruh isinya. Belajar sains sebetulnya tidaklah sulit, meskipun dibutuhkan upaya yang lebih intens.

Nah, jika ingin menyukai sains, kamu gak perlu gelar profesor atau doktor. Kamu pun juga tidak perlu menjadi seorang ilmuwan untuk mencintai sains. Setidaknya, ada lima cara sederhana yang bisa dilakukan agar kamu bisa menyukai sains apa adanya. Yuk, disimak!

1. Baca buku-buku mengenai sains yang sederhana

5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Menyukai Sainsforbes.com

Tidak semua buku sains itu rumit dan berisi rumus-rumus aneh. Ada banyak buku sains yang menjabarkan sains atau ilmu alam secara sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan. Misalnya, kamu bisa membaca buku sains mengenai dunia fauna. Di sana banyak dijelaskan bagaimana dunia fauna bekerja di alam liar.

Nah, cerita-cerita unik tentang spesies hewan tersebut bisa menumbuhkan minatmu di bidang sains biologi. Jika suka dengan penjelajahan luar angkasa, kamu bisa membaca buku-buku sains mengenai eksplorasi manusia ke luar angkasa. Bahkan, lebih jauh, kamu bisa membaca buku-buku mengenai pembentukan planet dan alam semesta.

Lebih unik lagi, jika kamu suka dengan kisah-kisah misterius, maka buku sains yang membahas hal-hal mengenai pembuktian kisah misteri tersebut bisa dipilih untuk kamu baca. Intinya, jangan malas untuk membaca karena membaca adalah modal awalmu dalam menyukai sesuatu, entah itu sains atau pun bidang lainnya.

2. Menonton tayangan sains yang mudah kamu pahami

5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Menyukai Sainsncl.ac.uk

Ada banyak tayangan sains yang mudah dipahami seperti Nat Geo, Discovery Channel, Science Channel, dan lain sebagainya. Semuanya bisa ditonton dan dicerna dengan mudah oleh berbagai macam kalangan. Nah, jika ingin menumbuhkan minat dan kesukaan pada sains, gak ada salahnya jika kamu mulai mengikuti siaran-siaran sains tersebut.

Oh ya, dengan menonton tayangan yang mendidik, kita juga akan dilatih untuk berpikir secara kritis dan terbuka. Pilihlah tayangan sains sesuai dengan minat dan ketertarikanmu. Ada banyak bahasan sains dalam tayangan televisi atau internet, seperti sejarah, teknologi, medis, astronomi, bencana alam, flora, fauna, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Teori Sains Ini Dianggap Paling Rumit di Dunia, Apa Kamu Tahu?

3. Mengamati benda-benda langit di malam hari

5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Menyukai Sainsasc-csa.gc.ca

Jika kamu mengamati hamparan langit di malam hari, apalagi menggunakan teleskop, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan dan kerumitan yang ada di atas sana. Yup, kamu bisa melihat cahaya bintang, planet, dan bahkan bagian dari gugusan galaksi kita melalui teleskop pada saat cuaca malam sedang bagus.

Namun, untuk lebih mengerti dan sedikit mendalami tentang apa yang kamu lihat, mungkin ada baiknya kamu didampingi oleh pakar teleskop atau astronomi. Jika ingin lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi planetarium dan observatorium yang ada di beberapa wilayah di Indonesia, tentunya setelah pandemik COVID-19 berakhir, ya!

4. Belajar secara formal

5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Menyukai Sainstheconversation.com

Tentu saja belajar atau menempuh pendidikan secara formal di bidang sains bisa kamu lakukan jika memang ingin mendalami bidang keilmuan eksakta. Dengan menempuh studi lanjutan, kamu bisa mengerti dan paham bagaimana sains itu bekerja. Apa yang dipelajari sewaktu SMA tentu saja sangat berbeda dengan apa yang kita dapatkan sewaktu kuliah.

Beberapa kalangan ilmuwan menyatakan bahwa pada awalnya mereka tidak begitu menyukai eksakta. Namun, setelah menempuh studi dan pendidikan lanjutan, mereka justru semakin menyukai sains karena bagi mereka sains sangat unik dan menyenangkan. Bagaimana? Apakah kamu mau mengambil studi lanjutan di bidang sains?

5. Menulis segala sesuatu tentang sains

5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Menyukai SainsUnsplash/Nich Morrison

Menulis adalah cara yang bisa dilakukan oleh semua orang. Dalam sains, dunia kepenulisannya memang tidak sama dengan yang lainnya. Jika kamu menulis artikel atau jurnal sains, tentu saja kamu wajib mencantumkan sumber kredibel yang bisa dipercaya. Bahkan, untuk tulisan yang bersifat spesifik, kamu wajib melakukan wawancara pada ilmuwan, dokter, atau para ahli di bidang sains.

Supaya lebih mudah, mungkin awalnya kamu bisa menulis sains di forum-forum kecil. Setelah itu, kamu bisa tingkatkan pada tingkatan yang lebih tinggi, misalnya menulis sains di sekolah atau tingkat kampus. Jika cara dan teknik penulisan sains sudah kamu kuasai dengan baik, kamu bisa mencoba pada tingkat penulisan artikel untuk media nasional dan bahkan internasional.

Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara yang dapat dilakukan supaya kamu bisa menyukai dan bahkan mencintai sains. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam menumbuhkan minat pada sains, ya!

Baca Juga: Menjawab Sains: 5 Pertanyaan 'Konyol' yang Dianggap Membingungkan

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya