Comscore Tracker

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa Indonesia

Makin cinta berbahasa Indonesia deh! #IDNTimesLife 

Sesuai dengan isi Sumpah Pemuda poin 3 yang berbunyi "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia", kita sebagai warga negara berkebangsaan Indonesia harus mencintai dan bangga berbahasa Indonesia. 

Karena faktanya, bahasa Indonesia adalah bahasa ke-9 yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan bahkan menjadi salah satu bahasa resmi di Vietnam sejak 2007. Tak heran jika banyak orang mancanegara yang bisa dan fasih berbahasa Indonesia. 

Hal itulah yang membuat beberapa universitas luar negeri memprogramkan bidang studi khusus untuk mempelajari bahasa Indonesia dan tidak sedikit pula juga mengkaji budaya Indonesia. Penasaran mana saja universitas luar negeri yang ada jurusan bahasa Indonesia? Simak bersama artikel ini, yuk!

1. University Social Science and Humanities, Vietnam

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaUniversity Social Science and Humanities, Vietnam (ussh.vnu.edu.vn)

Semenjak pemerintah Vietnam menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua yang bisa digunakan warganya, beberapa universitas di Vietnam membuka kajian studi Bahasa Indonesia untuk mahasiswanya. Salah satunya adalah University Social Science and Humanities yang dinaungi Vietnam National University. 

Mahasiswa yang mengikuti kajian studi tersebut akan diajarkan membaca dan menulis sesuai kaidah bahasa Indonesia melalui kegiatan berbicara dan mendengarkan. Tema yang diajarkan pun beragam, mulai dari sosial, budaya, lingkungan, dan masyarakat Indonesia.

2. Tokyo University for Foreign Studies, Jepang

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaTokyo University for Foreign Studies, Jepang (instagram.com/tufs_tokyogaidai)

Universitas yang biasa disebut TUFS ini adalah universitas tertua di Jepang yang fokus meriset bahasa dan isu internasional dengan tingkat persaingan tinggi. Kampus tersebut memiliki 26 departemen studi bahasa yang dikelompokkan ke dalam 7 jurusan. Departemen Bahasa Indonesia berada di jurusan Southeast Asian Studies. 

Di sana, mahasiswa yang ikut kelas Indonesia akan belajar secara teoritik dan praktik mengenai cara membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan dengan sejarah, ekonomi, dan budaya Indonesia.

TUFS juga memiliki hubungan pertukaran pelajar dengan beberapa universitas di Indonesia, lho! Universitas tersebut adalah Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Harapannya, mahasiswa Jepang yang mengikuti kelas bahasa Indonesia bisa mendapatkan ilmu yang lebih luas dan mendalam tentang bahasa Indonesia.

3. Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), Korea Selatan

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaHankuk University of Foreign Studies (HUFS), Korea Selatan (instgram.com/hufstagram)

Universitas luar negeri bergengsi lainnya yang juga punya jurusan bahasa Indonesia adalah Hankuk University of Foreign Studies, berlokasi di Seoul, Korea Selatan. HUFS dianggap sebagai universitas swasta terbaik di Korea Selatan dalam bidang ilmu sosial dan bahasa.

Tidak tanggung-tanggung, kamu bisa menemukan studi bahasa Indonesia di dua departemen berbeda, yaitu Department of Malay-Indonesian di College of Asian Languages & Cultures dan Department of Malay-Indonesian Interpretation and Translation di College of Interpretation and Translation.

Kedua departemen ini juga menawarkan pembelajaran terkait kompetensi baca-tulis-bicara bahasa Indonesia dengan pembahasan terkait sejarah, budaya, sosial, dan politik di Indonesia. Tertarik untuk belajar bahasa Indonesia di kampus bergengsinya Korea Selatan yang satu ini?

4. Mohammed V University, Maroko

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaMohammed V University, Maroko (moroccoworldnews.com/Yahia Hatim)

Kelas bahasa Indonesia juga bisa ditemukan di semua program studi yang ada di Fakultas Sastra dan Humaniora, Mohammed V University, Maroko. Hebatnya, pihak fakultas mendatangkan dosen pengajar langsung dari Indonesia, lho! 

Bobot SKS mata kuliah bahasa Indonesia sebesar 4 SKS dengan 4 kali pertemuan dalam satu minggu yang diprogramkan setiap semester. Alasan di balik tersedianya kelas bahasa Indonesia di kampus tersebut adalah bentuk upaya KBRI untuk mempromosikan bahasa Indonesia di negara Maroko dan upaya meningkatkan hubungan kerjasama antar dua negara, terutama dalam bidang pendidikan.

Baca Juga: 25 Universitas Terbaik di RI Versi Webometrics, Kampusmu ke Berapa?

5. University of Melbourne, Australia

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaUniversity of Melbourne, Australia (instagram.com/unimelb)

University of Melbourne juga menjadi salah satu universitas luar negeri yang ada jurusan bahasa Indonesia. Jurusan bahasa Indonesia berada di Fakultas Seni yang merupakan fakultas seni dan humaniora terbaik pertama se-Australia menurut QS World University Rankings tahun 2020. 

Di sana, mahasiswanya akan belajar bahasa Indonesia secara mendalam dan praktis seperti tata bahasa Indonesia dan seni komunikasi dalam bahasa Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan dengan kehidupan sosial, politik, budaya, hingga industri kreatif yang ada di Indonesia. Mahasiswa lulusan jurusan ini akan bergelar Bachelor of Arts

6. University of Washington, Amerika Serikat

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaUniversity of Washington, Amerika Serikat (instagram.com/uofwa)

Jurusan bahasa Indonesia di luar negeri juga bisa ditemukan di University of Washington, Seattle, Amerika Serikat. Berada di bawah naungan Department of Asian Languages and Literature, jurusan ini membuka kelas Minor in Indonesian Language & Culture. 

Kompetensi pembelajaran yang disediakan juga hampir sama seperti universitas-universitas di atas, mulai dari belajar struktur bahasa Indonesia dasar hingga mahir, budaya, sastra, musik, hingga isu terkini di Indonesia. 

University of Washington juga menyediakan fasilitas pendukung bagi mahasiswanya yang ingin mengambil studi profesional dalam bahasa Indonesia, yaitu Indonesian Proficiency & Placement. Tujuannya untuk mengukur kemampuan penggunaan bahasa Indonesia.

7. Yale University, Amerika Serikat

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaYale University, Amerika Serikat (instagram.com/yale)

Tidak hanya University of Washington, Yale University yang merupakan salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat juga memiliki jurusan bahasa Indonesia. Melalui situs resmi Yale University, studi bahasa Indonesia termasuk ke dalam Southeast Asia Studies yang sudah ada sejak 1940-an. Dosennya pun juga didatangkan langsung dari Indonesia. 

Menurut pihak Southeast Asia Studies, belajar bahasa Indonesia memiliki keunggulan karena dapat mempelajari dan memahami budaya unik yang merupakan perpaduan terbaik dari pengaruh Timur, Barat, dan Islam.

Yale University juga memfasilitasi mahasiswa yang mengikuti jurusan bahasa Indonesia di luar negeri dengan forum Indonesia, forum gamelan, seni galeri Indo-Pasifik, dan pusat bahasa.

8. University of Hawaii at Manoa, Hawaii

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaUniversity of Hawaii at Manoa, Hawaii (instagram.com/uhmanoanews)

Siapa sangka jika Hawaii yang merupakan negara bagian Amerika Serikat memiliki hubungan khusus dengan Indonesia? Diketahui bahwa penduduk asli Hawaii dulunya menggunakan bahasa rumpun Polinesia yang juga termasuk bahasa Indonesia. Mengetahui fakta tersebut, salah satu universitas di Hawaii memiliki jurusan bahasa Indonesia yang cukup bergengsi, yaitu University of Hawaii at Manoa, Hawaii. 

Jurusan tersebut termasuk ke dalam program studi Indo-Pacific Languages and Literatures, College of Arts, Languages & Letters menjadi salah satu jurusan bahasa terpopuler di kalangan bahasa negara Asia Tenggara lainnya. Jenjang studi yang dimiliki untuk jurusan bahasa Indonesia di sana adalah S1 saja.

9. Leiden University, Belanda

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaLeiden University, Belanda (instagramcom/universiteitleiden)

Meskipun Indonesia memiliki riwayat buruk tentang Belanda karena pernah dijajah selama lebih dari 350 tahun, namun kini hubungan antara kedua negara telah terjalin dengan baik. Salah satunya adalah keberadaan jurusan bahasa Indonesia di Leiden University, Belanda.

Bahasa Indonesia dijadikan sebuah jurusan yang dimiliki oleh South and Southeast Asian Studies untuk jenjang S1 (Bachelor of Arts) dan Southeast Asian Studies untuk jenjang S2 (Master of Arts).

Diketahui Leiden University adalah satu-satunya universitas di Belanda yang menjadi tempat belajar bahasa dan budaya dari wilayah Asia Tenggara secara mendalam. Tak sedikit pemuda Eropa menjadi mahasiswa di jurusan ini. 

10. Taras Shevchenko National University of Kyiv, Ukraina

10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa IndonesiaTaras Shevchenko National University of Kyiv, Ukraina (instagram.com/knu_uni)

Terakhir, universitas luar negeri yang ada jurusan bahasa Indonesia adalah Taras Shevchenko National University of Kyiv, Ukraina. Jurusan bahasa Indonesia di sana bernama Philology Oriental Languages and Literatures Indonesian yang tersedia untuk jenjang studi Sarjana (S1) dan Magister (S2) yang berada dalam naungan Institute of Philology. 

Sama seperti kampus luar negeri lainnya, mahasiswa yang mengikuti kelas tersebut akan diajarkan bagaimana berbahasa Indonesia dari tingkat dasar hingga mahir, lalu juga belajar tentang literatur budaya Indonesia. Beberapa waktu yang lalu pemerintah Indonesia menyediakan beasiswa untuk pelajar Indonesia yang ingin menempuh kuliah di sana. Tertarik untuk mencoba?

Berdasarkan uraian artikel di atas, makin tahu kan bahasa Indonesia juga dipelajari mahasiswa universitas luar negeri? Semoga bisa membuat kamu makin termotivasi untuk melestarikan bahasa Indonesia, ya!

Baca Juga: Belajar Budaya Baru dari 10 YouTuber Korea yang Fasih Bahasa Indonesia

Dania Lazuardi Husen Photo Writer Dania Lazuardi Husen

Writing Enthusiast | Looking for comfort zone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya