Comscore Tracker

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? 

Jurusan unik yang dibutuhin industri nih! #IDNTimesLife

Seiring perkembangan industri di Indonesia dan bahkan di dunia, kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas semakin meningkat. Adapun bisa diperoleh melalui pembelajaran atau pelatihan secara teoritis dan praktikal.

Dalam rangka menjawab kebutuhan tersebut, beberapa instansi pendidikan setara universitas membuka jurusan-jurusan baru nan unik, sampai-sampai ada jurusan kuliah yang hanya ada satu di Indonesia! Wah, kira-kira jurusan apa saja dari universitas mana sajakah ya? Baca artikel ini sampai habis ya!

1. Sastra Belanda, Universitas Indonesia (UI)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Sastra Belanda, Universitas Indonesia (instagram.com/univ_indonesia)

Jurusan kuliah pertama yang akan dibahas datang dari universitas bergengsi di Indonesia, yaitu UI. Dilansir dari website resmi Universitas Indonesia, Sastra Belanda merupakan salah satu program studi sastra yang ada di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. 

Kompetensi utama yang diajarkan di Sastra Belanda adalah mampu berkomunikasi secara lisan maupun tulisan bahasa Belanda, analisis karya sastra, sejarah masyarakat, dan budaya Belanda.

Lulusan jurusan Sastra Belanda memiliki prospek kerja dalam pengkajian bahasa, sastra, dan budaya Belanda, di antaranya sebagai penerjemah, pemandu wisata, penulis, dan bahkan content creator.

2. Ilmu Keluarga dan Konsumen, Institut Pertanian Bogor (IPB)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Ilmu Keluarga dan Konsumen, Institut Pertanian Bogor (instagram.com/ipbofficial)

Yap, terdengar unik bukan? Jurusan kuliah yang hanya ada satu di Indonesia ini berada dalam naungan Fakultas Ekologi Manusia, IPB. Jurusan yang kerap dipanggil IKK ini adalah bidang studi perkembangan dari Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga sejak tahun 2005. 

Mahasiswa jurusan ini akan dibekali kompetensi layaknya psikologi, seperti upaya ketahanan keluarga, perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga dan konsumen. Sehingga lulusannya siap berprofesi sebagai terapis pernikahan, mediator keluarga, spesialis riset pemasaran konsumen, bahkan konsultan konsumen di beberapa perusahaan atau lembaga seperti BKKBN dan Kementerian PPPA. Peminatnya pun cukup banyak dengan total daya tampung sebanyak 90 orang saat penerimaan mahasiswa baru tahun 2021. 

3. Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (IPB)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (instagram.com/ipbofficial)

Masih datang dari IPB, kali ini dari Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) yang juga di bawah Fakultas Ekologi Manusia. Hebatnya, jurusan yang tersedia hanya satu di Indonesia ini memiliki jenjang program lengkap, dari program sarjana (S1), magister (S2), hingga doktoral (S3) yang semuanya sudah terakreditasi A dari BAN-PT. 

Jurusan unik ini memiliki tiga konsentrasi, yaitu Komunikasi Pembangunan dan Penyuluhan, Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan, dan Sosiologi Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat. Di sini, mahasiswanya akan belajar ilmu sosial yang berkaitan dengan pengembangan masyarakat, ekologi politik, komunikasi, dan penyuluhan. 

4. Astronomi, Institut Teknologi Bandung (ITB)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Observatorium Bosscha Astronomi, Institut Teknologi Bandung (itb.ac.id)

Kabar baik bagi kamu yang ingin mempelajari antariksa dan segala benda langit di luar angkasa, karena di ITB ada jurusan kuliah menarik, yaitu Astronomi. Jurusan yang dikelola oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini juga memiliki program sarjana, magister, dan doktoral yang semuanya telah terakreditasi A dari BAN-PT dan institusi akreditasi internasional ASIIN. 

Saking uniknya, jurusan ini juga satu-satunya jurusan ilmu astronomi di Asia Tenggara. Jurusan Astronomi memiliki peminat yang cukup tinggi pada SBMPTN 2020 yaitu sekitar 1.237 orang dengan persaingan yang ketat karena Jurusan Astronomi hanya membuka 142 kursi jalur SBMPTN. Prospek kerjanya pun luas, bisa dari bidang penelitian, pengajar, hingga media kreatif seperti penulis atau editor majalah sains.

Baca Juga: 10 Kampus Terbaik di Inggris Versi QS World University Rankings 2021

5. Manajemen Industri Katering, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Manajemen Industri Katering, Universitas Pendidikan Indonesia (upi.edu)

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha F&B khususnya katering, kamu bisa mendapatkan ilmunya dari Jurusan Manajemen Industri Katering yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia, lho! 

Kampus yang berlokasi di Bandung ini memiliki beberapa program kompetensi yang fokus pada manajemen mulai dari perencanaan, pengelolaan, hingga pemasaran dan manajemen operasional katering. Jurusan yang dinaungi Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial ini sudah ada sejak 16 Maret 2005 dan terakreditasi B oleh BAN-PT. 

Kesempatan lulusan jurusan kuliah ini untuk mendapatkan pekerjaan juga cukup besar, salah satunya sebagai Food Service Manager, Food Stylist, dan pastinya dapat membuka lapangan usaha sendiri.

6. Teknologi Batik, Universitas Pekalongan (UNIKAL)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Teknologi Batik, Universitas Pekalongan (pmb.unikal.ac.id)

Tak hanya terkenal sebagai salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia, Kota Pekalongan juga punya jurusan unik di salah satu universitasnya, yaitu Teknologi Batik di Fakultas Batik, Universitas Pekalongan. Jurusan yang terprogram sebagai studi Diploma III (D3) sejak tahun 2012 ini mempelajari tentang pengetahuan dan keterampilan dasar hingga madya dalam membatik. 

Harapannya para lulusan mampu menciptakan usaha mandiri di bidang batik yang berkualitas menggunakan teknologi mutakhir. Selain itu, jurusan ini didirikan sebagai bentuk kontribusi Kota Pekalongan dalam melestarikan, melindungi, dan mengembangkan batik sebagai warisan budaya tradisional Indonesia.

7. Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada (UGM)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada (ugm.ac.id)

Jurusan unik berikutnya datang dari UGM, tepatnya Jurusan Teknik Nuklir. Jurusan kuliah yang hanya ada satu di Indonesia ini termasuk ke dalam Departemen Teknik Nuklir & Teknik Fisika di Fakultas Teknik UGM. Jurusan ini hanya menyediakan jenjang studi setara Sarjana atau S1.

Sebagai negara yang tidak menggunakan nuklir sebagai sumber energi, Indonesia tidak banyak membutuhkan tenaga lulusan Teknik Nuklir ini untuk kepentingan negara. Namun, prospek kerja jurusan ini banyak tersedia di luar negeri sebagai profesi yang menjanjikan, beberapa diantaranya sebagai ilmuwan nuklir, ahli teknologi dan pengolahan bahan bakar. Tapi kamu harus berkutat dengan ilmu fisika dan matematika setiap hari, lho!

8. Rekayasa Nanoteknologi, Universitas Airlangga (UNAIR)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Rekayasa Nanoteknologi, Universitas Airlangga (instagram.com/univ_airlangga)

Salah satu universitas di Jawa Timur juga punya jurusan kuliah yang hanya satu di Indonesia. Tepatnya di Universitas Airlangga dengan jurusan Rekayasa Nanoteknologi yang termasuk ke dalam program studi Sekolah Teknologi Maju dan Multidisiplin. 

Jurusan ini fokus pada kompetensi pengembangan ilmu di bidang nanoteknologi untuk kebutuhan medis, energi dan lingkungan, industri, dan komputasi. Peluang kerjanya cukup banyak dan mulai banyak dibutuhkan oleh berbagai industri, diantaranya sebagai peneliti, tenaga ahli perusahaan nanoteknologi, bahkan sebagai konsultan teknologi nano. Lulusan jurusan ini akan bergelar Sarjana Teknik (S.T).

9. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Universitas Airlangga (UNAIR)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Universitas Airlangga (instagram.com/univ_airlangga)

Universitas Airlangga juga membuka jurusan baru pada SBMPTN 2020 lalu, yaitu Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang masih satu fakultas dengan jurusan Rekayasa Nanoteknologi. 

Sesuai namanya, jurusan kuliah ini menawarkan kompetensi robotik dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Jurusan ini diharapkan dapat memenuhi dan menjawab tantangan perkembangan zaman dan teknologi generasi 4.0 yang semakin kompleks.

Lulusan jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan memiliki kesempatan bekerja menjadi tenaga ahli robotik atau AI, data scientist pada perusahaan software atau teknologi, dan berwirausaha sekalipun. 

10. Sains Atmosfer dan Keplanetan, Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? Sains Atmosfer dan Keplanetan, Institut Teknologi Sumatera (instagram.com/iteraofficial)

Jurusan kuliah terakhir yang hanya ada satu di Indonesia adalah studi Sains Atmosfer dan Keplanetan. Jurusan ini menjadi satu-satunya jurusan langka yang berasal dari luar Pulau Jawa yang mana fokus mengkaji bidang ilmu sains atmosfer dan astrofisika sekaligus seperti analisis perubahan cuaca dan iklim di Bumi. 

Meskipun secara kasar bisa dianggap sama dengan jurusan Astronomi ITB, perlu diketahui bahwa kedua jurusan tersebut berbeda ya. Jurusan unik ini sudah menarik minat banyak calon mahasiswa sejak 2018 silam. Jika kamu tertarik dengan dunia antariksa dan eksplorasi ruang angkasa, jurusan ini akan cocok untukmu. Eits, pastikan kamu telah menguasai mata pelajaran murni seperti matematika, fisika, dan kimia ya!

Dari kesepuluh jurusan kuliah di atas, mana yang menarik menurut kamu? Bagi kamu yang berencana kuliah tahun 2022 mendatang, jangan asal pilih jurusan ya! Pilihlah jurusan sesuai minat dan bakat kamu. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu dalam memilih kampus terbaik demi masa depan.

Baca Juga: 10 Universitas di Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa Indonesia

Dania Lazuardi Husen Photo Writer Dania Lazuardi Husen

Writing Enthusiast | Looking for comfort zone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya