Comscore Tracker

Penulis Jangan Plagiat, 5 Hal Negatif Ini Akan Terjadi Padamu Lho

Hargai dirimu sendiri dengan menulis karya bukan jiplakan

Menjadi seorang penulis, tentu sangat rentan dengan yang namanya plagiat. Plagiat adalah tindakan menyalin tulisan orang lain dan menuliskan nama kita sebagai penulisnya. Dalam dunia penulisan, hal ini merupakan tindakan yang dilarang keras, guys

Selain merugikan penulis aslinya, kamu juga merugikan dirimu sendiri jika terus melakukan kebiasaan ini. Kerugian yang akan kamu dapat adalah berupa hal-hal di bawah ini, lho.

1. Perlahan tapi pasti, kepercayaan dirimu akan berkurang

Penulis Jangan Plagiat, 5 Hal Negatif Ini Akan Terjadi Padamu Lhounsplash/Sergey Zolkin

Tanpa kamu sadari, melakukan tindakan plagiat akan membuat kepercayaan dirimu menurun secara perlahan. Awalnya, mungkin kamu gak akan merasakan efeknya secara nyata, tapi lama kelamaan kamu akan mulai menyadari bahwa kamu mulai gak pede lagi menunjukkan hasil tulisan aslimu.

2. Bakat yang kamu milikipun jadi gak berkembang

Penulis Jangan Plagiat, 5 Hal Negatif Ini Akan Terjadi Padamu Lhounsplash/@seteales

Menulis adalah bakat yang harus terus diasah. Tanpa diasah, bakat satu ini akan hilang begitu saja. Nah, jika kamu terus melakukan plagiat, otomatis bakat menulismu jadi gak kamu gunakan lagi. Semakin jarang diasah, maka semakin tumpul lah otakmu dalam memproduksi tulisan yang baik. Sehingga, lama kelamaan kamu jadi gak bisa nulis lagi deh. Duh, gak pengen kan sampai kejadian?

3. Melakukan plagiat tandanya kamu gak menghargai usaha orang lain

Penulis Jangan Plagiat, 5 Hal Negatif Ini Akan Terjadi Padamu Lhounsplash/Kinga Cichawicz

Pernah gak kamu memikirkan bagaimana perasaan orang yang sudah capek-capek nulis tapi ujung-ujungnya malah tulisannya dan idenya ditiru sama persis. Pasti sakit banget kan rasanya? Nah, jika kamu melakukan tindakan plagiat, tandanya kamu sangat gak menghargai orang lain, guys.

Baca Juga: Catat! Ini 9 Tips Jitu Biar Kamu Konsisten Menulis Tiap Hari

4. Budaya tidak kreatif akan semakin tertanam di benakmu

Penulis Jangan Plagiat, 5 Hal Negatif Ini Akan Terjadi Padamu Lhounsplash/Daria Shevtsova

Kretifitas yang menurun juga pasti akan terjadi jika kamu terus melakukan plagiat pada tulisan orang lain. Apalagi, jika kamu merasa hasil tulisanmu sendiri gak akan sebagus hasil tulisan orang lain. Budaya tidak kreatif ini akan semakin melekat di benakmu dan bisa jadi kebiasaan buruk lho. Hentikan mulai sekarang ya.

5. Lebih gawat lagi, kamu mungkin akan tersandung kasus hukum

Penulis Jangan Plagiat, 5 Hal Negatif Ini Akan Terjadi Padamu Lhounsplash/J. Kelly Brito

Sudah pernah dengar belum bahwa zaman sekarang ada yang namanya hak cipta? Hak cipta itu, dalam dunia penulisan, gunanya adalah untuk melindungi seseorang dari tindakan plagiat ini. Intinya sih, kamu bisa dituntut jika terus melakukan tindakan plagiat terhadap hasil karya orang lain.

Tuh kan, tindakan plagiat itu gak ada bagus-bagusnya sama sekali. Yang rugi bukan cuma orang lain, tapi juga dirimu sendiri. Lebih baik, hasilkan karya kita sendiri, setuju?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Menulis Buku Harian Bisa Membantu Melegakan Pikiran

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You