Comscore Tracker

5 Skill Selain Mengajar yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Guru

Selain mengajar juga harus mau belajar!

Menjadi seorang pengajar adalah sebuah pekerjaan yang gak mudah. Di satu sisi kita harus bisa mengajar dengan baik dan di lain sisi kita juga perlu untuk terus memperkaya ilmu pengetahuan agar apa yang disampaikan gak sekedar begitu-begitu saja. Makanya, skill mengajar aja gak cukup.

Ada beberapa hal lain yang juga perlu untuk dikuasai agar pembelajaran baik itu di kelas ataupun secara daring bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Ini nih skill lain yang perlu dikuasai para pengajar. 

1. Kemampuan untuk menguasai kelas dengan baik

5 Skill Selain Mengajar yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Guruunsplash/NeONBRAND

Guru tentunya jadi orang yang diharapkan bisa mengendalikan situasi dan kondisi kelas dengan baik sehingga pembelajaran bisa berlangsung secara kondusif. Inilah kenapa seorang guru perlu memiliki kemampuan satu ini. Gak mungkin kan seorang guru cuma berharap pada ketua kelas untuk menertibkan suasana yang terkadang jadi gak terkendali?

2. Memiliki kemampuan penguasaan diri yang baik

5 Skill Selain Mengajar yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Guruunsplash/@nci

Menghadapi murid-murid dengan berbagai karakter juga bukan hal yang mudah. Gak sembarang orang bisa melakukan hal ini terutama jika orang tersebut gampang tersulut emosinya. Bisa-bisa kelas jadi ambyar dan malah menimbulkan pertengkaran yang gak penting. Inilah kenapa seorang guru perlu punya kemampuan penguasaan diri yang baik, guys.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Film Guru-Guru Gokil

3. Selalu update terhadap metode pengajaran yang baru

5 Skill Selain Mengajar yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Guruunsplash/Windows

Gak cuma mengajar, guru juga perlu banget untuk punya kemampuan dalam belajar dan menyerap ilmu baru. Terutama dalam hal yang bersangkutan dengan metode pengajaran nih. Seorang guru diharapkan mampu untuk terus update dan gak ketinggalan zaman dalam hal ini demi bisa menciptakan sistem pembelajaran yang juga lebih efektif dan lebih bisa diterima siswa.

4. Punya kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik

5 Skill Selain Mengajar yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Guruunsplash/Megan Soule

Yang pasti, seorang guru juga harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Pasalnya, guru menjadi pengantar ilmu pengetahuan yang paling penting dalam proses pembelajaran. Jika gurunya gak bisa berkomunikasi dengan baik, bagaimana mungkin kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik pula?

5. Bisa melihat kekurangan diri dan berusaha memperbaikinya

5 Skill Selain Mengajar yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Guruunsplash/Jerry Wang

Kemampuan yang gak kalah penting untuk dimiliki seorang pengajar adalah mau dan mampu melihat kekurangan diri serta gak segan untuk terus memperbaikinya. Sebagai manusia, tentu gak ada yang sempurna. Namun, bagaimanapun juga, seorang guru adalah sosok yang menjadi teladan bagi para muridnya sehingga sebisa mungkin dia harus selalu memberi contoh yang baik dalam berbagai sikap, tindakan, dan keputusan yang dia ambil.

Guru, seperti juga pekerjaan di bidang lainnya, memiliki tantangan tersendiri yang harus bisa dihadapi dengan sebaik mungkin. Demi bisa menjadi guru yang baik, kita gak cuma dituntut untuk bisa mengajar aja, lho.

Lima kemampuan yang tadi sudah disebutkan juga perlu untuk dimiliki. Selain itu, kemampuan apa lagi nih yang perlu dimiliki seorang guru menurut kalian? Bagikan di kolom komentar ya.

Baca Juga: Penting untuk Guru, 5 Hal yang Diperhatikan Saat Pembelajaran Daring

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya