Comscore Tracker

8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!

Bukan hanya jadi tour guide saja, kok!

Salah satu pertimbangan yang dipikirkan sebelum memilih jurusan kuliah adalah prospek atau peluang kerja setelah lulus dari jurusan tersebut, agar ketika lulus kuliah, kamu sudah memiliki rencana karir yang jelas. Salah satu bidang studi yang memiliki prospek kerja gemilang adalah jurusan pariwisata. 

Namun, kebanyakan orang menganggap lulusan pariwisata pasti bekerja di travel agent. Padahal, masih banyak peluang kerja menarik lain untuk lulusan pariwisata. Inilah sederet prospek kerja untuk kamu yang baru saja lulus dari jurusan pariwisata, kapan lagi bisa bekerja sambil jalan-jalan!

1. Tour guide atau tour leader

8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!ilustrasi pemandu wisata (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjadi tour guide atau pemandu wisata adalah salah satu pekerjaan impian mahasiswa lulusan pariwisata. Tugas tour guide adalah menjelaskan atau memberi informasi tentang suatu daya tarik wisata. Bisanya tour guide akan bertugas di bus atau hanya di objek wisata. Selain menjadi tour guide, lulusan pariwisata juga berpeluang besar menjadi tour leader, yang bertugas untuk memimpin dan mengatur rombongan wisatawan selama tour berlangsung.

Tanggung jawab tour leader sendiri lebih besar dari tour guide, karena mereka harus memastikan seluruh proses tour belangsung dengan baik, dari hari pertama sampai hari terakhir, diantaranya mengabsen peserta tour, mengurus check-in hotel sampai memperhatikan keselamatan peserta selama tour berlangsung. 

2. Penerbangan

8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!ilustrasi pramugari (unsplash.com/Lukas Souza)

Walaupun peluang bekerja di bidang penerbangan terbuka bagi siapa saja, lulusan pariwisata memiliki lebih banyak peluang. Terutama, karena kamu telah mendapatkan mata kuliah ground handling, apalagi kalau kamu pernah melaksanakan kerja praktek di bandara.

Selain bekerja sebagai ground handling staff, kamu juga bisa mendaftar jadi pramugari atau pramugara dengan bekal ilmu hospitality yang kamu pelajari di bangku kuliah. Bukan hanya bisa bekerja sambil jalan-jalan, gaji di bidang penerbangan terkenal cukup tinggi, loh.

3. Pegawai Negeri Sipil

8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/August de Richelieu)

Sampai saat ini, bekerja sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil masih menjadi pekerjaan impian, terutama untuk para orangtua. Hal ini disebabkan karena tingginya tunjangan dan fasilitas yang didapatkan.

Banyak yang mengira kalau prospek kerja lulusan pariwisata tidak jauh dari travel agent dan perhotelan. Padahal, banyak peluang kerja yang terbuka untuk menjadi PNS, loh. Kamu bisa mendaftar di Kementerian Pariwisata atau Dinas Pariwisata di bidang kebudayaan, kesenian atau ekonomi kreatif.

Baca Juga: Angka Kemiskinan di Bali Bertambah, Akibat Anjloknya Pariwisata?

4. Travel content creator

8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!ilustrasi travel vlogger (pexels.com/Fox)

Sangat menyenangkan sekali jika hobi yang kita geluti dapat menghasilkan uang. Bagi kamu yang hobi travelling, pekerjaan content creator sangat cocok untukmu. Saat ini, pekerjaan sebagai content creator memang sedang banyak diminati anak muda, penghasilan yang didapatkan juga lumayan besar.

Menjadi content creator tidak harus membuat video di YouTube, bagi kamu yang punya bakat dan hobi menulis bisa membuat blog tentang rekomendasi tempat wisata, rekomendasi hotel atau tentang hal-hal yang berbau travelling.

5. Tour Consultant

8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!ilustrasi travel consultant (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika kamu punya banyak pengetahuan mengenai daya tarik wisata, kamu bisa mencoba bekerja di travel agent sebagai tour consultant. Tugas tour consultant adalah membantu calon peserta tour dalam memilih destinasi wisata, terutama dalam menentukan tanggal perjalanan, transportasi sampai biaya perjalanan.

Seorang tour consultant diharapkan bisa membantu untuk mewujudkan liburan impian client. Maka dari itu, seorang tour consultant harus memiliki kemampuan komunikasi dan problem solving yang baik.

6. Event Organizer

8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!ilustrasi crew event (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Berbekal ilmu pengelolaan MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exibitions) di bangku kuliah, kamu dapat bekerja sebagai event organizer di suatu perusahaan. Event organizer dibutuhkan untuk mengorganisir beberapa acara khusus seperti pesta ulang tahun, konferensi, meeting sampai acara pernikahan. 

Event organizer sendiri bertugas untuk menyelenggarakan acara sesuai dengan keinginan client dan diharapkan dapat membuat acara jadi lebih teratur dan terkonsep. Agar acara berjalan sukses dan lancar, tim event organizer harus memiliki kemampuan bekerja dalam tim serta komunikasi yang baik.

7. Kapal Pesiar

8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!ilustrasi kapal pesiar (pexels.com/Samson Bush)

Bekerja di kapal pesiar adalah pekerjaan impian mahasiswa lulusan pariwisata, terutama perhotelan. Namun, karena banyaknya peminat, untuk bekerja di kapal pesiar juga harus melewati seleksi yang ketat, terutama pada tes bahasa inggris.

Bekerja di kapal pesiar merupakan suatu prestise, selain gajinya yang tinggi, kamu juga bisa jalan-jalan gratis keliling dunia. Namun, resiko bekerja di kapal pesiar adalah jauh dari rumah dalam waktu yang lama, jadi kamu akan sering mengalami homesick.

8. Pengajar

8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!ilustrasi dosen (pexels.com/ICSA)

Jika kamu memiliki passion untuk mengajar dan membagikan ilmu kepada orang lain, kamu mungkin cocok menjadi dosen atau guru di jurusan pariwisata. Di Indonesia sendiri, pengajar yang memiliki latar belakang pariwisata belum terlalu banyak, mungkin kamu bisa menjadi salah satunya.

Kamu bisa mendaftar menjadi guru di SMK Pariwisata. Namun, untuk menjadi dosen, kamu harus menempuh pendidikan minimal S2. Mungkin penghasilan sebagai pengajar memang tidak sebesar profesi lainnya, tapi kamu patut berbangga karena ikut berkontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa.

Sudah tahu kan apa saja peluang kerja mahasiswa lulusan pariwisata? Bagi kamu yang baru mau mendaftar kuliah, jangan ragu lagi untuk memilih pariwisata sebagai bidang studimu. Jadi, profesi apa yang paling kamu minati?

Baca Juga: 6 Kebijakan Pemerintah untuk Pemulihan Pariwisata Bali, Semua Gagal?

Delweys Octoria Photo Verified Writer Delweys Octoria

Hi, bestie! Have a great day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya