Comscore Tracker

5 Kegiatan Bermanfaat bagi Mahasiswa untuk Mengisi Liburan, Coba, yuk!

Jangan sampai liburanmu sia-sia!

Setelah menjalani kegiatan kuliah yang melelahkan, waktu liburan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa. Ada yang bermalas-malasan ketika liburan, adapula yang traveling hingga terpaksa menguras kantong. Padahal, ada banyak kegiatan sederhana dan bermanfaat yang dapat kamu lakukan di waktu liburan tiba.

Nah, lima kegiatan ini dapat kamu lakukan sembari bersantai di rumah ataupun kosan, nih! Penasaran? Yuk, simak lima kegiatan bermanfaat bagi mahasiswa ketika liburan tiba.

1. Belajar bahasa asing

5 Kegiatan Bermanfaat bagi Mahasiswa untuk Mengisi Liburan, Coba, yuk!ilustrasi belajar (pexels.com/Artem Podrez)

Sebagai mahasiswa, kita harus mengembangkan diri menjadi lebih baik. Salah satunya dengan mempelajari berbagai hal baru. Salah satu kegiatan yang cocok untuk mengisi waktu liburan yaitu mempelajari bahasa baru. Kamu dapat mempelajari bahasa yang dapat menunjang kariermu nantinya. Contohnya Bahasa Inggris, Jepang, China, dan masih banyak lagi.

Kemampuan menguasai bahasa asing tentunya menjadi poin plus bagi kita. Bahkan, beberapa lowongan pekerjaan sekarang ini mewajibkan pelamarnya menguasai Bahasa Inggris lho! Jadi, mari kita belajar sekarang untuk investasi masa depan.

2. Berwirausaha atau berjualan online

5 Kegiatan Bermanfaat bagi Mahasiswa untuk Mengisi Liburan, Coba, yuk!ilustrasi berjualan online (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu masih bisa berwirausaha di waktu libur yang singkat ini lho! Contohnya dengan membuka usaha lewat online. Diantara dengan menjadi reseller atau menjual produk milikmu sendiri. Jika keluarga memiliki usaha kecil-kecilan, tentunya kamu dapat membantu mempromosikannya di waktu liburan ini.

Bisa jadi hal ini tidak hanya kamu lakukan saat liburan, tetapi berlanjut di hari aktif kuliah seperti biasa. Namun, harus pandai mengatur waktu jika memiliki usaha sampingan ketika kuliah. Jadi, apakah kamu berminat membuka usaha sendiri?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Wirausaha Lebih Menjanjikan Dibanding Kerja Kantoran

3. Mempelajari materi di semester depan

5 Kegiatan Bermanfaat bagi Mahasiswa untuk Mengisi Liburan, Coba, yuk!ilustrasi belajar (pexels.com/Filipe Sabino)

Bagi kamu si anak ambisius yang mengejar prestasi akademik, waktu liburan mungkin cocok untuk mempelajari materi semester depan di waktu yang lebih awal. Hal ini memudahkanmu untuk mengikuti perkuliahan nantinya. Kamu pun akan lebih siap dan memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan nilaimu.

Walaupun sibuk mengejar nilai akademik, jangan lupa untuk menikmati istirahat di waktu liburan ini ya! Karena percuma saja jika kalian jatuh sakit karena terlalu sibuk belajar. Ingat, kesehatan adalah hal yang penting.

4. Mengikuti volunteer

5 Kegiatan Bermanfaat bagi Mahasiswa untuk Mengisi Liburan, Coba, yuk!ilustrasi sukarelawan (pexels.com/ RODNAE Productions)

Jika kamu mahasiswa yang memiliki semangat dan jiwa sosial tinggi, mengikuti kegiatan volunteer pasti sangat menyenangkan bagimu. Kamu dapat menolong orang di luar sana yang membutuhkan bantuan. Dengan begitu, waktu liburmu tidak akan terbuang sia-sia dan akan lebih bermakna.

Mengikuti kegiatan volunteer memiliki banyak manfaat untukmu. Kamu dapat memiliki relasi yang luas ketika mengikuti berbagai kegiatan. Selain itu, pengalaman sebagai sukarelawan dapat memberikan poin plus ketika kamu melamar pekerjaan nantinya. 

5. Mengasah hobi

5 Kegiatan Bermanfaat bagi Mahasiswa untuk Mengisi Liburan, Coba, yuk!ilustrasi menggambar (pexels.com/Karolina Grabowska

Waktu luang memang sangat pas untuk melakukan hobi kita. Apalagi, jika jurusan kuliah kita sejalan dengan hobi yang dimiliki. Mengasah hobi dapat meningkatkan skill menjadi lebih baik lagi. Selain itu, melakukan kegiatan yang kita suka dapat memberikan rasa rileks pada diri kita.

Kita pun dapat menghabiskan waktu liburan dengan menyenangkan dan menjadi lebih siap untuk mengikuti perkuliahan di semester depan. Lakukanlah hal yang menjadi hobi kita setiap hari. Bagaimana? tentunya sangat menyenangkan kan?.

Lima hal di atas dapat menjadi rekomendasi kegiatan kalian di waktu liburan. Sebagai mahasiswa, kita harus mampu memanfaatkan waktu yang kita miliki sebaik mungkin. Dengan memanfaatkan waktu dengan baik, kita akan mendapatkan hal baik nantinya. Nah, dari lima kegiatan di atas, mana yang ingin kamu lakukan?

 

Baca Juga: 6 Akun Instagram untuk Belajar Bahasa Arab, Edukatif

Desti Ani Photo Verified Writer Desti Ani

Berbagi pengetahuan, motivasi, dan hal yang saya suka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya