Comscore Tracker

5 Tips Agar Lebih Tenang dalam Mengerjakan Soal SBMPTN

Percaya diri dan konsentrasi

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebentar lagi dilaksanakan. Berbagai persiapan harus dilakukan agar dapat mengerjakan soal dengan baik. Tahukah kalian bahwa mengerjakan soal SBMPTN dengan pikiran yang tenang bukanlah hal yang mudah dilakukan?

Nyatanya, banyak faktor yang dapat mengganggu konsentrasi kita saat mengerjakan tes. Nah, bagaimana cara agar tetap tenang saat mengerjakan soal tes tersebut? Inilah 5 tips yang harus kalian terapkan saat melaksanakan tes SBMPTN.

Baca Juga: Aturan Lengkap UTBK-SBMPTN 2022 di Universitas Brawijaya, Catat!

1. Stop mempelajari materi menjelang tes berlangsung

5 Tips Agar Lebih Tenang dalam Mengerjakan Soal SBMPTNilustrasi belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal sepele yang banyak dilakukan peserta yaitu masih mempelajari materi menjelang tes SBMPTN dilaksanakan. Bahkan, banyak juga yang sampai membawa buku berisi materi dan mempelajarinya di tempat tes SBMPTN. Banyak peserta yang melakukannya karena takut kalau mereka melupakan materi yang sudah dipelajari. 

Padahal, hal tersebut malah akan mengganggu konsentrasi saat mengerjakan tes SBMPTN. Usahakan kita berhenti mempelajari materi beberapa hari sebelum giliran tes kita dilaksanakan. Hal itu agar otak dapat beristirahat dan lebih rileks nantinya. Tenang, kita tidak akan lupa begitu saja dengan materi yang telah dipelajari.

2. Tiba di tempat tes lebih awal

5 Tips Agar Lebih Tenang dalam Mengerjakan Soal SBMPTNilustrasi pelajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan datang terlambat jangan diterapkan ketika kita akan mengikuti tes SBMPTN. Akan ada beberapa tahapan sebelum tes dilangsungkan, seperti verifikasi berkas dan sebagainya. Selain itu, ketika datang terlambat, besar kemungkinan kita meninggalkan barang yang penting karena terburu-buru.

Datang lebih awal adalah hal yang harus dilakukan. Selain tidak terburu-buru, datang dengan lebih awal membuat kita lebih siap dan tenang untuk menjalani tes. Kita dapat beradaptasi dengan lingkungan tes terlebih dahulu dan meminimalisir kesalahan seperti salah masuk ruang dan sebagainya.

Baca Juga: Peserta SBMPTN di Unej Wajib Hadir Lebih Awal, Ini Syaratnya

3. Jangan lupa untuk sarapan

5 Tips Agar Lebih Tenang dalam Mengerjakan Soal SBMPTNilustrasi makan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sarapan sangat penting agar kita dapat berkonsentrasi saat mengerjakan soal tes. Mengingat tes SBMPTN memakan waktu yang lama, kita tidak boleh melalaikan sarapan. Sempatkanlah sarapan walaupun hanya sedikit.

Kita pasti tidak mau jatuh sakit atau lemas saat tes berlangsung. Ingatlah bahwa kita harus memiliki persiapan yang baik sebelum melaksanakan tes. Jangan sampai hal-hal sepele seperti melewatkan sarapan menghambat kita untuk mengerjakan soal dengan maksimal.

4. Jangan hiraukan peserta lain dan fokuslah pada diri sendiri

5 Tips Agar Lebih Tenang dalam Mengerjakan Soal SBMPTNilustrasi mengerjakan soal (pexels.com/Andy Barbour)

Ada beberapa hal yang dapat mengganggu konsentrasi kita saat tes berlangsung. Seperti peserta lain yang sepertinya sangat cepat dalam mengerjakan soal, mereka yang selalu bersantai saat waktu masih banyak tersisa, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, kuncinya adalah fokus pada diri sendiri. 

Tak perlu memperhatikan bagaimana orang lain mengerjakan soal. Yang harus kalian pikirkan adalah bagaimana kalian mengerjakan soal dengan konsentrasi yang tinggi. Tak perlu merasa tertinggal dan lambat saat mengerjakan soal.

5. Jangan terpaku pada soal yang sulit

5 Tips Agar Lebih Tenang dalam Mengerjakan Soal SBMPTNilustrasi mengerjakan soal (pexels.com/Jeswin Thomas)

Mungkin, ini adalah hal yang telah banyak diketahui. Namun, banyak juga yang masih melakukannya. Karena terlalu berambisi, kita terpaku pada beberapa soal yang sulit di saat waktu semakin menipis.

Akibatnya, kita tidak memiliki banyak waktu untuk mengerjakan soal yang relatif mudah. Padahal, soal-soal tersebut dapat menjadi lumbung nilai untuk kita. Usahakan untuk mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya dari soal yang jawabannya kita yakini benar daripada soal sulit yang belum tentu benar, walaupun memiliki bobot nilai yang tinggi.

Mengerjakan soal tes SBMPTN tidak semudah yang kita bayangkan. Tak cukup bermodal materi yang telah kita pelajari, konsentrasi dan ketenangan pikiran adalah hal yang paling penting. Jangan biarkan hal-hal sepele menghambat kalian dalam mengerjakan tes tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Jasa Titip Hewan yang Terpercaya, Bisa Mudik Tenang!

Desti Ani Photo Verified Writer Desti Ani

Berbagi pengetahuan, motivasi, dan hal yang saya suka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya