Comscore Tracker

Tak Sering Muncul, Ini 7 Kata Bahasa Indonesia yang Diawali Huruf V

Hayo sudah pernah jumpa atau belum nih?

Tiap harinya kita pasti berjumpa dengan kata-kata bahasa Indonesia. Kita dapat menjumpai pada buku yang kita baca atau artikel yang kita simak lewat layar gawai. Bahkan, saat berkomunikasi dengan orang lain pun kita pasti memakai kata-kata.

Namun, dari banyaknya kata yang kita pakai dalam keseharian rupanya masih ada kosakata yang jarang dijumpai bahkan dipakai. Kali ini kita akan sama-sama menyimak tujuh kata bahasa Indonesia berawalan huruf V yang jarang muncul.

1. Varia

Tak Sering Muncul, Ini 7 Kata Bahasa Indonesia yang Diawali Huruf Vpixabay.com/silviarita

Kalau melihat foto berikut kamu pasti ingin memakan berbagai jenis buah yang disuguhkan dalam mangkok tersebut. Selain tampak segar, buah-buahan tersebut juga menyehatkan bagi tubuh. Kamu pun bisa mengonsumsinya dengan mengolah terlebih dahulu menjadi menu makanan baru atau pun jus.

Berbicara soal 'berbagai jenis' ada sebuah kata yang bisa dipakai untuk menjelaskan kosakata semacam itu. Kata tersebut ialah varia yang juga punya makna lain serba-serbi. Seperti nama produk kendaraan bermotor ya?

2. Vegetarir

Tak Sering Muncul, Ini 7 Kata Bahasa Indonesia yang Diawali Huruf Vpexels.com/rethaferguson

Kita sering mengenal istilah vegetarian. Kata tersebut merujuk pada orang yang tidak mengonsumsi daging dan beralih mengonsumsi buah serta sayuran. Meski tak makan daging, vegetarian tetap mengonsumsi sumber pangan dari hewan berupa telur dan susu.

Selain vegetarian ada sebutan lain untuk orang yang menerapkan pola hidup tersebut. Kamu bisa menyebut mereka dengan vegetarir. Nah, kamu sendiri apakah termasuk vegetarir atau bukan nih?

3. Verifikatur

Tak Sering Muncul, Ini 7 Kata Bahasa Indonesia yang Diawali Huruf Vpexels.com/olly

Pernahkah kamu ditugaskan untuk memeriksa kebenaran suatu laporan oleh lembaga tertentu? Atau, kamu pernah mengemban amanat sebagai pemeriksa keuangan sebuah organisasi?

Jika jawabannya iya, maka kamu telah melaksanakan tugas-tugas sebagai verifikatur. Memang, kata ini sendiri jarang muncul dalam perbincangan sehari-hari tapi sebenarnya sudah termuat dalam KBBI.

Untuk memperjelas, verifikatur adalah petugas yang memeriksa kebenaran sesuatu baik laporan mau pun dokumen lain. Verifikatur diartikan pula sebagai pemeriksa buku keuangan. Bagi yang belum pernah menjadi verifikatur apa kamu tertarik mencoba hal satu ini?

Baca Juga: 9 Kosakata Bahasa Indonesia yang Mirip Banget dengan Bahasa Inggris

4. Vet

Tak Sering Muncul, Ini 7 Kata Bahasa Indonesia yang Diawali Huruf Vpixabay.com/Couleur

Salah satu bahan pangan yang mengandung lemak ialah susu. Keberadaan lemak pada susu punya manfaat bagi tubuh manusia. Lemak susu berperan meningkatkan penyerapan kalsium dan nutrisi dalam tubuh.

Lemak atau vet juga dapat menjadi sumber cadangan energi bagi metabolisme tubuh. Ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan sehingga dianjurkan untuk rutin minum susu tiap hari. Ternyata lemak susu punya efek positif ya!

5. Viabel

Tak Sering Muncul, Ini 7 Kata Bahasa Indonesia yang Diawali Huruf Vpixabay.com/ulleo

Kaktus termasuk salah satu tanaman yang dapat hidup di daerah kering. Tanaman berduri ini mampu hidup atau viabel dalam waktu lama tanpa pasokan air.

Jika memelihara kaktus, tanaman tersebut hanya perlu disiram satu sampai dua minggu sekali. Selain itu, tiap harinya kaktus perlu memperoleh sinar matahari sekitar 4-6 jam. Kemudahan perawatan inilah yang membuat kaktus jadi salah satu tanaman yang dipilih banyak orang untuk dipelihara.

6. Vim

Tak Sering Muncul, Ini 7 Kata Bahasa Indonesia yang Diawali Huruf Vpexels.com/olly

Selama beraktivitas kadang kala semangat kita menurun. Kita tak bergairah menuntaskan apa yang sedang dikerjakan. Alhasil tugas-tugas pun terbengkalai dan menumpuk. Kalau sudah begini akibatnya kita jadi makin malas mengerjakannya.

Untuk mengembalikan semangat beraktivitas kita bisa melakukan hal-hal sederhana seperti mengambil waktu jeda tiap 15 menit sekali selama satu jam beraktivitas, menyeruput teh atau mendengar lagu favorit. Langkah-langkah simpel setidaknya dapat membuat pikiran dan tubuh kita jadi lebih rileks.

Kata 'semangat' yang selalu kita gaungkan agar lebih produktif tiap harinya juga punya sinonim yaitu 'vim'. Kata tersebut juga punya arti 'kegiatan'. Kamu bisa pakai untuk memberi dukungan pada teman agar kembali bersemangat menjalani seabrek rutinitas.

7. Volatil

Tak Sering Muncul, Ini 7 Kata Bahasa Indonesia yang Diawali Huruf Vpexels.com/mizyuk

Perubahan wujud suatu zat menjadi bentuk zat lain sangat lazim terjadi. Kita pun pernah mempelajarinya saat SD hingga SMA. Ini juga termasuk berubahnya zat cair menjadi gas yang disebut dengan menguap.

Terdapat banyak sekali jenis zat cair di sekeliling kita. Namun, tiap jenis zat cair memiliki perbedaan kecepatan saat menguap. Ada beberapa jenis zat cair yang mudah menguap namun ada pula yang butuh waktu cukup lama. 

Mudahnya zat cair untuk berubah wujud jadi gas atau uap ini disebut volatil. Dalam KBBI sendiri mencatat nama lain dari volatil yakni asiri yang bermakna mudah menguap pada temperatur yang relatif rendah. 

Itu tadi tujuh kata bahasa Indonesia berawalan huruf V yang jarang muncul di keseharian kita. Kira-kira kata apa lagi ya yang bakal dibahas? Nantikan terus dan tetap semangat belajar bahasa Indonesia ya!

Baca Juga: 10 Kata Bahasa Inggris Ini Sudah Diserap ke Bahasa Indonesia, lho

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya