Comscore Tracker

Pendaftaran SBMPTN Dimulai 2 Juni, Yuk Persiapkan Lima Hal Ini

Semangat menggapai perguruan tinggi impian

Di tengah pandemi seperti saat ini kita harus senantiasa menjaga optimisme pada berbagai macam hal. Salah satunya tetap bersemangat menggapai perguruan tinggi yang diinginkan. Perjuangan tersebut akan dimulai pada 2 Juni mendatang atau hari pertama pendaftaran SBMPTN.

Nah, buat kalian yang sedang bersiap menyongsong pendaftaran UTBK-SBMPTN ada baiknya mempersiapkan lima hal berikut ini. Yuk disimak bersama!

1. Pastikan koneksi internet stabil saat melakukan pendaftaran

Pendaftaran SBMPTN Dimulai 2 Juni, Yuk Persiapkan Lima Hal Inipixabay/janeb13

Pendaftaran UTBK-SBMPTN dilakukan pada 2-20 Juni 2020. Pada proses pendaftaran kamu perlu masuk ke laman resmi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) di portal.ltmpt.ac.id. Selain memastikan kamu ingat e-mail serta password yang telah didaftarkan sebelumnya, kamu perlu memastikan jaringan internet dalam kondisi stabil.

Jika internet tidak dalam kondisi stabil akan menimbulkan masalah saat akan melakukan pendaftaran. Untuk itu, periksalah layanan internet di rumah atau yang kamu pakai di smartphone kamu ya!

2. Pertimbangkan matang-matang pilihan jurusan sebelum mendaftar

Pendaftaran SBMPTN Dimulai 2 Juni, Yuk Persiapkan Lima Hal Inipexels/startup-stock-photos

Selain urusan jaringan internet, kamu juga perlu mempertimbangkan matang-matang pilihan jurusan yang ingin kamu pilih. Ini dimaksudkan agar ketika mendaftar kamu benar-benar yakin dengan jurusan pilihan kamu.

Jikalau masih kurang yakin kamu bisa memanfaatkan laman resmi LTMPTN di tmpt.ac.id atau cari melalui laman resmi universitas pilihan kamu untuk menggali informasi jurusan yang dituju. Selain itu, kamu bisa meminta saran dari orang terdekat seperti orang tua, saudara, kakak kelas atau menghubungi guru BK atau bimbel.

Baca Juga: Catat! 6 Tanggal Penting UTBK dan SBMPTN 2020, Bisa Ikut 2 Kali Tes 

3. Cari tahu pula informasi teknis pelaksanaan SBMPTN dari sumber tepercaya

Pendaftaran SBMPTN Dimulai 2 Juni, Yuk Persiapkan Lima Hal Inipixabay/F1Digitals

Selain menggali informasi jurusan di laman resmi LTMPTN, kamu juga bisa memperoleh informasi valid tentang proses pelaksanaan UTBK-SBMPTN. Dalam laman tersebut kamu bisa memperoleh informasi jadwal pendaftara, pelaksanaan UTBK hingga jadwal pengumuman SBMPTN.

Selain itu, LTMPT juga memberikan panduan terkait pembayaran tes masuk serta protokol ujian di tengah pandemi COVID-19 ini. Jadi, gak ada alasan lagi cari informasi yang belum tentu kredibel.

4. Belajar materi-materi sebagai persiapan sebelum ujian

Pendaftaran SBMPTN Dimulai 2 Juni, Yuk Persiapkan Lima Hal Inipixabay/27707

Segala proses pendaftaran UTBK-SBMPTN sudah dilalui. Namun, itu bukan berarti semuanya sudah selesai lho. Sembari menunggu waktu ujian yang digelar 5-12 Juli mendatang ada baiknya kamu belajar materi-materi yang diujikan.

Kamu bisa memanfaatkan layanan belajar online yang disediakan oleh berbagai pihak untuk melatih kemampuan menjawab soal setiap hari. Tapi, jangan terlalu menforsir diri kamu ya. Kamu perlu waktu jeda juga saat belajar dengan melakukan aktivitas ringan seperti mendengarkan lagu atau tidur secukupnya.

5. Berdoa dan minta restu kedua orangtua

Pendaftaran SBMPTN Dimulai 2 Juni, Yuk Persiapkan Lima Hal Inipixabay/reenablack

Setelah berupaya dengan belajar dan terus belajar maka kita tidak boleh lupa memanjatkan doa kepada Tuhan. Tanpa rahmat yang diberikan-Nya, kita tidak akan bisa berada di titik saat ini. Untuk itu, seimbangkan antara berusaha dan berdoa.

Kamu juga tak boleh lupa meminta doa restu dari orangtua. Kehadiran mereka yang selalu mendukung kamu akan jadi energi tambahan dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi.

Penerimaan mahasiswa baru kian dekat dan sudah saatnya kamu untuk bersiap. Semoga kamu bisa mendapatkan jurusan yang diidamkan ya. Tetap semangat dan terus belajar!

Baca Juga: 5 Langkah Lulus SBMPTN 2020 dengan Mudah, Wajib Tahu Peta Persaingan!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya