Comscore Tracker

Istilah Gelar Akademis dalam Dunia Kuliah, Gak Hanya Cum Laude lho!

Penghargaan tertinggi untuk yang berprestasi

Dalam dunia perkuliahan pasti kamu pernah mendengar istilah cum laude. Umumnya, istilah ini muncul ketika masa wisuda. Lalu, apa arti dari cum laude? Dan apakah ada istilah lain dalam gelar akademis di jenjang perguruan tinggi? 

Perlu diingat bahwa prasyarat gelar ini berdasar pada sistem yang ada di Amerika Serikat. Sistem ini pastinya berbeda di beberapa negara serta universitas, termasuk di Indonesia. Nah, penasaran dengan berbagai macam istilah gelar akademis di bangku kuliah? Berikut ini di antaranya.

1. Cum Laude

Istilah Gelar Akademis dalam Dunia Kuliah, Gak Hanya Cum Laude lho!unsplash/caleb_woods

Gelar akademik satu ini sering sekali dipakai saat wisuda. Gelar cum laude memiliki arti dengan pujian. Umumnya, gelar ini diberikan kepada mereka yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,4 - 3,59. 

2. Magna Cum Laude

Istilah Gelar Akademis dalam Dunia Kuliah, Gak Hanya Cum Laude lho!unsplash/lucaslaw__

Gelar ini berada satu tingkat di atas cum laude. Memiliki arti 'dengan kehormatan besar', mahasiswa yang berhak mendapat gelar ini adalah mereka yang memiliki IPK 3,6 sampai 3,79.

3. Summa Cum Laude

Istilah Gelar Akademis dalam Dunia Kuliah, Gak Hanya Cum Laude lho!pixabay/maura24

Gelar summa sum claude adalah gelar yang lebih tinggi dibanding dua gelar sebelumnya. Gelar ini diberikan kepada lulusan yang memilki IPK 3,8 ke atas. Adapun arti dari gelar ini yaitu 'dengan kehormatan tertinggi'.

Baca Juga: 5 Keterampilan yang Bisa Kamu Dapat Jika Kuliah Sambil Freelance

4. Egregia Cum Laude

Istilah Gelar Akademis dalam Dunia Kuliah, Gak Hanya Cum Laude lho!pixabay/matoue

Gelar yang satu ini mungkin masih asing di telinga kita.  Egregia Cum Laude sesekali diberikan untuk mengapresiasi lulusan yang memiliki nilai rata-rata yang ada dalam prasyarat gelar Summa Cum Laude namun didapat ketika mengikuti kurikulum gelar yang lebih ketat. Arti dari gelar ini yakni 'dengan kehormatan luar biasa'.

5. Maxima Cum Laude

Istilah Gelar Akademis dalam Dunia Kuliah, Gak Hanya Cum Laude lho!pixabay/Locies

Gelar ini bisa dibilang termasuk yang sangat jarang ditemui. Pasalnya, Maxima Cum Laude hanya diberikan kepada mahasiswa yang memperoleh IPK 4,0. Hal tersebut sesuai dengan arti dari nama gelar tersebut, 'dengan kehormatan sangat besar'.

Gelar-gelar akademis dalam dunia perkuliahan ternyata ada beragam jenis. Semuanya bisa diraih dengan kerja keras dan usaha tanpa kenal lelah.

Meski nantinya akan menyandang gelar tersebut kita tidak boleh besar kepala. Sebab, masih banyak tantangan selepas bangku kuliah yang perlu dihadapi berbekal keuletan dan kemampuan yang dipunya. Teruslah bersemangat dalam menimba ilmu dan pengalaman!

Baca Juga: Lulus Kuliah, Ini 4 Cara Ampuh Biar Nggak Jadi Pengangguran

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Just For You