Comscore Tracker

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Cuti Kuliah, Biar Nggak Nyesel

Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan

Layaknya kerja dalam sebuah perusahaan, kuliah juga punya cuti lho. Hampir semua kampus telah memiliki aturan perihal tersebut. Kamu punya opsi untuk mengambil atau tetap berkuliah seperti biasa. Tapi, sebelum memutuskan bakal mengambil rehat atau nggak ada baiknya dirimu untuk mempertimbangkan 5 hal berikut ini. 

1. Apakah masalah biaya yang menghambat?

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Cuti Kuliah, Biar Nggak Nyeselpixabay/stevepb

Jika alasanmu mengambil cuti kuliah adalah masalah biaya sebaiknya jangan gegabah. Sekarang ini banyak perusahaan atau instansi yang menawarkan beasiswa yang bisa membiayai kuliah hingga lulus. Kamu juga bisa mengajukan keringanan kepada pihak kampus agar biaya kuliah yang dibayar bisa dikurangi dengan mengikuti persyaratan yang telah diatur.

2. Bingung membagi waktu kuliah dengan bekerja?

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Cuti Kuliah, Biar Nggak Nyeselunsplash.com/Caleb Minear

Ketika sudah memiliki pekerjaan sembari berkuliah kesulitan membagi waktu menjadi sebab dirimu ingin cuti. Bila itu problemnya maka pertimbangkan lagi untuk mengambil kesempatan rehat. Kamu bisa mencoba untuk mengatur waktu antara kuliah dengan kerja yang dijalani. Jikalau menemui jalan buntu, dirimu bisa mempertimbangkan untuk rehat sejenak dari bangku perkuliahan. 

3. Alami masalah kesehatan dan perlu perawatan

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Cuti Kuliah, Biar Nggak Nyeselpixabay/marionbrun

Sehat itu mahal harganya. Pepatah ini selalu digaungkan untuk mengingatkan kita agar selalu menjalani hidup yang jauh dari kata sakit. Tapi, kita tidak tahu kapan penyakit akan datang pada kita apalagi jika butuh perawatan lebih agar bisa sembuh. Kalau kondisinya seperti itu kamu bisa mengambil opsi cuti kuliah demi kesembuhanmu.  

Baca Juga: 5 Tips Sukses Kuliah yang Bisa Diterapkan untuk Para Mahasiswa Baru!

4. Ingatlah aturan perkuliahan atau kamu akan rasakan kesulitan nantinya

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Cuti Kuliah, Biar Nggak Nyeselpixabay/succo

Kalau kamu masih ingin punya rencana untuk cuti kuliah jangan lupa dengan aturan perkuliahan yang ada di kampus. Beberapa kampus umumnya memberlakukan batasan maksimal dua semester untuk cuti. Selain itu, ada kemungkinan beberapa aturan bisa berubah ketika kamu rehat dari dunia kampus yang bikin kamu pusing dan kesulitan untuk melanjutkan kuliah.

5. Lulus cepat atau rugi waktu?

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Cuti Kuliah, Biar Nggak Nyeselpixabay/maura24

Lulus cepat atau setidaknya tepat waktu menjadi keinginan setiap orang ketika berkuliah. Ketika telah menyelesaikan studi kamu tidak terbebani lagi dengan urusan kampus. Selain itu, kamu juga bisa fokus pada hal lain terlebih jika sudah memiliki pekerjaan. Sebaliknya, kalau tetap ingin mengambil cuti kamu waktumu untuk lulus akan terbuang dan urusan kuliah maupun di luar itu menjadi berat untuk dikerjakan.

Pilihan untuk mengambil cuti kuliah atau tidak memang jadi keputusan masing-masing orang. Tetapi, perlu diingat bahwa ada konsekuensi yang akan hadir dari putusanmu tersebut. Jadi, pertimbangkan matang-matang ya sebelum memutuskan.

Baca Juga: Kenapa Kuliah Itu Penting? Ternyata Ini 7 Alasannya

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya