Comscore Tracker

Awas Baper, 6 Hal Ini Akan Kamu Rindukan setelah Lulus Kuliah

Nikmati masa-masa kuliahmu sebelum berakhir!

Siapa yang tidak senang ketika lulus kuliah dan diwisuda? Perjuangan kamu dan orang tua akhirnya terbayar dengan gelar yang kamu sandang di belakang namamu. Sekarang waktunya mengambil tanggung jawab baru yang lebih besar.

Meski begitu, mungkin kamu akan merindukan hal berikut setelah lepas dari status mahasiswa.

1. Kerja kelompok dengan teman-temanmu

Awas Baper, 6 Hal Ini Akan Kamu Rindukan setelah Lulus KuliahPexels.com/Moose Photos

Hayo ngaku, siapa yang kalau ada tugas kelompok biasanya cuma titip nama? Atau, justru kamu yang mengerjakan hampir semua tugas seorang diri? Mengerjakan tugas kelompok selalu punya banyak cerita yang menyenangkan maupun menjengkelkan.

Ketika menjalaninya, mungkin kamu menggerutu karena anggota yang sulit diajak kerjasama atau karena tugas-tugas yang terlalu banyak. Tapi percayalah, setelah semua itu berlalu dan tak ada lagi tugas kelompok yang harus kamu kerjakan, kamu akan merindukan masa-masa itu. Kamu akan mengenang perjuangan dan keseruannya dengan tersenyum.

2. Suasana diskusi di dalam kelas

Awas Baper, 6 Hal Ini Akan Kamu Rindukan setelah Lulus KuliahUnsplash.com/Antenna

Beberapa diskusi di kelasmu mungkin ada yang membuat bosan atau mengantuk. Tapi coba ingat-ingat lagi, bukankah tidak sedikit juga diskusi yang kalian lakukan dengan bersemangat?

Mungkin karena topiknya yang seru. Atau mungkin juga karena karakter teman-teman sekelasmu yang bisa menghidupkan sesi tanya jawab dan adu argumentasi. Setelah lepas dari dunia perkuliahan, kamu akan merindukan suasana diskusi seperti ini.

3. Kegiatan-kegiatan lain di luar akademis

Awas Baper, 6 Hal Ini Akan Kamu Rindukan setelah Lulus KuliahUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Buat kamu yang aktif di organisasi mahasiswa ataupun UKM, pasti kamu akan sangat merindukan kegiatan-kegiatan di dalamnya. Boleh jadi kamu ingin mengulangi kembali segala latihan-latihan, rapat, dan agenda-agenda lainnya, lengkap dengan semua drama yang menghiasinya.

Tidak sedikit para alumni yang masih rajin mengunjungi basecamp mereka dulu ketika masih 'berjaya' di kampus. Entah sekedar menjalin silaturahmi denngan para junior atau memang masih terllibat di beberapa kegiatan. Itulah salah satu bukti bahwa kehidupan kampus memang susah dilupakan.

Baca Juga: Kuliah Sambil Magang? Pelajari 8 Mindset Ini Biar Kamu Gak Nyesel!

4. KKN dan magang

Awas Baper, 6 Hal Ini Akan Kamu Rindukan setelah Lulus KuliahPexels.com/Denniz Futalan

Bagi sebagian besar mahasiswa, KKN dan magang kerja adalah pengalaman yang sangat berkesan dan tidak mudah dilupakan. Banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dari program ini.

Apalagi kalau kamu menjalani program KKN di desa yang lumayan terpencil yang susah sinyal atau jauh dari minimarket. Harus berhadapan langsung dengan masyarakat. Dan di saat yang sama kamu juga harus menyesuaikan diri dengan teman-temanmu yang berbeda karakter. Konflik-konflik kecil (atau besar) tidak mungkin dihindari. Tapi justru itulah yang membuatnya berkesan.

5. Berburu tanda tangan dosen

Awas Baper, 6 Hal Ini Akan Kamu Rindukan setelah Lulus KuliahPexels.com/Linkedln

Kamu yang sudah menjalani skripsi atau tugas akhir, pasti merasakan perjuangan untuk bimbingan dan mendapat tanda tangan dosen. Judul yang tak kunjung disetujui, perubahan jadwal tiba-tiba, revisi berkali-kali, adalah sebagian tantangan yang harus kamu hadapi untuk bisa lulus. Belum lagi kalau dosen pembimbingmu termasuk dosen killer di kampus.

Ketika semua itu berakhir dengan lancar, tentu kamu bersyukur telah berhasil melewatinya. Tapi saat kamu sudah masuk dunia kerja, kamu akan merindukan lagi masa-masa penuh perjuangan itu.

6. Nongkrong bareng di kantin

Awas Baper, 6 Hal Ini Akan Kamu Rindukan setelah Lulus KuliahPexels.com/Mentatdgt

Tak bisa dipungkiri, salah satu momen paling dirindukan oleh hampir semua mahasiswa adalah nongkrong bareng di kantin. Berkumpul dan bercanda dengan teman-teman, ditemani bakso atau kopi merupakan kesenangan tersendiri setelah lelah dengan jadwal kuliah yang padat.

Apa saja bisa dibahas. Mulai dari topik perkuliahan, dosen galak, mahasiswa atau mahasiswi yang oke, sampai masalah pribadi. Meskipun setelah bekerja kamu masih bisa nongkrong dengan temanmu di kafe, tapi suasana kantin kampus tetap tak tergantikan. Betul gak?

Buat kamu yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa, nikmati masa-masa kuliahmu. Lakukan yang terbaik semampumu, agar tak ada penyesalan nantinya. Buat kamu yang sudah lulus, mana di antara keenam hal di atas yang paling kamu rindukan?

Baca Juga: Keren, 7 Dampak Positif yang Didapat Saat Memilih Kuliah Sambil Kerja

Dewi Yuliana Photo Community Writer Dewi Yuliana

@dewiyuliana93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You