Comscore Tracker

5 Pertimbangan Penting Sebelum Ambil Program S2 Lintas Jurusan

Jangan sampai salah pilih ya

Pepatah lama mengatakan, “Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina”. Sepenggal kalimat ini masih terus kita dengar sampai sekarang, sebagai motivasi untuk terus belajar tanpa kenal puas. Melanjutkan studi setelah rampung meraih gelar sarjana adalah salah satu contohnya.

Orang-orang yang memutuskan lanjut S2 dihadapkan pada 2 pilihan, mau melanjutkan bidang keilmuwan yang sama saat S1 atau memilih lintas jurusan. Jika berminat dengan pilihan kedua, pertimbangkan dulu 5 hal berikut sebelum mengambil program studi berbeda.

1. Sesuaikan dengan minat

5 Pertimbangan Penting Sebelum Ambil Program S2 Lintas Jurusanpixabay/StockSnap

Selepas menyelesaikan studi S1, banyak orang yang merasa belum puas dengan masa belajarnya. Ada yang menemukan minat baru lalu berniat mengambilnya di jenjang S2.

Jika ini terjadi padamu, pastikan sudah dipikir matang-matang agar gak berakhir penyesalan. Materi kuliahnya akan berbeda jauh dengan titelmu sebelumnya. Jangan cuma modal penasaran, kamu harus serius dalam menjalaninya.

2. Perjelas tujuan

5 Pertimbangan Penting Sebelum Ambil Program S2 Lintas Jurusanpixabay/jerrykimbrell10

Tanyakan lagi pada diri sendiri, apa tujuanmu mengambil program studi S2 yang berbeda jauh dengan masa S1. Motivasi yang kuat akan membantumu bertahan menyelesaikan masa studi hingga akhir.

Beberapa orang yang sudah bekerja, sengaja mengambil program S2 yang sesuai dengan bidang pekerjaannya. Titel yang semakin tinggi akan memengaruhi penilaian dan jenjang karier.

Itu baru salah satu contoh, gak sedikit yang mengambil S2 lintas jurusan untuk memperluas wawasan. Merambah bidang keilmuwan lain agar kualitas diri makin meningkat. Kalau motivasimu sendiri apa nih?

3. Buat rencana jangka panjang

5 Pertimbangan Penting Sebelum Ambil Program S2 Lintas Jurusanpixabay/kaboompics

Setelah memperjelas tujuan, gak ada salahnya diikuti dengan membuat rencana jangka panjang. Apa saja yang akan kamu lakukan dengan titel baru nanti, salah satunya bisa berupa meningkatkan jenjang karier. Bahkan jika kamu masih merasa belum puas, jenjang doktoral siap menanti untuk memperdalam ilmu. Gak sedikit pakar-pakar terkemuka yang menyandang gelar multidisiplin.

Wishnutama misalnya, sosok penting di dunia pertelevisian Indonesia ini mengambil bidang seni saat kuliah S1. Ia baru fokus mendalami ilmu komunikasi dan pertelevisian saat menempuh S2 di Emerson College Boston, Amerika Serikat.

Baca Juga: 7 Cara Ini Bisa Membantumu Memilih Jurusan Kuliah, Gak Galau Lagi!

4. Pelajari gambaran singkat program studi yang diambil

5 Pertimbangan Penting Sebelum Ambil Program S2 Lintas Jurusanpixabay/JESHOOTS.com

Karena berbeda dengan saat S1, bekali diri lewat mencari tahu gambaran singkat program studi baru yang akan diambil. Anggap sebagai modal awal, agar lebih semangat dan fokus saat perkuliahan nanti.

5. Pertimbangkan reputasi kampus

5 Pertimbangan Penting Sebelum Ambil Program S2 Lintas JurusanInstagram.com/tasyakamila

Terakhir, jangan sepelekan reputasi kampus. Ada beberapa perbedaan yang harus kamu pertimbangkan dengan masa studi S1 dulu. Gelar master yang akan kamu dapatkan nanti punya pengaruh besar terhadap karier.

Pilih kampus dengan reputasi program studi tertentu yang sudah dikenal baik. Memang lebih susah ditembus, tapi sebanding dengan kualitas yang akan kamu dapatkan. Gelar yang tersemat di belakang namamu jadi makin diperhitungkan di dunia kerja.

Sudah menentukan pilihan? Selamat belajar!

Baca Juga: 7 Hal Ini Cuma Dirasakan Orang yang Berkarir di Luar Jurusan Kuliahnya

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima

Just For You