Comscore Tracker

7 Kampus dengan Prodi Kesehatan Masyarakat Terbaik Tahun 2019

Ada dua di Sumatera, nih

Jurusan kuliah menarik di bidang kesehatan gak hanya Kedokteran dan Keperawatan saja, lho. Ada program studi Kesehatan Masyarakat yang fokus pada analisa dan kajian terkait kondisi kesehatan masyarakat secara luas.

Prodi ini masuk dalam ranah saintek, namun gak terlalu banyak bersinggungan dengan bidang ilmu sains yang banyak ditakuti seperti kimia dan fisika. Gimana, tertarik melanjutkan studi di program studi ini?

Berikut adalah tujuh kampus di Indonesia dengan program studi Kesehatan Masyarakat terbaik tahun 2019. Semuanya sudah mengantongi predikat A dari akreditasi BAN-PT, lho.

*Daftar di bawah ini bukan berdasarkan peringkat

1. Universitas Muhammadiyah Aceh

7 Kampus dengan Prodi Kesehatan Masyarakat Terbaik Tahun 2019unmuha.ac.id

Universitas Muhammadiyah Aceh, atau yang dikenal juga sebagai Unmuha, menjadi satu-satunya kampus swasta di Indonesia yang memiliki prodi Kesehatan Masyarakat berakreditasi A di tahun 2019.

Kampus yang berlokasi di Lueng Bata, Banda Aceh ini lolos akreditasi BAN-PT dengan skor memuaskan di tahun 2017.

2. Universitas Sumatera Utara

7 Kampus dengan Prodi Kesehatan Masyarakat Terbaik Tahun 2019usu.ac.id

Selain Unmuha, ada satu lagi rekomendasi kampus Kesehatan Masyarakat berakreditasi A di Sumatera yaitu Universitas Sumatera Utara. USU mengantongi predikat A pada akreditasi BAN-PT tahun 2018, status ini berlaku hingga Oktober 2023 mendatang.

3. Universitas Indonesia

7 Kampus dengan Prodi Kesehatan Masyarakat Terbaik Tahun 2019ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia ini memang gudangnya program studi berkualitas. Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia juga sudah berpredikat A, sesuai hasil akreditasi BAN-PT tahun 2018.

4. Universitas Negeri Semarang

7 Kampus dengan Prodi Kesehatan Masyarakat Terbaik Tahun 2019unnes.ac.id

Awalnya dikenal sebagai Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang, kampus yang berlokasi di bilangan Gunungpati ini juga memiliki prodi Kesehatan Masyarakat terakreditasi A.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) lolos akreditasi BAN-PT pada Juli 2019 dengan skor memuaskan. Predikat A ini berlaku hingga tahun 2024 nanti.

Baca Juga: 13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019

5. Universitas Diponegoro

7 Kampus dengan Prodi Kesehatan Masyarakat Terbaik Tahun 2019kampusundip.com

Kota Semarang punya dua kampus Kesehatan Masyarakat berakreditasi A, nih. Selain Unnes, calon mahasiswa yang tertarik dengan prodi ini bisa memilih Universitas Diponegoro (Undip). Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip mengantongi predikat A pada akreditasi tahun 2018.

6. Universitas Airlangga

7 Kampus dengan Prodi Kesehatan Masyarakat Terbaik Tahun 2019news.unair.ac.id

Program studi Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga baru saja lolos akreditasi BAN-PT pada bulan Juni 2019 dengan nilai sangat memuaskan, yaitu predikat A. Referensi kampus Kesehatan Masyarakat di area Jawa Timur, nih.

7. Universitas Hasanuddin

7 Kampus dengan Prodi Kesehatan Masyarakat Terbaik Tahun 2019unhas.ac.id

Di luar Pulau Jawa, kampus Kesehatan Masyarakat berpredikat A juga bisa ditemui di Sulawesi Selatan. Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin lolos akreditasi BAN-PT tahun 2017 dengan predikat A.

Itu dia tujuh rekomendasi kampus Kesehatan Masyarakat berakreditasi A di Indonesia. Peluang kerja lulusannya juga luas, lho. Tertarik?

Baca Juga: 24 Program Studi Kedokteran Terbaik di Indonesia, Ada Kampusmu?

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya