Comscore Tracker

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019

Prodi yang selalu ramai peminat dari masa ke masa

Program studi Teknik Sipil termasuk deretan jurusan kuliah lawas yang gak pernah kehilangan pamor hingga kini. Peminatnya selalu ramai, mampu bersaing dengan jurusan-jurusan baru yang mengikuti perkembangan zaman.

Mitosnya, Teknik Sipil dipenuhi dosen killer, tugas kuliah yang berat, dan mahasiswanya terkenal sulit lulus. Kamu percaya mitos ini gak? Tenang, cuma mitos, kok. Setiap jurusan kuliah memiliki tantangan dan keunikan masing-masing yang seru untuk dipelajari.

Bagi kamu yang berminat mengambil studi S1 Teknik Sipil, berikut 18 kampus negeri terbaik versi BAN-PT yang masih berstatus terakreditasi A di tahun 2019. Yuk, simak daftar lengkapnya!

*Daftar di bawah ini bukan urutan peringkat

1. Universitas Syiah Kuala

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019unsyiah.ac.id

Dimulai dari ujung barat Indonesia, prodi Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala Aceh mengantongi predikat A pada akreditasi BAN-PT tahun 2016.

2. Universitas Andalas

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019unand.ac.id

Universitas Andalas yang berlokasi di Pauh, Padang termasuk salah satu perguruan tinggi negeri unggulan di Pulau Sumatera. Prodi Teknik Sipilnya pun mendapat predikat A pada proses akreditasi tahun 2018.

3. Universitas Riau

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019lppm.unri.ac.id

Di tahun 2018, prodi Teknik Sipil Universitas Riau juga mendapat predikat A setelah melewati proses akreditasi dari BAN-PT. Alternatif pilihan bagi kamu yang berada di Sumatera, nih.

4. Universitas Sriwijaya

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019instagram/@anaq_unsri

Teknik Sipil selalu masuk lima besar prodi favorit di Universitas Sriwijaya Palembang. Wajar saja, prodi ini kembali mengantongi predikat A pada akreditasi BAN-PT tahun 2018.

5. Universitas Lampung

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019lampungpro.com

Di ujung selatan Pulau Sumatera, Universitas Lampung juga dikenal unggul lewat prodi Teknik Sipil yang mengantongi predikat A pada akreditasi tahun 2016.

6. Universitas Indonesia

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019instagram.com/febbyrastanty

Universitas Indonesia sebagai perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia memiliki banyak program studi favorit yang sudah mengantongi predikat A. Salah satunya adalah Teknik Sipil yang kembali mendapat predikat A di tahun 2015.

7. Institut Pertanian Bogor

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019bogor.net

Siapa yang masih menyangka bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) hanya berisi program studi yang berkaitan dengan dunia pertanian? Jangan salah, kampus ini juga membuka banyak jurusan kuliah menarik yang berkualitas unggul, lho.

Program studi Teknik Sipil dan Lingkungan di Institut Pertanian Bogor mengantongi predikat A dari BAN-PT pada tahun 2016. Tertarik melanjutkan studi ke sana?

8. Institut Teknologi Bandung

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019itb.ac.id

Reputasi kampus teknik yang satu ini gak perlu diragukan lagi. Institut Teknologi Bandung pun langganan masuk tiga besar kampus negeri terbaik di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Kampus yang berlokasi di Jalan Ganesha ini menjadi rujukan utama para calon mahasiswa teknik di Indonesia. Salah satu prodi favoritnya adalah Teknik Sipil, yang kembali mengantongi predikat A di tahun 2015.

9. Universitas Diponegoro

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019instagram.com/undiplife

Prodi Teknik Sipil di Universitas Diponegoro termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Di tahun 2015, program studi ini mendapat predikat A dari akreditasi BAN-PT.

Baca Juga: 24 Program Studi Kedokteran Terbaik di Indonesia, Ada Kampusmu?

10. Universitas Sebelas Maret

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019edupost.id

Selain Universitas Diponegoro, prodi Teknik Sipil berakreditasi A di Jawa Tengah juga terdapat di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Di SBMPTN 2019 ini, persaingan masuk Teknik Sipil UNS terbilang ketat. Daya tampung yang disediakan hanya 80 kursi saja, sementara peminatnya hampir mencapai 3.500 orang.

11. Universitas Gadjah Mada

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019instagram/ugm.yogyakarta

Prodi Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada juga langganan menjadi jurusan favorit di SNMPTN dan SBMPTN. Di tahun 2019 ini, peminatnya lebih dari 3.000 orang. Prodi ini juga langganan mendapat predikat A, raihan terbarunya didapat pada akreditasi tahun 2018.

12. Universitas Brawijaya

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019Instagram.com/univ.brawijaya

Bergeser ke Jawa Timur, Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan favorit di Universitas Brawijaya. Program studi ini kembali mengantongi predikat A pada akreditasi BAN-PT tahun 2018.

13. Universitas Jember

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019unej.ac.id

Alternatif pilihan untuk kamu yang ingin mengambil studi Teknik Sipil di Jawa Timur, Universitas Jember juga sudah mengantongi predikat A untuk prodi ini, lho.

14. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019its.ac.id

Persaingan masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember gak kalah ketat dengan Institut Teknologi Bandung. Dua kampus teknik ini selalu kebanjiran peminat pada penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru tiap tahunnya.

Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan favorit di ITS Surabaya. Prodi ini kembali mendapat predikat A pada akreditasi BAN-PT tahun 2015.

15. Universitas Udayana

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019kamiindonesia.id

Gak cuma Pulau Sumatera dan Jawa, persebaran prodi Teknik Sipil berkualitas hampir merata di Indonesia. Di Bali, Teknik Sipil Universitas Udayana baru saja kembali mengantongi predikat A pada akreditasi BAN-PT tahun 2019.

16. Universitas Tanjungpura

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019tekniksipil.untan.ac.id

Universitas Tanjungpura yang berlokasi di Pontianak menjadi satu-satunya kampus negeri dengan prodi Teknik Sipil berakreditasi A di Pulau Kalimantan. Masuk dalam daftar kampus impianmu gak?

17. Universitas Sam Ratulangi

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019unsrat.ac.id

Di Sulawesi ada dua kampus negeri yang memiliki prodi Teknik Sipil dengan status terakreditasi A. Di belahan utara Sulawesi, Universitas Sam Ratulangi yang berlokasi di Manado mendapat predikat A sejak tahun 2016.

18. Universitas Hasanuddin

Ini 18 Kampus Teknik Sipil Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019quipper.com

Terakhir, Universitas Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan menggenapi 18 kampus Teknik Sipil negeri di Indonesia yang berstatus terakreditasi A di tahun 2019. Prodi ini mendapat predikat A sejak tahun 2016 dan berlaku hingga November 2021 nanti.

Daftar kampus di atas bisa menambah referensimu yang sedang mempersiapkan studi lanjutan di prodi Teknik Sipil. Kampus impianmu masuk dalam daftar di atas gak?

Baca Juga: 13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya